12 Film Hayao Miyazaki, dari Rating Terendah sampai Tertinggi

Rabu, 13 Desember 2023 - 20:46 WIB
loading...
A A A
Ponyo berkisah tentang seekor ikan mas yang menyelinap ke luar dari rumahnya. Setelah terjebak dalam sebuah stoples, dia terdampar di pantai di mana dia ditemukan seorang bocah bernama Sousuke. Setelah menyembuhkan luka di jari Sousuke, ikan mas itu diberi nama Ponyo. Tapi, Sousuke tidak tahu kalau Ponyo sudah punya nama dan keluarga. Dia aslinya bernama Brunhilde. Tapi, ketika ayahnya menemukannya, Ponyo tidak mau dipanggil Brunhilde dan ingin menjadi manusia.

8. Princess Mononoke — 1997

12 Film Hayao Miyazaki, dari Rating Terendah sampai Tertinggi

Foto: Empire

Rotten Tomatoes: 93%
MyAnimeList: 8,67
IMDb: 8,3
Metascore: 76
Tayang: Netflix

Princess Mononoke mengangkat tema tentang lingkungan. Film ini menggambarkan hubungan antara teknologi dan alam sementara memperlihatkan jalan harmoni yang bisa dicapai. Film ini berkisah tentang Pangeran Ashitaka yang lengannya dikutuk iblis celeng yang menyerang desanya. Demi menyembuhkan kutukan itu, Ashitaka pergi ke barat dan tiba di Tatara, Kota Besi.

Di sana, dia terlibat dalam konflik antara Lady Eboshi dari Tatara dan Putri San bersama roh hutan. Lady Eboshi terus menerus mempromisikan deforestasi, sementara Putri San marah terhadap kehancuran yang diciptakan manusia itu. Ketika kedua belah pihak berseteru mulai bentrok demi bertahan hidup, Ashitaka berusaha mendamaikan kedua belah pihak itu. Sementara, dia juga masih harus melawan iblis di dalam dirinya.

7. My Neighbor Totoro — 1988

12 Film Hayao Miyazaki, dari Rating Terendah sampai Tertinggi

Foto: Tinybop

Rotten Tomatoes: 93%
MyAnimeList: 8,25
IMDb: 8,1
Metascore: 86
Tayang: Netflix

My Neighbor Totoro menjadi semacam ikon bagi Studio Ghibli. Film yang disutradarai Hayao Miyazaki ini juga selalu menjadi rekomendasi untuk film anime yang wajib ditonton, terutama bagi orang yang baru menjajal media ini. Film ini telah memenangkan banyak penghargaan di Jepang ketika dirilis.

My Neighbor Totoro berlatar pada 1950-an di Jepang. Saat itu, Tatsuo Kusakabe membawa dua putrinya, Satsuki dan Mei, pindah ke pedesaan agar bisa dekat dengan ibu mereka yang dirawat di rumah sakit. Suatu hari, Mei bertemu makhluk mirip kelinci di halaman rumahnya. Ketika mengejarnya sampai ke hutan, dia malah menemukan Totoro, arwah hutan mistis raksasa, yang segera akrab dengannya. Satsuki kemudian juga bertemu Tororo. Keduanya lantas menemukan hidup mereka dipenuhi petualangan dan makhluk ajaib di hutan.

6. Lupin III: The Castle of Cagliostro — 1979

12 Film Hayao Miyazaki, dari Rating Terendah sampai Tertinggi

Foto: Los Angeles Times

Rotten Tomatoes: 95%
MyAnimeList: 8,15
IMDb: 7,6
Metascore: 72
Tayang: -

Lupin adalah serial anime populer di Jepang. Namun, Lupin III: The Castle of Cagliostro adalah satu-satunya film yang disutradarai Hayao Miyazaki. Karakter utama di film ini mengklaim sebagai cucu pencuri terkenal Prancis, Arsene Lupin. Karakter itu diciptakan Maurice Leblanc pada 1905. Lupin tampil di 17 novel dan 39 novella yang ditulis Leblanc. Karakter ini juga diadaptasi banyak kreator lain.

Di film ini, Arsene Lupin III menemukan kalau jarahan dari perampokan kasino terakhirnya adalah Uang Gothic, uang palsu legendaris yang mustahil dibedakan dari uang asli. Bersama koleganya, Daisuke Jigen, dia pergi ke negara kecil bernama Cagliostro untuk menginvestigasi asal usul uang palsu itu. Saat tiba di sana, mereka menyelamatkan cewek yang ternyata adalah Clarisse d’ Cagliostro, anak mendiang Adipati d’ Cagliostro. Dia kabur dari rencana jahat Count Cagliostro yang ingin mencuri harta karun keluarganya dengan memaksa cewek itu menikahinya.

5. Porco Rosso — 1992

12 Film Hayao Miyazaki, dari Rating Terendah sampai Tertinggi

Foto: South China Morning Post

Rotten Tomatoes: 96%
MyAnimeList: 7,95
IMDb: 7,7
Metascore: 83
Tayang: Netflix

Porco Rosso berlatar Perang Dunia I. Seorang jawara, Marco Pagot, dikutuk menjadi babi. Dia kemudian menjadi seorang pemburu hadiah misterius bernama Porco Rosso. Dia memburu para perompak langit di atas Laut Adriatik. Selain memburu hadiah atau mengunjungi Gina, seorang penyanyi dan pemilik Hotel Adriano, Porco Rosso menghabiskan hari-harinya di pulau terpencil. Suatu hari, ketika memperbaiki pesawatnya, Porco Rosso ditembak seorang pemburu hadiah asal Amerika bernama Donald Curtis.

Donald lalu mendeklarasikan kalau babi terbang itu sudah mati. Tapi, Porco Rosso sebenarnya masih hidup. Dia pergi ke perusahaan pesawat terkenal, Piccolo SPA dan meminta pinjaman besar untuk memperbaiki pesawatnya. Tapi, dia kaget saat tahu kalau kepala mesin di tempat itu adalah Fio Piccolo, 17, yang ingin membuktikan dirinya. Porco Rosso pun bersiap menantang Donald dan mendapatkan kembali kehormatannya setelah mendapatkan perbaikan dari Fio.

4. Castle in the Sky — 1986

12 Film Hayao Miyazaki, dari Rating Terendah sampai Tertinggi

Foto: The Hollywood Reporter

Rotten Tomatoes: 96%
MyAnimeList: 8,26
IMDb: 8
Metascore: 76
Tayang: Netflix

Castle in the Sky atau Tenkuu no Shiro Laputa merupakan film pertama yang dianimasikan Studio Ghibli. Film ini berlatar di dunia di mana pesawat dan kapal udara menjadi sesuatu yang biasa. Seorang cewek, Sheeta, diculik agen pemerintah yang mencari jimat kristal misteriusnya. Saat terjebak disebuah kapal udara, Sheeta sudah tidak lagi punya harapan sampai kapal itu diserang perompak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3923 seconds (0.1#10.140)