10 Anime dengan Episode Panjang yang Paling Lama Tayang dan Tamat

Jum'at, 08 Desember 2023 - 22:22 WIB
loading...
10 Anime dengan Episode Panjang yang Paling Lama Tayang dan Tamat
Sejumlah anime punya episode panjang dan tayang dalam waktu lama di televisi atau layanan streaming. Namun, penantian itu tidak sia-sia karena anime itu tamat. (Foto: VIZ)
A A A
Sejumlah serial anime dikenal punya episode panjang untuk mengisahkan kisah mereka. Ini membuat serial itu bertahan lama di televisi karena masa tayangnya yang lumayan panjang. Meski sudah dibagi menjadi beberapa season, tetap saja, butuh bertahun-tahun untuk serial itu agar bisa tamat.

Beberapa serial populer yang ceritanya sudah tamat pun belum tentu benar-benar usai. Ada yang diteruskan ke generasi berikutnya, meski hasilnya mengcewakan. Tapi, ada juga yang dilanjutkan karena adaptasi manga-nya memang belum selesai, meski anime aslinya sudah tamat. Anime seperti One Piece atau Detective Conan tidak punya season dan sampai kini punya lebih dari 1.000 episode.

Sementara, anime franchise seperti Dragon Ball, Pokemon, atau Yu-Gi-Oh! punya banyak serial yang masing-masing saling terkait satu sama lain dan terutama dengan serial aslinya. Artikel ini tidak akan membahas anime seperti itu. Di artikel ini akan dibahas anime yang diangkat dari manga yang memang sudah tamat dan punya lebih dari 160 episode. Apa saja anime dengan episode panjang dengan waktu tayang paling lama dan sudah tamat? Simak ulasannya berikut!



10. Tenisu no Oujisama — 173 Episode, 4 Tahun Tayang

10 Anime dengan Episode Panjang yang Paling Lama Tayang dan Tamat

Foto: Game Rant

Tenisu no Oujisama atau The Prince of Tennis menjadi anime olahraga dengan episode terpanjang. Tayang pada 2001 sampai 2005, anime ini punya total 173 episode. Ceritanya pun sangat heroik dan berakhir dengan memuaskan.

Serial ini berkisah tentang Ryoma Echizen. Meski masih berusia 12 tahun, dia sudah sangat mahir mengayunkan raket di lapangan tenis. Dia kemudian kembali ke Jepang untuk masuk Akademi Seishun, sebuah SMP swasta yang terkenal atas tim tenisnya yang kuat. Dulu, ayahnya juga bersekolah di tempat tersebut.

9. Inuyasha — 193 Episode, 10 Tahun Tayang

10 Anime dengan Episode Panjang yang Paling Lama Tayang dan Tamat

Foto: Screen Rant

Inuyasha adalah salah satu serial anime isekai paling awal yang pernah dibuat. Serial ini menyajikan kisah petualangan dibalut kisah cinta lain dunia. Serial aslinya tayang pada 2000 sampai 2004 dengan 167 episode. Kemudian, pada 2009, anime ini dilanjutkan dengan menampilkan 26 episode tambahan.

Inuyasha berkisah tentang seorang cewek SMP bernama Kagome yang suatu hari tercebur sumur. Tak disangka, sumur itu ternyata menghubungkannya dengan masa feodal Jepang yang membuatnya bertemu Inuyasha, sosok setengah manusia dan setengah iblis. Setelah permata keramat Shikon muncul dari tubuh Kagome, secara tidak sengaja, permata itu pecah dan tersebar ke mana-mana. Kagome harus mengumpulkan serpihan itu dengan dibantu Inuyasha.

8. Sailor Moon — 200 Episode, 4 Tahun Tayang

10 Anime dengan Episode Panjang yang Paling Lama Tayang dan Tamat

Foto: NPR

Sailor Moon menjadi serial anime shojo yang sangat populer pada era 1990-an. Diangkat dari manga berjudul sama, Sailor Moon mulai mengudara pada 1992 dan berakhir pada 1996. Dengan total 200 episode, Sailor Moon dianggap sebagai salah satu anime tentang cewek ajaib terbaik yang pernah dibuat.

Sailor Moon berkisah tentang cewek ABG cengeng, Usagi Tsukino, yang bertemu kucing yang bisa berbicara, Luna. Hidupnya pun berubah setelah Luna mengatakan kalau Usagi ditakdirkan menjadi Sailor Moon, yang harus melindungi bumi. Dengan tongkat ajaib, dia bisa berubah dari cewek biasa menjadi Sailor Moon dan menggunakan kekuatannya untuk menyelamatkan kotanya.

7. Katekyo Hitman Reborn! — 203 Episode, 5 Tahun Tayang

10 Anime dengan Episode Panjang yang Paling Lama Tayang dan Tamat

Foto: OtaQuest

Katekyo Hitman Reborn! juga dikenal sebagai Reborn! di luar Jepang. Serial anime ini diangkat dari manga berjudul sama dan kali pertama tayang pada 2006. Setelah berjalan sepanjang 203 episode, anime ini pun tamat pada 2010. Meski begitu, sampai kini, serial itu masih sering dibahas.

Serial ini berkisah tentang Tsuna, yang hidupnya berubah setelah bertemu Reborn, seorang pembunuh yang masih dalam bentuk bayi. Dia dikirim keluarga mafia terkuat di Italia untuk mempersiapkan Tsuna seabgai pengganti bos kesembilan keluarga Vongola. Tsuna pun harus berusaha keras untuk bisa memenuhi permintaan itu.

6. Dr. Slump Arale-chan — 243 Episode, 5 Tahun Tayang

10 Anime dengan Episode Panjang yang Paling Lama Tayang dan Tamat

Foto: IMDb

Dr. Slump merupakan manga yang dibuat kreator Dragon Ball, Akira Toriyama. Serial ini dibuat sebelum Dragon Ball dan cukup sukses. Dr. Slump kemudian diadaptasi menjadi anime dan mulai tayang pada 1981. Serial itu kemudian berakhir pada 1986 dengan total 243 episode.

Serial ini berkisah tentang Arale Norimaki, gadis robot kecil, dan kreatornya, Senbei Norimaki. Keduanya menghadapi penghuni aneh lain di Desa Penguin. Dr. Slump beberapa kali bersimpangan dengan Dragon Ball. Arale bahkan tampil di Dragon Ball dan Dragon Ball Super. Di remake Dr. Slump pada 1997, Goku muncul di situ.

5. Hamtaro — 296 Episode, 6 Tahun Tayang

10 Anime dengan Episode Panjang yang Paling Lama Tayang dan Tamat

Foto: Ehdeals.com
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1915 seconds (0.1#10.140)