Rekomendasi 10 Anime Sci-Fi Terbaik yang Sayang buat Dilewatkan

Kamis, 07 Desember 2023 - 21:21 WIB
loading...
Rekomendasi 10 Anime Sci-Fi Terbaik yang Sayang buat Dilewatkan
Anime sci-fi bukanlah tontonan bagi semua orang. Ceritanya yang kadang kelam dan suram membuat genre tersebut kurang diminati penonton meski sebenarnya bagus. (Foto: Funimation)
A A A
Anime science-fiction atau sci-fi identik dengan mecha dan futuristik gelap. Ceritanya pun sering kali penuh plot twist menarik dan mencengangkan. Anime genre ini menampilkan teknologi canggih yang dicampur dengan alur yang membuat penontonnya selalu penasaran.

Selama bertahun-tahun, anime sci-fi tak jarang membuat penontonnya terpukau. Meski sering masuk kategori underrated, tapi, anime jenis ini biasanya punya rating tinggi di situs seperti MyAnimeList. Terlebih, tidak semua orang suka genre sci-fi karena dianggap terlalu rumit dan gelap.

Sebagian besar anime sci-fi masuk ke demografi seinen. Anime sci-fi dikenal lebih terbuka dalam adegannya dan ceritanya kadang terlalu rumit untuk diikuti anak di bawah umur. Meski begitu, ada juga yang masuk ranah shounen dengan cerita ringan yang menghibur. Apa saja anime sci-fi terbaik yang tidak boleh dilewatkan? Simak rekomendasinya berikut!



10. Dr. Stone

Rekomendasi 10 Anime Sci-Fi Terbaik yang Sayang buat Dilewatkan

Foto: IMDb

Episode: 57 (On Going — 3 Season)
Tahun Rilis: 2019
MyAnimeList: 8,28 (Season 1), 8,17 (Season 2), 8,15 (Season 3 Part 1), 8,41 (Season 3 Part 2)
Demografi: Shounen
Tayang: Netflix, Bstation

Shounen jarang menyentuh kekuatan sains. Tapi, Dr. Stone berani tampil beda dengan mengangkat tema sains dalam balutan cerita khas shounen yang ringan dan menghibur. Dimulai dengan cerita yang kuat dan terus membaik di setiap season-nya, anime ini berhasil mencampurkan drama, humor, aksi, dan bahkan edukasi.

Dr. Stone berkisah tentang ribuan tahun setelah manusia membatu. Senku Ishigami terbangun di dunia yang kembali ke zaman batu dan menggunakan pengetahuan ilmiahnya untuk bertahan hidup di dunia itu. Dia juga ingin mengembalikan umat manusia ke pencapaian teknologinya. Sebagian besar teknologi yang dibuat di serial ini memang didasarkan ilmu di dunia nyata, tapi pengetahuan hampir tak terbatas dan kecepatan Senku dalam mencapai gebrakan ilmiahnya yang menjadi fiksi.

9. Pluto

Rekomendasi 10 Anime Sci-Fi Terbaik yang Sayang buat Dilewatkan

Foto: IMDb

Episode: 8
Tahun Rilis: 2023
MyAnimeList: 8,67
Demografi: Seinen
Tayang: Netflix

Pluto menjadi anime sci-fi yang paling diantisipasi pada slot Fall 2023. Serial ini diangkat dari manga karya Naoki Urasawa, kreator Monster. Uniknya, serial ini tidak hanya menonjolkan cara bercerita Naoki yang penuh twist, tapi juga dibuat berdasarkan lini cerita Astro Boy.

Pluto berkisah tentang dunia masa depan di mana robot dan manusia hidup berdampingan. Di masa itu, robot sudah sangat canggih sampai bisa menirukan sebagian besar emosi manusia. Seorang detektif robot kemudian berusaha menemukan pembunuh yang bertanggung jawab atas kematian manusia dan robot. Dia tidak sadar kalau dirinya juga diincar.

8. Cyberpunk Edgerunners

Rekomendasi 10 Anime Sci-Fi Terbaik yang Sayang buat Dilewatkan

Foto: Rotten Tomatoes

Episode: 10
Tahun Rilis: 2022
MyAnimeList: 8,60
Demografi: Seinen
Tayang: Netflix

Cyberpunk Edgerunners diangkat dari gim Cyberpunk 2077 dari CD Projekt Red. Serial ini dianggap sebagai anime terbaik buatan Trigger sejak Kill la Kill dan menjadi puncak karya studio tersebut. Terlebih, serial OVA ini mengisahkan tentang cerita yang didorong karakter yang punya sangat sedikit momen jeda.

Cyberpunk Edgerunners berlatar di Night City, sebuah kota metropolis dystopian yang dikendalikan korporasi dan pemisahan sosial yang jelas. Serial ini berkisah tentang David, seorang remaja dengan banyak potensi yang terseret pusat kota itu menyusul tragedi pribadi. Perjalanan David dipenuhi tragedi dan gerak hati, bersamaan dengan banyak aksi dan ketegangan.

7. Psycho-Pass

Rekomendasi 10 Anime Sci-Fi Terbaik yang Sayang buat Dilewatkan

Foto: IMDb

Episode: 41 (3 Season)
Tahun Rilis: 2012
MyAnimeList: 8,34 (Season 1), 7,40 (Season 2), 7,45 (Season 3)
Demografi: Seinen
Tayang: Netflix

Psycho-Pass, thriller sci-fi psikologis, mendapatkan pujian dari seluruh dunia berkat perkembangan karakter dan cerita di dunia baru yang unik. Mengatasi konsep sci-fi klasik seperti lembaga manusia dan prekognisi, serial ini menyajikan aksi mendalam bersama dengan diskusi filosofis yang bernuansa. Season 1 sangat fantastis, tapi sekuelnya lebih kacau.

Psycho-Pass berlatar di Jepang masa depan. Kala itu, manusia terus berada di bawah pengawasan pemerintah lewat teknologi yang sangat canggih yang bisa menilai kondisi mental dan potensi aktivitas kejahatan mereka. Teknologi itu bernama Sistem Sybil. Serial ini menyoroti hubungan antara para Inspektur dan Penegak yang bekerja di bawah Biro Keselamatan Publik Kementerian Kesejahteraan untuk menyelidiki kasus kriminal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5725 seconds (0.1#10.140)