8 Film Marvel dengan Durasi Paling Pendek di MCU Sejauh Ini

Kamis, 09 November 2023 - 19:19 WIB
loading...
8 Film Marvel dengan Durasi Paling Pendek di MCU Sejauh Ini
Film Marvel dengan durasi paling pendek di MCU tidaklah banyak sampai saat ini. Rata-rata, film di franchise ini punya durasi lebih dari dua jam atau 120 menit. (Foto: Disney Plus)
A A A
Film Marvel Cinematic Universe (MCU) dikenal punya durasi yang panjang. Rata-rata, dari 33 film yang telah dirilis, masing-masing punya durasi lebih dari dua jam atau 120 menit. Namun, ada juga film yang punya durasi di bawah itu.

Panjang pendek durasi film mau tak mau mempengaruhi jalannya cerita. Semakin panjang durasi tidak berarti kalau film itu akan lebih baik dalam menampilkan ceritanya. Begitu juga sebaliknya. Film berdurasi pendek belum tentu tidak memberikan jalan cerita yang menarik dan memberikan banyak pemahaman.

Di antara franchise mini di MCU, serial Ant-Man dan Thor dikenal sebagai franchise dengan durasi paling pendek. Dari trilogi yang pernah mereka rilis, dua di antaranya masuk sebagai film dengan durasi terpendek. Apa saja film durasi paling pendek di MCU? Simak ulasannya berikut!



8. Thor: Love and Thunder — 2022

8 Film Marvel dengan Durasi Paling Pendek di MCU Sejauh Ini

Foto: Disney Plus

Sutradara: Taika Waititi
Pemeran: Chris Hemsworth, Christian Bale, Nathalie Portman, Tessa Thompson, Russell Crowe
Tayang: Disney+ Hotstar

Thor: Love and Thunder gagal mengekor kesuksesan pendahulunya, Ragnarok. Film ini dianggap terlalu mengedepankan komedi sehingga ceritanya jadi amburadul. Selain itu, durasinya juga lebih pendek, yaitu 1 jam 59 menit. Ragnarok berdurasi 2 jam 10 menit.

Di film ini, setelah berpisah dengan Guardians of the Galaxy, Thor menjalani perjalanan untuk mencari kedamaian. Tapi, kehadiran Gorr the God Butcher mengganggu pensiunnya itu. Dia mengangkat senjata lagi dan bertemu mantan ceweknya, Jane Foster, yang telah menjadi Mighty Thor. Mereka pun menghadapi Gorr bersama-sama.

7. Ant-Man and the Wasp — 2018

8 Film Marvel dengan Durasi Paling Pendek di MCU Sejauh Ini

Foto: Disney Plus

Sutradara: Peyton Reed
Pemeran: Paul Rudd, Michael Douglas, Evangeline Lily, Michael Pena, David Dastmalchian, Laurence Fishburne, Michelle Pfeiffer, Hannah John-Kamen
Tayang: Disney+ Hotstar

Ant-Man and the Wasp merupakan sekuel Ant-Man dengan tambahan satu superhero baru, yaitu The Wasp. Film berdurasi 1 jam 58 menit ini tak hanya memperkenalkan The Wasp, tapi juga Dunia Kuantum yang penting bagi MCU. Film ini dinantikan karena langsung terkait Avengers: Infinity War dan Endgame.

Di film ini, Scott Lang menghadapi konsekuensi atas pilihannya sebagai ayah dan superhero. Kembali bertemu Hope van Dyne dan Hank Pym, Scott harus kembali mengenakan kostum Ant-Man dan bertarung bersama The Wasp. Misi itu membawa mereka mengungkap rahasia dari masa lalu.

6. Ant-Man — 2015

8 Film Marvel dengan Durasi Paling Pendek di MCU Sejauh Ini

Foto: Disney Plus

Sutradara: Peyton Reed
Pemeran: Paul Rudd, Michael Douglas, Evangeline Lily, Michael Pena, Corey Stoll, David Dastmalchian
Tayang: Disney+ Hotstar

Ant-Man menampilkan tontonan kocak yang mengisahkan asal usul superhero yang bisa mengubah ukuran itu. Dengan durasi 1 jam 57 menit, film ini dengan pas memberikan sebuah tontonan yang penuh gelak tawa. Film ini juga punya peranan penting dalam cerita besar MCU.

Ant-Man berkisah tentang Scott Lang, seorang pencuri kambuhan yang bingung mencari uang setelah keluar dari penjara. Dia kemudian bergabung lagi dengan mantan teman-temannya dan berencana mencuri di sebuah rumah kosong dengan brankas besar. Tak disangka, brankas itu berisi kostum dan helm aneh yang membuat hidup Scott berubah.

5. Thor — 2011

8 Film Marvel dengan Durasi Paling Pendek di MCU Sejauh Ini

Foto: Disney Plus

Sutradara: Kenneth Branagh
Pemeran: Chris Hemsworth, Tom Hiddleston, Nathalie Portman, Anthony Hopkins, Kat Dennings, Clint Barton
Tayang: Disney+ Hotstar

Thor mengawali perjalanan Dewa Petir itu di MCU. Film ini memperkenalkan sederet karakter yang punya pengaruh besar terhadap perjalanan franchise itu sampai saat ini. Dirilis di tahun yang sama dengan Captain America: The First Avenger, Thor punya durasi lebih pendek, yaitu 1 jam 55 menit.

Thor akan mewarisi takhta ayahnya, Odin, sebagai Raja Asgard dalam waktu dekat. Tapi, ketika hendak dimahkotai, Thor malah secara brutal beraksi terhadap musuh mereka, Frost Giants, yang memasuki istana mereka. Sebagai hukuman, Odin mengirim Thor ke bumi dan kekuatannya dicabut. Sementara adik angkatnya, Loki, merencanakan sesuatu yang jahat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2645 seconds (0.1#10.140)