Review Film Five Nights at Freddy’s: Teror Robot Animatronik yang Kurang Greget

Kamis, 26 Oktober 2023 - 22:30 WIB
loading...
Review Film Five Nights at Freddy’s: Teror Robot Animatronik yang Kurang Greget
Five Nights at Freedy’s seharusnya bisa menjadi tontonan horor yang benar-benar mencekam. Konsepnya yang menarik tidak bisa dieksekusi dengan baik dan menarik. (Foto: Rotten Tomatoes)
A A A
Tidak ada yang lebih mengerikan ketimbang benda yang selama ini dianggap sebagai mainan ternyata bisa hidup dan menebar teror. Film Five Nights at Freddy’s berusaha menggambarkan teror makhluk yang dianggap sebagai teman anak dan keluarga itu. Hasilnya?

Five Nights at Freddy’s berfokus pada Mike Schmidt (Josh Hutcherson). Trauma masa lalunya membuatnya sulit mempertahankan pekerjaan. Sementara, di sisi lain, dia harus merawat adiknya, Abby. Kesulitan keuangan membuatnya terancam kehilangan Abby.

Terpojok, Mike akhirnya menerima pekerjaan shift malam di sebuah restoran yang sudah tidak beroperasi. Restoran itu, Freddy Fazbear’s Pizza, adalah sebuah restoran pizza untuk keluarga yang dulu sangat kondang. Di dalamnya, ada berbagai macam mainan arcade dengan robot-robot animatronik untuk menghibur para pengunjung.



Tak disangka, robot-robot itu bisa hidup ketika malam tiba. Mereka meneror para satpam yang ditugaskan di tempat itu. Tapi, Mike berusaha bertahan sampai suatu hari para robot itu mulai mengincar adiknya. Mike pun harus bertindak.
Review Film Five Nights at Freddy’s: Teror Robot Animatronik yang Kurang Greget

Foto: Deadline

Secara konsep, film ini menarik. Mainan yang hidup adalah sesuatu yang bisa berubah menjadi mengerikan di genre horor. Sudah banyak bukti bagaimana robot atau boneka yang hidup bisa menjadi teror yang menyusahkan dan bisa berakhir dengan pertumpahan darah. Tapi, sekali lagi, ini adalah konsep.

Pada perjalanan plotnya, Five Nights at Freddy’s terlalu generik dan punya banyak plot hole yang tidak dijelaskan sampai akhir. Plot hole ini membuat ceritanya jadi kurang asyik. Di beberapa bagian, ada yang terkesan dipaksakan dan terlalu dibuat-buat.

Bahkan, untuk horornya, tidak terasa horor sama sekali. Film ini malah mirip sci-fi di mana para robot mengejar mangsanya. Rating 13 tahun ke atas atau remaja membuat film ini menahan diri untuk menumpahkan darah dan menjadi lebih mengerikan lagi.
Review Film Five Nights at Freddy’s: Teror Robot Animatronik yang Kurang Greget

Foto: CBR

Sutradara Emma Tammi bahkan tidak menyelesaikan busur kematian anak-anak di film itu dengan baik. Film ini juga tidak menjelaskan bagaimana pelaku bisa memasukkan arwah ke dalam animatronik itu. Asal usul bagaimana tempat itu akhirnya ditutup dan latar belakang pelaku memilih tempat tersebut juga tidak dipaparkan.

Film ini seharusnya menjadi film horor supranatural. Tapi, pada praktiknya, Five Nights at Freddy’s menjadi film kriminal supranatural. Hanya, tidak ada penjelasan yang jelas tentang bagaimana itu bisa terjadi.

Film ini juga sangat klise. Pelaku diungkapkan di akhir film dan balas dendam pun terjadi. Tidak ada yang istimewa atau mengejutkan dari klimaks film ini. Terlebih, jagoannya dengan cepat bisa menyelesaikan semua masalah itu, sebagian besar, sendirian. Dan, aksinya pun datar-datar saja.
Review Film Five Nights at Freddy’s: Teror Robot Animatronik yang Kurang Greget

Foto: Slash Film

Five Nights at Freddy’s bisa menjadi film yang lebih menarik dan menegangkan. Konsepnya yang menarik bisa menjadi modal besarnya. Sayangnya, plotnya yang tipis dan skrip yang kurang kuat membuat film ini jadi kurang horornya.

Selain itu, patut disayangkan karena chemistry di antara pemain pun tak terlalu kuat. Hubungan Mike dan Abby memang dibuat kaku. Tapi, terlalu kaku sampai tidak ada rasa mereka adalah kakak dan adik kandung. Sementara, penampilan Vanessa, seorang polisi yang membantu Mike, juga sangat kurang menarik.



Five Nights at Freedy’s seharusnya bisa menjadi tontonan horor yang benar-benar mencekam. Konsepnya yang menarik tidak bisa dieksekusi dengan baik. Plot hole sana sini membuat film ini jadi terasa sangat meh.

Five Nights at Freedy’s mulai tayang di bioskop seluruh Indonesia pada Rabu (25/10). Film ini punya satu adegan pascakredit dengan durasi 1 jam 50 menit. Selamat menyaksikan!

(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4896 seconds (0.1#10.140)