Kamu Demam? Jangan Minum Ibuprofen!

Kamis, 30 April 2020 - 16:01 WIB
loading...
Kamu Demam? Jangan Minum Ibuprofen!
Kalau lagi demam, jangan minum Ibuprofen kecuali ada resep dari dokter. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Kamu pernah gak, kalau sakit demam ketika masih kecil hingga sekarang diberi obat oleh orang tua kamu? Kamu tahu tidak obat apa yang diberi? Kalau ternyata obatnya Ibuprofen, mulai sekarang stop, ya.

Ibuprofen itu obat apa, sih? Ibuprofen adalah obat yang dikonsumsi untuk meredakan nyeri dan peradangan, misalnya sakit gigi, nyeri haid, dan radang sendi. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet 400 mg, sirup, dan suntikan.

Kamu Demam? Jangan Minum Ibuprofen!

Foto: Unsplash

Dikutip dari Alodokter, Ibuprofen bekerja dengan cara menghalangi tubuh memproduksi prostaglandin, yaitu senyawa yang menyebabkan peradangan dan rasa sakit. Sebagai dampaknya, nyeri dan peradangan menjadi berkurang. Selain mengatasi nyeri dan peradangan, ibuprofen juga digunakan sebagai obat penurun panas.

Terus, kenapa kita gak boleh minum ibuprofen kalau emang bisa untuk menurunkan panas? Karena ternyata, Ibuprofen termasuk obat yang gak boleh dikonsumsi sembarangan.

"Tidak boleh dikonsumsi tanpa diresepkan oleh dokter yang memeriksa langsung. Jadi memang sebaiknya dihindari, ya,” tutur dr. R Suseno Aji, dokter daring dari aplikasi Alodokter.

Masih menurut dr Suseno Aji, Ibuprofen bukan jenis obat yang bisa dibeli sendiri karena banyak risiko efek sampingnya, seperti mengganggu pembekuan darah. Orang yang punya riwayat penyakit asma juga sebaiknya gak minum obat ini.

Kamu Demam? Jangan Minum Ibuprofen!

Foto: Shutterstock

Lalu, obat apa yang harus kita minum kalau lagi demam, sesuai anjuran dokter?

"Kalau demam atau nyeri, maka cari dulu penyebabnya apa, lalu bisa dikompres dengan air hangat, minum parasetamol, istirahat yang cukup dan makan makanan bergizi serta banyak minum air putih,” tambah dokter lulusan Universitas Gajah Mada (UGM) itu.

Nah, sekarang udah jelas, ya. Jangan berani-beraninya minum Ibuprofen kalau gak dapat resep dari dokter!

Early Meidiasa Prameswari
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta
Instagram: @sa.mei12
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1118 seconds (0.1#10.140)