10 Sekuel dengan Cuan Lebih Gede Ketimbang Film Aslinya

Minggu, 10 September 2023 - 15:07 WIB
loading...
10 Sekuel dengan Cuan Lebih Gede Ketimbang Film Aslinya
Tidak semua sekuel mampu meraup sukses seperti film aslinya. Bahkan, ada yang malah gagal dan menenggelamkan franchise-nya. Tapi, ada juga yang lebih sukses. (Foto: EW.com)
A A A
Sebuah film yang sukses secara finansial biasanya akan membuat studionya berencana memproduksi sekuelnya. Namun, sekuel ini pun gampang gampang susah. Tak jarang sebuah sekuel malah membuat penonton kecewa dan tidak laku di bioskop.

Tapi, sejumlah film membuktikan kalau sekuel pun bisa tampil baik dan bahkan lebih baik dari film aslinya. Meski tidak selalu sukses secara kritis, film-film itu sukses secara finansial dan bahkan melampaui hasil film aslinya. Tak pelak, studionya pun semakin percaya diri untuk melanjutkan kisahnya.

Sejumlah film bahkan punya margin yang besar dengan film aslinya. Mereka bisa mendapatkan pendapatan dua kali lipat. Tapi, ada juga yang selisihnya kecil. Meski begitu, angkanya termasuk besar kalau dibandingkan dengan pendapatan film lain. Beberapa di antaranya memegang rekor sebagai film terlaris dari franchise mereka. Apa saja sekuel yang lebih laris di bioskop dibanding film aslinya berdasarkan data Box Office Mojo? Simak ulasannya berikut!



10. Doctor Strange in the Multiverse of Madness — 2022

10 Sekuel dengan Cuan Lebih Gede Ketimbang Film Aslinya

Foto: YouTube

Sampai saat ini, Doctor Strange yang dirilis pada 2016 masih dianggap sebagai salah satu film paling underrated di Marvel Cinematic Universe (MCU). Film itu memperkenalkan Stephen Strange yang diperankan Benedict Cumberbatch. Dia kemudian menjadi Penyihir Agung yang memimpin pasukan untuk melindungi bumi dari ancaman kekuatan gelap. Film itu meraup USD677,8 juta.

Di Avengers: Infinity War dan Endgame, Strange punya peranan besar dalam mengalahkan Thanos. Perannya kemudian semakin meningkat dengan kehadirannya di Spider-Man: No Way Home pada 2021. Hype ini menggiring penonton untuk menantikan sekuel Doctor Strange, In the Multiverse of Madness. Alhasil, sekuel itu lebih sukses dari film pertamanya dengan meraup USD955,7 juta.

9. Despicable Me 2 — 2013

10 Sekuel dengan Cuan Lebih Gede Ketimbang Film Aslinya

Foto: USA Today

Despicable Me yang dirilis pada 2010 meraup USD543,2 juta dengan menghadirkan makhluk kuning aneh, Minions. Meskipun film ini sebenarnya mengisahkan tentang Gru dan tiga cewek yang dia adopsi, kehadiran Minions sangat mencuri perhatian penonton. Makhluk itu kemudian menjadi legenda dan maskot Illumination.

Perjalanan Gru dan tiga anak angkatnya kemudian berlanjut di Despicable Me 2 yang dirilis tiga tahun setelah film aslinya. Hype yang tinggi dan juga promosi jor-joran dengan kehadiran Minions membuat penonton mengantisipasi sekuel ini. Film itu pun lebih sukses dari film pertamnya di box office dengan meraup USD970 juta.

8. The Dark Knight — 2008

10 Sekuel dengan Cuan Lebih Gede Ketimbang Film Aslinya

Foto: GQ

Christopher Nolan memulai trilogi The Dark Knight-nya dengan Batman Begins pada 2005. Film yang menampilkan Christian Bale sebagai Bruce Wayne itu lumayan sukses dengan meraup USD373,7 juta di box office. Tapi, seiring berjalannya waktu, franchise ini hanya terus mereguk kesuksesan.

The Dark Knight yang dirilis tiga tahun kemudian membuat orang membanjiri bioskop. Kehadiran Heath Ledger sebagai Joker di film itu menjadi magnet tersendiri. Sampai saat ini, Joker versi Heath masih dianggap sebagai Joker terbaik di semesta sinema. Sekuel Batman Begins itu meraup keuntungan hampir tiga kali lipat dari film pertamanya dengan torehan USD1 miliar di box office.

7. Pirates of the Caribbean: Dead Man's Chest — 2006

10 Sekuel dengan Cuan Lebih Gede Ketimbang Film Aslinya

Foto: BBC

Film pertama Pirates of the Caribbean, The Curse of the Black Pearl, pada 2003 memperkenalkan audiens dengan Kapten Jack Sparrow yang konyol, kocak, licik, dan cerdas. Diperankan Johnny Depp, karakter itu segera disukai para penonton. Film ini pun sukses menjadi film yang diadaptasi dari wahana di Disneyland dengan meraup USD654,3 juta.

Disney lantas melanjutkan cerita petualangan Jack bersama teman-temannya lewat Dead Man’s Chest pada 2006. Meski di mata kritikus mencaci maki film ini, penonton tidak peduli. Bahkan, sekuel ini malah lebih sukses dari film pertamanya dengan meraup USD1,06 miliar di box office. Berakhir dengan cliffhanger, penonton jadi tak sabar menunggu seri ketiganya,.

6. Spider-Man: Far from Home — 2019

10 Sekuel dengan Cuan Lebih Gede Ketimbang Film Aslinya

Foto: Empire

Masuknya Spider-Man ke MCU membuat penggemar bahagia. Mereka menantikan adaptasi terbaru manusia laba-laba itu dan interaksinya dengan karakter lain Marvel di franchise superhero raksasa itu. Dan, penggemar pun tidak kecewa. Film solo pertama Spider-Man di MCU, Homecoming, berhasil meraup USD880,2 juta.

Hype terhadap Spider-Man versi MCU itu tidak berhenti begitu saja. Sekuelnya, Far from Home, yang dirilis pada 2019 bahkan lebih sukses lagi. Film itu meraup USD1,13 miliar di box office. Kesuksesan ini tidak lepas dari hype yang dibangun dan juga hasil peristiwa di Avengers: Endgame yang punya pengaruhb besar di film ini.

5. Incredibles 2 — 2018

10 Sekuel dengan Cuan Lebih Gede Ketimbang Film Aslinya

Foto: The New Yorker
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2403 seconds (0.1#10.140)