6 Film Korea yang Minim atau Tanpa Dialog, Ada yang Sempat Dilarang Tayang

Jum'at, 08 September 2023 - 08:49 WIB
loading...
6 Film Korea yang Minim atau Tanpa Dialog, Ada yang Sempat Dilarang Tayang
Film Korea tanpa dialog salah satunya ditunjukkan oleh kisah kontroversial Moebius. Foto/Next Entertainment World
A A A
JAKARTA - Film Korea yang minim atau tanpa dialog bisa memberi gambaran pada penonton bahwa visual atau gambar saja juga punya kekuatan yang sangat besar dalam melahirkan emosi.

Pada dasarnya, film memang sangat mengandalkan visual dalam bercerita. Namun sejumlah sutradara mengambil cara yang 'ekstrem' dengan mencoba membuat cerita dengan hanya menggunakan sedikit dialog, atau bahkan tanpa dialog sama sekali. Meski ini bukan hal yang langka, tapi film dengan konseptersebut juga bisa dibilang tak selalu ada setiap tahunnya.

Begitu pun dengan film produksi Korea Selatan. Berikut ini segelintir film Korea yang minim dialog atau bahkan tanpa dialog sedikit pun.


1. Moebius (2013)

6 Film Korea yang Minim atau Tanpa Dialog, Ada yang Sempat Dilarang Tayang

Foto: Next Entertainment World

Ini adalah film Korea tanpa dialog paling populer di kalangan pencinta film. Disutradarai oleh Kim Ki-duk yang terkenal dengan karya-karya "film seni", Moebius sempat dilarang tayang di negaranya karena adegan sadis dan seksualnya yang eksplisit. Namun akhirnya film ini dibolehkan tayang, meski hanya terbatas di bioskop tertentu.

Moebius mengisahkan tentang sebuah keluarga disfungsional tanpa nama karakternya. Sang ayah (Cho Jae-hyun) berselingkuh dengan seorang penjaga toko (Lee Na-ra). Istrinya (juga Lee Na-ra) yang marah lantas memutuskan untuk memotong penis sang suami, tapi gagal.

Sang istri lantas memutuskan untuk memotong penis anaknya (Seo Young-ju), dan berhasil. Sang ayah yang merasa bersalah, lantas mencoba mencari cara agar anaknya tetap bisa merasakan orgasme.

Moebius dikisahkan tanpa dialog sedikit pun. Kalau pun ada, itu hanya sekadar gumaman saja. Emosi tiap karakter sepenuhnya digambarkan lewat ekspresi para pemerannya.

2. 3-Iron (2004)

6 Film Korea yang Minim atau Tanpa Dialog, Ada yang Sempat Dilarang Tayang

Foto: Big Blue Film

Sebelum melahirkan Moebius, sutradara Kim Ki-duk sudah membuat film berdurasi 88 menit berjudul 3-Iron. Film ini juga sangat minim dialog, terinsipirasi dari pengalaman Ki-duk saat berada di Prancis. Kala itu, karena tidak mengerti bahasanya, sineas berusia 59 tahun itu hanya memperhatikan ekspresi orang-orang di sekelilingnya untuk memahami percakapan yang terjadi.

3-Iron menceritakan tentang Tae-suk (Jae-hee), pria penyendiri yang hobinya membobol sebuah rumah dan tinggal di sana. Suatu ketika, rumah yang dibobolnya ternyata ditinggali oleh Sun-hwa (Lee Seung-yeon), mantan model yang kini menjadi ibu rumah tangga, dan menjadi korban KDRT suaminya. Sun-hwa melihat semua yang dilakukan Tae-suk di rumahnya.

3. Spring, Summer, Fall, Winter... and Spring (2003)

6 Film Korea yang Minim atau Tanpa Dialog, Ada yang Sempat Dilarang Tayang

Foto: Cineclick Asia

Masih dari Kim Ki-duk, kali ini mundur lagi setahun kemudian. Film yang tak banyak dialog ini kerap dianggap sebagai salah satu film terbaik dari Korea Selatan.

Spring, Summer, Fall, Winter... and Spring mengisahkan ceritanya dalam lima bagian, sesuai judulnya. Kisahnya tentang seorang biksu dalam menjalani hari-harinya, sejak muda hingga usia lanjut, bersama gurunya.

Meski ceritanya tentang seorang biksu yang tinggal di hutan terpencil, tapi masalah dan nilai yang dibawanya bersifat universal dan dekat dengan penonton umum. Pemainnya ada O Yeong-su, Kim Young-min, Seo Jae-kyung, dan Yeo-jin Ha.

4. Sweat (2007)

6 Film Korea yang Minim atau Tanpa Dialog, Ada yang Sempat Dilarang Tayang

Foto: Kofic

Film pendek berdurasi 12 menit ini berjalan tanpa dialog dan disajikan dalam format visual hitam putih. Sutradaranya adalah Na Hong-jin yang memilih genre drama untuk film ini.

Sweat menggambarkan tetesan keringat yang keluar dengan penyebab yang berbeda-beda. Penceritaannya dengan mengambil keseharian orang-orang, laki-laki dan perempuan, dalam menjalani siklus kehidupan mereka.

5. Consolation (2015)

6 Film Korea yang Minim atau Tanpa Dialog, Ada yang Sempat Dilarang Tayang

Foto: Viddsee

Kembali dari film pendek, Consolation hanya berdurasi tiga menit dan tanpa dialog. Film garapan Lee Soo-min ini hanya mengandalkan ekspresi karakter utama dan piano yang mengiringi sepanjang film. Kamu bisa menyaksikan film ini di Viddsee.

Sesuai judulnya, Consolation adalah kisah tentang seorang gadis yang mencari penghiburan atas hidupnya yang sepertinya tak berjalan baik. Dengan wajah yang punya beberapa luka, ia memutuskan pergi ke kebun bunga untuk menghibur diri. Namun ternyata ia bukan satu-satunya orang yang berada di sana.


6. Boy Meets Boy (2008)

6 Film Korea yang Minim atau Tanpa Dialog, Ada yang Sempat Dilarang Tayang

Foto: GagaOOLala

Terakhir, ada film boys love (BL) yang juga berdurasi pendek, hanya 13 menit. Pemainnya ada dua aktor, yaitu Kim Hye-sung dan Lee Hyun-jin.

Film Korea romantis tanpa dialog ini mengisahkan seorang pria mungil yang bertemu dengan pria tampan bertubuh atletis di sebuah bus. Si pria mungil pun terkesima dengan tatapan mata yang tajam dari lelaki tampan itu.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1830 seconds (0.1#10.140)