7 Fakta Buku Biografi BTS Terjemahan Indonesia, Jumlah Pre-order Bikin Kaget

Kamis, 07 September 2023 - 15:46 WIB
loading...
7 Fakta Buku Biografi BTS Terjemahan Indonesia, Jumlah Pre-order Bikin Kaget
Buku biografi BTS berjudul Beyond the Story: 10-Year Record of BTS juga diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Foto/BigHit Music, Transmedia
A A A
JAKARTA - Buku memoar 10 tahun karier BTS berjudul Beyond The Story: 10-Year Record of BTS dirilis pada 9 Juli 2023, dan terjemahan bahasa Indonesia dirilis satu bulan kemudian atau pada 9 Agustus.

Penerbit Transmedia Pustaka menjadi pemegang hak penerjemahan buku tersebut. Dalam buku itu, BTS dibantu penulis dan kritikus musik Myeongseok Kang, menggambarkan perjalanan karier mereka, dimulai dari masa traineepada 2010 hingga sekitar tahun 2022-2023.

Banyak hal menarik yang terjadi di balik penerjemahan buku tersebut. Berikut ini beberapa faktanya yang bisa kamu baca.


1. Proses Pengerjaan Hanya Sebulan

Menurut Redaktur Pelaksana Transmedia Rani Andriani Koswara, pihaknya pertama kali dihubungi oleh perwakilan HYBE pada awal Maret 2023. Saat itu, sebelum mengajak berkomunikasi, perwakilan HYBE meminta Rani untuk melakukan non disclosure agreement (NDA), yang melarang seseorang untuk membocorkan isi percakapan.

"Mereka lalu bilang, ada grup K-pop nomor satu yang mau bikin buku. Saya langsung mikir kalau nomor satu, ya, pasti BTS," ujar Rani.

Dari situ, topik tawaran untuk menerjemahkan buku Beyond The Story pun terungkap. Namun pihak Transmedia hanya diberi waktu satu bulan untuk menerjemahkan buku setebal lebih dari 500 halaman tersebut. Saat percakapan itu terjadi, bahkan bukunya pun masih dalam tahap pengerjaan di Korea.

"Jadi kami itu baru dapat tiga bab pertama pas akhir Maret. April harus selesai, Mei sudah masuk finishing," ujar Rani saat ditemui usai diskusi buku Beyond The Story di Pos Bloc, Pasar Baru. Minggu (3/9).

Sekadar gambaran, menurut Rani, satu buku terjemahan dengan sekitar 200-an halaman umumnya membutuhkan pengerjaan 6-8 bulan. Sedangkan buku Beyond The Story totalnya lebih dari 500 halaman.

"Itu 3 bab pertama datang akhir Maret, lalu 3 bab berikutnya sekitar pertengahan April, lalu bab 7 itu datangnya pas banget Lebaran. Jadi Lebaran pun kita tetap kerja," ungkap Rani. Seperti diketahui, Lebaran tahun 2023 jatuh pada 22 April.

2. Diterjemahkan oleh Tiga Penulis

Karena mengejar tanggal terbit, akhirnya diputuskan bahwa bukunya akan diterjemahkan oleh tiga orang. Mereka yaitu Fatya Permata Anbiya, Gitta Ananda Lestari, dan Presilia Prihastuti. Masing-masing dari mereka menerjemahkan dua bab. Lalu bab 7 diterjemahkan bersama-sama, dengan masing-masing mendapat bagian awal, tengah, dan akhir.

Gitta yang mendapat tugas menerjemahkan bab 3 dan 4 (juga bagian tengah bab 7) mengaku sangat tertantang mengerjakan buku tersebut. Ia mengaku bekerja dari pagi hingga malam agar bisa menyelesaikan deadline-nya.

"Kerja dari jam 8 pagi sampai jam 10 malam. Satubab kira-kira kelar dua minggu. Bab 7 sekitar 2-3 hari selesai," ujarnya.

Bagi Gitta, paling sulit bukanlah waktu pengerjaan yang mepet, melainkan soal gaya bahasanya. "Karena ini adalah proyek pertama saya dengan Transmedia. Ditambah saya juga bukan lulusan sastra Korea," ujar penerjemah paruh waktu yang pernah mengambil program bahasa di Seoul National University ini.

Untuk mengatasi masalah ini, grup WhatsApp pun dibuat agar tiap penerjemah bisa menyocokkan gaya bahasa yang diinginkan penerbit.

7 Fakta Buku Biografi BTS Terjemahan Indonesia, Jumlah Pre-order Bikin Kaget

Gitta (keempat dari kiri) saat diskusi buku Beyond the Story. Foto: X @BTS_AHC_IDN

3. Awalnya Dibuat 8 Bab, Dirilis saat Ultah BTS

Masih menurut Rani, awalnya Beyond the Story akan dibuat dengan delapan bab, dengan epilog. Namun pada akhirnya buku biografi tersebut hanya dirilis dengan tujuh bab.

Selain itu, Beyond the Story juga tadinya akan dirilis pada hari ulang tahun debut BTS, yaitu 13 Juni 2023. Namun pada akhirnya diputuskan bukunya dirilis pada hari ulang tahun ARMY, fandom BTS, yaitu pada 9 Juli.

4. Awalnya Tolak Menerjemahkan

Rani mengatakan, awalnya ia menolak untuk menerjemahkan buku Beyond the Story. Ada banyak alasan yang membuatnya ragu.

"Buku biografi itu enggak hype. Transmedia juga belum pernah menerbitkan buku biografi. Lalu ARMY juga, kan, pasti udah tahu semuanya tentang BTS. Jadi kalau nerbitin buku kayak, kok, jadul banget, ya," ujarnya.

Namun setelah diyakinkan bahwa BTS ikut menulis bukunya dan informasi yang diberikan dalam buku adalah hal-hal baru yang belum diungkap ke publik, Rani akhirnya setuju.

5. Proyek Rahasia, Hanya 4 Orang yang Tahun

Rani mengatakan, karena harus mengikuti NDA, maka proyek buku ini harus dirahasiakan, bahkan dari rekan-rekannya di Transmedia. "Selain saya, hanya tiga orang yang tahu, yaitu CEO, direktur saya, dan orang bagian keuangan," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3089 seconds (0.1#10.140)