10 Film dengan Rating Tinggi Ini Malah Enggak Laku di Bioskop

Minggu, 03 September 2023 - 15:08 WIB
loading...
A A A

6. Steve Jobs — 2015

10 Film dengan Rating Tinggi Ini Malah Enggak Laku di Bioskop

Foto: Engadget

Anggaran: USD30 juta
Box Office: USD34,4 juta
Rotten Tomatoes: 85%

Gagalnya film biografi Steve Jobs, Jobs, pada 2013 masih terus membayangi pecinta film. Ketika film biografi lainnya muncul pada 2015, Steve Jobs, skeptisme di antara penonton masih tinggi. Meskipun kritikus memberikan pujian setinggi langit, film itu tetap gagal di box office.

Padahal, Steve Jobs dibintangi aktor-aktor wahid langganan nominasi Oscar seperti Michael Fassbender dan Kate Winslet. Film garapan Danny Boyle itu bahkan mampu tampil di Oscar. Sayangnya, audiens tidak tergugah untuk datang ke bioskop. Universal Pictures pun rugi karena film itu tidak laku.

5. The Iron Giant — 1999

10 Film dengan Rating Tinggi Ini Malah Enggak Laku di Bioskop

Foto: Plugged In

Anggaran: USD50 juta
Box Office: USD31,3 juta
Rotten Tomatoes: 96%

The Iron Giant adalah salah satu film animasi terbaik sepanjang masa. Film ini dibesut Brad Bird yang dikenal bertangan dingin dalam menangani film genre animasi. Meski saat ini dikenal sebagai salah satu film klasik, film ini tidak pernah sukses di box office.

Saat dirilis pada 1999, Warner Bros. menderita kerugian besar. Film itu gagal bersaing dengan film animasi produksi Pixar dan DreamWorks yang baru moncer-moncernya. Padahal, secara kualitas cerita dan animasi, The Iron Giant sebenarnya tidak kalah dengan film buatan studio-studio baru itu.

4. Children of Men — 2006

10 Film dengan Rating Tinggi Ini Malah Enggak Laku di Bioskop

Foto: The New York Times

Anggaran: USD76 juta
Box Office: USD70,5 juta
Rotten Tomatoes: 92%

Alfonso Cuaron adalah sutradara langganan nominasi Oscar dengan film yang pastinya berkelas. Children of Men pun menjadi salah satunya. Film ini bahkan disebut sebagai salah satu film terbaik di abad 21. Nominasi Oscar dan pujian kritikus sudah cukup menjadi saksinya.

Sayangnya, drama dystopian itu dirasa tidak menarik bagi audiens. Film itu memang populer, tapi tidak cukup membuat orang untuk mau datang ke bioskop untuk menontonnya di layar lebar. Akibatnya, film ini pun membuat Universal Pictures rugi karena bahkan tidak mampu mengembalikan modal biaya produksinya.

3. Are You There, God? It's Me, Margaret. — 2023

10 Film dengan Rating Tinggi Ini Malah Enggak Laku di Bioskop

Foto: The Guardian

Anggaran: USD30 juta
Box Office: USD21,5 juta
Rotten Tomatoes: 99%

Are You There, God? It’s Me Margaret adalah film yang diadaptasi dari novel berjudul sama. Film ini mendapatkan pujian dari kritikus karena kecerdasan adaptasinya. Film ini juga menampilkan drama keluarga sehinggga diharapkan bisa menarik lebih banyak orang untuk menontonnya.

Alih-alih, film ini tak terdengar gaungnya. Bahkan, setelah turun layar dari bioskop, film ini malah rugi karena tidak mampu menutup biaya produksinya. Kehadiran aktris kondang seperti Rachel McAdams sepertinya tidak mampu menarik orang untuk menontonnya.

2. Hugo — 2011

10 Film dengan Rating Tinggi Ini Malah Enggak Laku di Bioskop

Foto: Cinerama Film

Anggaran: USD150–170 juta
Box Office: USD185,8 juta
Rotten Tomatoes: 93%

Film besutan Martin Scorsese ini mendapatkan pujian dari kritikus saat dirilis. Hugo bahkan masuk 11 nominasi Oscar. Tapi, film ramah keluarga itu malah tidak dilirik orang. Dengan anggaran USD170 juta, Paramount tentunya berharap bisa meraup keuntungan besar.

Tapi, film anak-anak dengan teknologi 3D ini tidak laku. Pendapatan box office-nya sangat minim hingga hanya mampu mengembalikan uang modalnya, sementara uang itu belum termasuk biaya lain-lain. Kalau Scorsese tidak mendorong anggarannya jadi sangat tinggi karena komitmennya untuk menggunakan efek 3D untuk mengisahkan cerita skala kecil, pendapatan itu sebenarnya sudah lumayan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3918 seconds (0.1#10.140)