Ranking 10 Film Superhero Paling Rugi Sepanjang Masa, DC Terboncos

Minggu, 27 Agustus 2023 - 14:24 WIB
loading...
A A A

6. X-Men: Dark Phoenix — 2019

Ranking 10 Film Superhero Paling Rugi Sepanjang Masa, DC Terboncos

Foto: Time

Box Office: USD252,4 Juta
Anggaran: USD200 Juta
BEP: USD600 Juta

Sebagai sebuah film penutup franchise X-Men di Fox, Dark Phoenix mengecewakan akibat kurangnya kesadaran diri dalam marketing-nya. Film ini dicaci maki kritikus dan penonton pun tidak terinspirasi untuk menontonnya. Meski disebut sebagai sebuah pamitan, Dark Phoenix tidak mampu memberikan konklusi yang memuaskan.

Dark Phoenix tidak tampil layaknya sebuah film dengan dana besar. Alih-alih, film ini dibuat hanya sebagai pelengkap properti intelektual yang sudah ada, padahal, lini cerita film itu adalah salah satu materi sumber terbaik. Film itu akhirnya hanya bertahan di bioskop selama dua pekan. Setelah itu, film itu pelan-pelan turun layar.

5. The Flash — 2023

Ranking 10 Film Superhero Paling Rugi Sepanjang Masa, DC Terboncos

Foto: IGN

Box Office: USD268,5 Juta
Anggaran: USD200–220 Juta
BEP: USD600 Juta

The Flash sudah bermasalah bahkan jauh sebelum dirilis. Bintang utamanya, Ezra Miller, menghadapi serentetan masalah hukum yang membuat kariernya langsung turun drastis. Dari situ, sudah terlihat kalau The Flash tidak akan tampil baik di box office. Tapi, tidak ada yang menyangka betapa buruknya penampilan film itu.

Bahkan meski film itu membawa Michael Keaton kembali sebagai Batman, penggemar dan audiens umum tidak cukup tertarik untuk memberikan peluang bagi film DCEU ini. Ada sejumlah film superhero yang lebih baik dari The Flash yang kebetulan dirilis sebelum film itu, Spider-Man: Across the Spider-Verse. Tapi, jelas, ada dua faktor utama, yaitu kehadiran Ezra dan pengumuman kalau DCEU sudah tamat riwayatnya, membuat orang jadi ogah menonton film ini.

4. Black Adam — 2022

Ranking 10 Film Superhero Paling Rugi Sepanjang Masa, DC Terboncos

Foto: DC

Box Office: USD393,3 Juta
Anggaran: USD190–260 Juta
BEP: USD570+ Juta

Black Adam adalah salah satu dari sejumlah usaha untuk memperbaiki jalur DCEU. Film itu bahkan menjanjikan film Superman baru yang dibintangi Henry Cavill. Tapi, itu tidak terjadi. Ini terlihat jelas dengan kurangnya marketing film itu dan juga ketidaktertarikan orang buat menontonnya.

Membuat spin-off Shazam! bukanlah ide terburuk yang pernah dibuat DCEU. Tapi, Black Adam yang dibintangi Dwayne Johnson itu sama-sama kurang kepribadian dan gagal memberikan sesuatu yang baru kepada audiens. Film itu mungkin tampil lebih baik ketimbang Shazam! Fury of the Gods, tapi, itu juga bukan sebuah pujian.

3. Eternals — 2021

Ranking 10 Film Superhero Paling Rugi Sepanjang Masa, DC Terboncos

Foto: CNET

Box Office: USD402,1 Juta
Anggaran: USD236,2 Juta
BEP: USD708,6 Juta

Chloe Zhao adalah sutradara pemenang Oscar. Tapi, gaya penyutradaraannya dinilai kritikus tidak pas dengan Marvel Cinematic Universe (MCU). Terutama karena film besutannya, Eternals, punya beban berat dengan memperkenalkan 10 superhero baru yang belum pernah disinggung di franchise itu.

Tak heran kalau film itu memakan biaya tinggi dengan segala macam efek dan penampilan aktor kelas wahid. Tapi, ketika dirilis, film itu malah menjadi film pertama MCU yang mendapatkan skor Busuk di Rotten Tomatoes. Di box office pun penampilan film ini juga tidak lebih baik dan bahkan dengan cepat menghilang dari bioskop.

2. Ant-Man and the Wasp: Quantumania — 2023

Ranking 10 Film Superhero Paling Rugi Sepanjang Masa, DC Terboncos

Foto: Rolling Stone

Box Office: USD476,1 Juta
Anggaran: USD200 Juta
BEP: USD600 Juta

Film pertama Ant-Man dan sekuelnya, Ant-Man and the Wasp, memang asyik. Film ini juga tidak pernah dianggap sebagai film yang akan menarik banyak uang di bioskop. Tapi, seri ketiganya, Ant-Man and the Wasp: Quantumania, punya beban dan harapan yang tinggi.

Quantumania di-hype-kan menjadi perkenalan resmi lawan utama Multiverse Saga, Kang the Conqueror. Sayangnya, film ini malah tampil tidak memuaskan. Film itu seharusnya mampu meraup USD1 miliar karena pentingnya Kang di masa depan MCU, atau setidaknya USD800 Juta. Tapi, Quantumania bahkan tidak sanggup mencapai angka break-even point-nya, yaitu USD600 juta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2131 seconds (0.1#10.140)