7 Film Berbasis Video Game Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 22:25 WIB
loading...
7 Film Berbasis Video Game Terbaik yang Wajib Kamu Tonton
Tidak semua film berbasis video game asyik ditonton. Tapi, sejumlah film jenis ini ada yang menjadi tontonan seru karena ceritanya lebih detail dari game-nya. (Foto: WhichCar)
A A A
Video game adalah salah satu media yang cukup tricky untuk diangkat ke film , baik live-action atau pun animasi. Cerita yang tidak pas dan visual yang tidak memuaskan bisa membuat film ini dicaci maki kritikus dan gagal total di pasaran. Untungnya, ada sejumlah adaptasi yang cukup sukses.

Dalam beberapa tahun terakhir, audiens telah menyaksikan sejumlah adaptasi video game yang menarik. Ceritanya yang lebih detail dari video game dengan visual yang mengagumkan membuat film ini laku di pasaran. Meski begitu, tidak semua film itu mendapatkan respons yang bagus secara kritis.

Sementara, belakangan, semakin banyak studio yang mencoba peruntungannya untuk mengadaptasi game ke film. Tahun ini, sudah ada dua film yang diadaptasi dari game. Salah satunya bahkan memecahkan rekor sebagai film terlaris. Film terbaik berbasis video game apa saja yang layak ditonton? Simak ulasannya berikut!



7. Pokemon: Detective Pikachu — 2019

7 Film Berbasis Video Game Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Foto: YouTube

Game Pokemon yang pertama kali dirilis pada tahun 1998 di AS untuk konsol Gameboy ini telah banyak mendapat sejumlah adaptasi, mulai dari anime, manga, hingga film live action. Salah satu yang cukup menyorot perhatian kala itu adalah dirilisnya Detective Pikachu dengan bintang Ryan Reynolds.

Kisah dalam film Pokemon: Detective Pikachu sangatlah berbeda dari yang dihadirkan dalam anime atau game. Ini juga kali pertama waralaba Pokemon diadaptasi menjadi 3D. Film ini berkisah tentang petualangan seekor Pokemon bernama Pikachu yang bisa berbicara untuk menyelidiki eksperimen gelap.

6. Sonic the Hedgehog 2 — 2022

7 Film Berbasis Video Game Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Foto: Nerdist

Sekuel Sonic the Hedgehog ini dianggap sebagai sedikit peningkatan dari film pertamanya. Kedua film ini diangkat dari game konsol SEGA dan merupakan adaptasi terakhir dari game tersebut. Film ini dibuat dalam bentuk live-action hybrid.

Sonic the Hedgehog 2 memperkenalkan penonton kepada dua karakter baru, yaitu Tails dan Knuckles. Film ini juga memberikan penjelasan lebih detail terhadap kedua karakter itu dan juga Dr. Robotnik ketimbang di game. Kemunculan film ini juga mampu mendongkrak penjualan game Sonic yang sempat turun.

5. Warcraft — 2016

7 Film Berbasis Video Game Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Foto: Vanity Fair

Siapa sangka bila game MMORPG yang populer di Barat ini akan menjadi film yang luar biasa? Film tersebut mengisahkan tentang kerja sama antara manusia dengan bangsa Orc untuk menghadapi ancaman besar demi mempertahankan dunia masing-masing. Film ini juga menyajikan konsep tentang struktur sosial dan politik ketimbang hanya menyajikan perang fantastik antara manusia dengan monster. Meskipun gagal di Amerika Utara, namun film ini laris di kawasan Asia.

4. The Angry Birds Movie 2 — 2019

7 Film Berbasis Video Game Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Foto: Geeks under Grace

Film Angry Birdpertama mengecewakan dan mendapatkan banyak kritik. Tapi, Sony Pictures tidak menyerah dan membuat sekuelnya. Untungnya, usaha itu tidak sia-sia. Sekuel ini mendapatkan sambutan yang lebih baik.

Cerita yang diusung di The Angry Birds Movie 2 tidak disangka penggemarnya. Di film ini, para burung dan babi di game aslinya mulai belajar mengesampingkan permusuhan dan mulai menyusun perdamaian. Banyak pihak yang menyebut kalau sekuel film inilah yang seharusnya menjadi film pertama.

3. Gran Tourismo— 2023

7 Film Berbasis Video Game Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Foto: Eurogamer

Pada dasarnya, Gran Turismo bukanlah film adaptasi game. Tapi, film ini menggunakan game yang ada di konsol PlayStation sebagai dasar ceritanya. Film ini berkisah tentang salah satu pemainnya, Jann Mardenborough.

Jann menjadi salah satu pembalap yang memulai kariernya sebagai pemain simulator balap itu. Film ini diangkat dari kisah nyata dengan sejumlah bumbu fiktif untuk menambah elemen dramatis di film tersebut. Film ini menjadi kolaborasi antara Nissan dan PlayStation.

2. Werewolves Within — 2021

7 Film Berbasis Video Game Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Foto: Deadline

Film horor komedi ini diangkat dari permainan kartu sosial yang populer kala itu. Penonton seolah diajak ikut bermain dan menebak siapakah manusia serigala atau werewolf sesungguhnya di film itu. Film itu mengisahkan kehidupan warga di sebuah kota kecil yang terjebak badai salju. Ketika mereka terisolasi, mulai muncul teror aneh dan terdengar desas-desus kalau teror itu disebabkan manusia serigala.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2935 seconds (0.1#10.140)