9 Film Terbaik yang Hampir Tanpa Dialog, Bikin Deg-Degan!

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 20:00 WIB
loading...
9 Film Terbaik yang Hampir Tanpa Dialog, Bikin Deg-Degan!
Sejumlah film terbaik Hollywood tampil tanpa banyak dialog. Film-film ini mengandalkan kekuatan kesunyian lewat gambar dan emosi yang bikin deg-degan penonton. (Foto: Slash Film)
A A A
Film biasanya dipenuhi dialog yang membuat orang bisa memahami jalan ceritanya. Dari dialog itu pula penonton bisa membuat koneksi antarkarakternya. Sementara visual dan aksinya membantu film itu jadi lebih enak ditonton.

Tapi, film tidak selalu menampilkan dialog yang memorable dan menentukan film tersebut. Dialog ekstensif tidak selalu menjadi kunci dalam kesuksesan menciptakan cerita yang menyentuh dan menarik. Kenyatannya, banyak film terbaik di Hollywood tampil hanya dengan sedikit dialog.

Film-film yang nyaris tanpa dialog ini terlihat inovatif dan menggebrak tren yang ada. Mereka memanfaatkan kekuatan kesunyian, memilih menyampaikan pesannya lewat gambar yang mengagumkan dan emosi yang kuat. Sebagian film seperti ini biasanya tidak dibintangi banyak orang. Film yang nyaris tanpa dialog apa saja yang seru buat ditonton? Simak rekomendasinya berikut!



9. Shallows — 2016

9 Film Terbaik yang Hampir Tanpa Dialog, Bikin Deg-Degan!

Foto: Variety

Sutradara: Jaume Collet-Serra
Pemeran: Blake Lively
Tahun Rilis: 2016
Tayang: Netflix

Nancy Adam pergi ke sebuah pantai terpencil untuk melupakan kesedihan atas kepergian ibunya. Dia lantas berselancar dan tiba-tiba diserang seekor hiu putih raksasan. Dia terpaksa berenang ke sebuah batu karang besar. Dia harus berjuang bertahan hidup di bawah incaran ikan raksasa itu. Karena hanya menampilkan satu orang karakter, film ini tidak punya banyak dialog selain monolog pendek yang dilakukan Nancy.

8. Fantasia — 1940

9 Film Terbaik yang Hampir Tanpa Dialog, Bikin Deg-Degan!

Foto: Letterboxd

Sutradara: Samuel Armstrong, James Algar, Bill Roberts, Paul Satterfield, Ben Sharpsteen, David D. Hand, Hamilton Luske, Jim Handley, Ford Beebe, T. Hee, Norman Ferguson
Wilfred Jackson
Pemain: Leopold Stokowski, Deems Taylor
Rotten Tomatoes: 95%
Tayang: Disney+ Hotstar

Film ini menggambarkan berbagai macam latar yang dipasangkan dengan melodi, seperti latar mitologi, prasejarah, dan supranatural. Selain interaksi singkat dengan Mickey Mouse, karakter di film ini sama sekali tidak mengucapkan satu patah kata pun dalam visual dan adegan yang mendebarkan. Film ini membuktikan kalau penceritaan masih bisa berdampak tanpa dialog. Musik dan gambar yang mengagumkan bisa membuat perbedaan.

7. All Is Lost — 2013

9 Film Terbaik yang Hampir Tanpa Dialog, Bikin Deg-Degan!

Foto: Amazon.com

Sutradara: J. C. Chandor
Pemain: Robert Redford
Rotten Tomatoes: 94%
Tayang: -

Film ini berkisah tentang seorang pria tanpa nama yang terdampar di lautan lepas. Dia terombang ambing di lautan tanpa teman dan komunikasi radionya terputus setelah kapalnya bertabrakan dengan kapal kontainer. Dia terpaksa meninggalkan kapalnya itu setelah air terus masuk dan dia tidak bisa lagi menahannya. Di sepanjang film ini, orang itu hanya mengucapkan 51 patah kata.

6. Drive — 2011

9 Film Terbaik yang Hampir Tanpa Dialog, Bikin Deg-Degan!

Foto: CNN

Sutradara: Nicolas Winding Refn
Pemain: Ryan Gosling, Carey Mulligan, Bryan Cranston, Christina Hendricks, Ron Perlman, Oscar Isaac, Albert Brooks
Rotten Tomatoes: 93%
Tayang: -

Diangkat dari novel berjudul sama karya James Sallis, film ini mengisahkan tentang seorang pengemudi adegan berbahaya di Hollywood tanpa nama. Dia bekerja sampingan sebagai sopir pembawa kabur orang. Dia menemukan dirinya dalam masalah ketika berusaha membantu tetangganya yang terlilit utang. Di sepanjang film ini, sopir itu tidak banyak bicara. Skrip film ini juga tidak tebal, hanya 81 halaman karena sutradaranya ingin film itu tidak banyak dialog.

5. Hush — 2016

9 Film Terbaik yang Hampir Tanpa Dialog, Bikin Deg-Degan!

Foto: ReelRunDown

Sutradara: Mike Flanagan
Pemain: John Gallagher Jr., Michael Trucco, Kate Siegel
Rotten Tomatoes: 93%
Tayang: -

Film ini berfokus pada seorang penulis yang bisu dan tuli. Dia pergi ke sebuah rumah di tengah hutan untuk menjalani hidup seorang diri. Alih-alih bisa hidup damai, dia harus berhadapan dengan seorang pembunuh bertopeng yang membuatnya harus berusaha bertahan hidup. Film ini penuh ketegangan yang bikin merinding karena tidak adanya dialog di sana.

4. Cast Away — 2000

9 Film Terbaik yang Hampir Tanpa Dialog, Bikin Deg-Degan!

Foto: Plugged In
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1564 seconds (0.1#10.140)