10 Film Animasi Paling Laris dalam Satu Dekade Terakhir, Disney dan Universal Saingan!

Minggu, 20 Agustus 2023 - 22:47 WIB
loading...
10 Film Animasi Paling Laris dalam Satu Dekade Terakhir, Disney dan Universal Saingan!
Disney dan Universal Pictures terus bersaing dalam pendapatan mereka dari film animasi. Dalam 10 tahun terakhir, film animasi mereka mendominasi box office. (Foto: Variety)
A A A
Dalam 10 tahun belakangan, film animasi banyak yang menggebrak box office. Film-film itu meraup angka fantastis yang membuka sekuel atau franchise baru. Yang menarik, pertarungan film animasi ini masih didominasi Disney dan Universal Pictures.

Disney masih berjaya dengan film animasi produksi mereka sendiri atau dari Pixar. Sedangkan Universal Pictures melenggang dengan film dari Illumination. Banyak film dari kedua studio ini yang meraup angka lebih dari USD1 miliar (Rp15,3 triliun).

Tahun ini, Universal mengukuhkan film animasi terbarunya sebagai film terlaris. Sementara, Disney terseok-seok di box office karena sejumlah film animasinya tidak tampil dengan baik. Meski begitu, studio ini masih memegang rekor sebagai pemilik film animasi terlaris sepanjang masa. Apa saja film animasi paling laris dalam 10 tahun terakhir? Simak ulasan berikut!



10. The Secret Life of Pets — 2016

10 Film Animasi Paling Laris dalam Satu Dekade Terakhir, Disney dan Universal Saingan!

Foto: ABC News

Sutradara: Chris Renaud
Pemain: Louis C.K., Eric Stonestreet, Kevin Hart, Jenny Slate, Ellie Kemper, Lake Bell, Dana Carvey, Hannibal Buress, Bobby Moynihan, Steve Coogan, Albert Brooks
Rotten Tomatoes: 71%
Tayang: Netflix

The Secret Life of Pets adalah sebuah tontonan santai. Film ini tidak punya plot twist yang aneh-aneh dan menjadi sebuah hiburan tersendiri. Film ini berhasil meraup USD885,3 juta dari anggaran USD75 miliar. Universal Pictures kemudian membuat sekuelnya pada 2019.

Film ini berkisah tentang kehidupan Max, anjing terrier manja, yang hidup nyaman di sebuah apartemen di New York. Hidupnya berubah setelah pemiliknya mengadopsi Duke, anjing besar yang sulit diatur. Saat berjalan-jalan di luar apartemen, mereka bertemu segerombolan kucing liar dan ditangkap petugas pengendali hewan.

9. Minions: The Rise of Gru — 2022

10 Film Animasi Paling Laris dalam Satu Dekade Terakhir, Disney dan Universal Saingan!

Foto: IGN

Sutradara: Kyle Balda
Pemain: Steve Carell, Pierre Coffin, Taraji P. Henson, Lucy Lawless, Dolph Lundgren, Danny Trejo, Jean-Claude Van Damme, Julie Andrews, Alan Arkin, Michelle Yeoh
Rotten Tomatoes: 70%
Tayang: HBO Go

Minions: The Rise of Gru menjadi seri terakhir dari trilogi Minions. Dirilis ketika dunia sedang pulih dari pandemi, hasilnya tidak mengecewakan. Film itu meraup USD939,6 juta dari anggaran USD80—100 juta.

Film ini membawa penonton ke masa lalu Gru. Ketika masih kecil, Gru ingin menjadi penjahat. Tapi, dia ditolak grup penjahat super, Vicious 6. Setelah itu, dia dan Minions malah diburu grup itu. Di bawah panduan mantan anggota grup itu, Wild Knuckles, Gru pun berusaha menghadapi para penjahat tersebut.

8. Zootopia — 2016

10 Film Animasi Paling Laris dalam Satu Dekade Terakhir, Disney dan Universal Saingan!

Foto: Rolling Stone

Sutradara: Byron Howard, Rich Moore
Pemain: Ginnifer Goodwin, Jason Bateman, Idris Elba, Jenny Slate, Nate Torrence, Bonnie Hunt, Don Lake, Tommy Chong, J. K. Simmons, Octavia Spencer, Alan Tudyk, Shakira
Rotten Tomatoes: 98%
Tayang: Disney+ Hotstar

Zootopia menjadi kejutan tersendiri ketika dirilis pada 2016. Sebagai sebuah film pertama, Zootopia diterima dengan sangat baik di mata kritikus dan audiens. Dibuat dengan dana USD150 juta, film itu berhasil meraup USD1,025 miliar. Disney berencana merilis sekuelnya tahun depan.

Zootopia berkisah tentang sebuah dunia di mana para hewan mamalia bisa bicara dan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu predator dan mangsanya. Judy, seorang kelinci, berhasil menjadi polisi di tempat yang didominasi predator. Suatu hari, dia nekat menyelidiki menghilangnya para mamalia di kota itu dengan bantuan Nick Wilde, seekor rubah penipu.

7. Finding Dory — 2016

10 Film Animasi Paling Laris dalam Satu Dekade Terakhir, Disney dan Universal Saingan!

Foto: Christianity Today

Sutradara: Andrew Stanton
Pemain: Ellen DeGeneres, Albert Brooks, Hayden Rolence, Ed O'Neill, Kaitlin Olson, Ty Burrell, Diane Keaton, Eugene Levy
Rotten Tomatoes: 94%
Tayang: Disney+ Hotstar

Finding Dory sangat diantisipasi kehadirannya saat dirilis. Film ini menjadi lanjutan Finding Nemo dengan berfokus pada Dory. Pixar dan Disney mampu menjawab pertaruhan itu dengan kesukesan di box office. Film itu meraup USD1,029 miliar dari anggaran USD200 juta.

Dory yang pelupa tiba-tiba ingat kalau dia terpisah dari orang tuanya saat dia masih kecil. Dia kemudian bertekad untuk menemukan kembali mereka. Didampingi teman-temannya, Nemo dan Marlin, dia menjalani perjalanan yang membawanya ke Marine Life Institute.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2097 seconds (0.1#10.140)