10 Anime Kontroversial Ini Mulai Ditinggalkan Penggemar

Kamis, 03 Agustus 2023 - 09:27 WIB
loading...
10 Anime Kontroversial Ini Mulai Ditinggalkan Penggemar
Sejumlah anime menjadi kontroversi karena faktor tertentu. Saking kontroversialnya, anime itu mulai kehilangan penggemar karena mereka tidak mau menontonnya. (Foto: We Got This Covered)
A A A
Anime sering kali menimbulkan kontroversi. Bahkan, pada anime populer sekali pun, kontroversi ini tidak pernah lepas. Entah dari cerita, visual, atau bahkan filler, apa pun bisa menjadi perdebatan di antara para penggemar.

Tapi, sejumlah anime mainstream bisa selamat dari kontroversi ini. Sebenci-bencinya penggemar terhadap serial itu, mereka masih enggan meninggalkan anime itu karena banyak faktor. Makanya, serial seperti ini pun tidak pernah takut ditinggalkan penggemar.

Meski begitu, ada sebagian anime kontroversial yang bikin penggemar alergi menontonnya. Dari ceritanya yang terlalu biasa, visualnya yang jelek, sampai hal-hal yang tidak diduga di dalamnya, anime ini sulit mendapatkan cinta penggemarnya. Alih-alih, penggemar meninggalkan anime itu dan lupa kalau mereka pernah ada. Apa saja anime kontroversial yang ditinggalkan penggemarnya? Mengutip CBR, simak ulasannya berikut!



10. Happy Sugar Life

10 Anime Kontroversial Ini Mulai Ditinggalkan Penggemar

Foto: Amazon.com

Banyak asumsi tentang anime membuat orang tidak mau menonton media ini. Happy Sugar Life adalah thriller psikologi gelap dan mendalam. Tapi, serial in membawa audiensnya ke wilayah tidak nyaman yang nyaris memvalidasi kesan negatif dan stereotip terhadap anime.

Serial ini berkisah tentang Satou, seorang siswi SMA yang akan melakukan apa pun demi melindungi seorang cewek polos bernama Shio. Satou bahkan tidak segan membunuh orang kalau memang diperlukan. Obsesi Satou terhadap Shio hanya terus mengerikan di sepanjang 12 episode anime ini. Penggemar masih mendebatkan apakah serial ini layak ditonton.

9. Aldnoah.Zero

10 Anime Kontroversial Ini Mulai Ditinggalkan Penggemar

Foto: Nefarious Reviews

Secara konsep, Aldnoah.Zero seharusnya bisa menjadi klasik modern. Serial ini dianimasikan A-1 Pictures dengan ditulis Gen Urobuchi dan musiknya dibuat Hiroyuki Sawano. Ke-12 episode pertama serial ini melampaui ekspektasi penonton, tapi season 2-nya mengubah penonton setia menjadi hater.

Season pertama serial ini berakhir dengan banyak kematian utama dan status quo baru. Tapi, ketika season 2 dimulai, terungkap kalau semua karakter yang sudah mati itu ternyata masih hidup. Dekonstruksi itu memberikan cara penceritaan robot super yang biasa saja. Penggemar menganggapnya sebagai pengkhianatan dan menyebut serial itu menjadi salah satu anime terburuk dalam sejarah.

8. Darling in the FranXX

10 Anime Kontroversial Ini Mulai Ditinggalkan Penggemar

Foto: Anime-Planet

Genre mecha adalah satu area paling banyak cerita di anime. Genre ini selalu disambut ketika sebuah serial muncul dan melakukan sesuatu yang benar-benar baru. Darling in the FranXX mulai dengan janji dan potensi itu. Sayangnya, serial ini terjun bebas sehingga sulit diterima.

Anime ini berlatar di dunia nihilistis di mana anak-anak dijadikan umpan meriam. Tapi, masih ada setitik harapan bagi pilot mecha ini. Serial ini punya final sinis yang memaksa penontonnya untuk mengira-ira apa poinnya. Finale suram seperti ini bisa mengecewakan penonton.

7. Ex-Arm

10 Anime Kontroversial Ini Mulai Ditinggalkan Penggemar

Foto: IMDb

Ex-Arm menarik banyak ide dan klisenya dari anime sci-fi dan dystopian terbaik. Di serial ini, Akira Natsume terbangun dari komanya selama 16 tahun dan menemukan dirinya dengan kemampuan yang ditingkatkan secara mekanik, tapi terpisah dari otaknya. Serial ini tidak kekurangan ide sci-fi yang menarik. Tapi, penulisannya yang sembrono dan animasinya yang jelek sudah lebih dari cukup mengalahkan kualitas baiknya.

Banyak anime yang secara visual mampu memecah fondasi baru dengan artistrinya yang bagus. Tapi, serial ini memperkuat ide kalau banyak anime di bawah standar bisa eksis meski mereka hanya punya cerita dan visual yang berguna. Serial ini segera menjadi salah satu anime terjelek di era modern berkat ceritanya yang umum dan animasi digitalnya yang jelek.

6. Sword Art Online

10 Anime Kontroversial Ini Mulai Ditinggalkan Penggemar

Foto: Anime Corner

Sword Art Online adalah salah satu serial isekai populer dari beberapa puluh tahun silam, terutama di antara cerita yang berlatar di MMORPG. Serial ini berawal di tempat yang sederhana. Tapi, secara pelan-pelan memperburuk penceritaannya dan penggambaran karakter utamanya, Kirito.

Serial ini juga menampilkan adegan kekerasan yang tidak diduga dan memicu emosi yang terasa tidak pas dalam cerita seorang gamer. Audiens seharusnya tidak perlu khawatir dengan adegan yang dipertanyakan dan problematik yang mengganggu petualangan fantasi itu. Tapi, itulah rasanya menonton serial ini.

5. Rent-A-Girlfriend

10 Anime Kontroversial Ini Mulai Ditinggalkan Penggemar

Foto: USA Today

Penggemar anime dikenal suka anime harem. Tapi, bahkan penggemar berat genre ini pun membenci Rent-a-Girlfriend. Di serial ini, Kazuya Kinoshita bermain-main dengan empat pacar sewaan untuk memuaskan kebutuhan emosionalnya. Kazuya sangat dibenci sampai serial ini disebut sebagai salah satu anime paling jelek saat dimulai.

Meskipun mengabaikan Kazuya, peristiwa dan kisah cinta di serial ini terlalu dibuat-buat. Penonton tidak bisa menerima bagaimana semuanya berjalan sesuai cara Kazuya. Mereka juga tidak paham apa yang dilihat para pacar sewaan itu pada diri Kazuya. Sentimen umum di antara penonton adalah para pacar sewaan itu layak mendapatkan yang lebih baik.

4. Highschool of the Dead

10 Anime Kontroversial Ini Mulai Ditinggalkan Penggemar

Foto: Crow’s World of Anime

Cerita zombie mendapatkan porsi besar di era 2000-an. Ada banyak serial anime tentang mayat hidup dari periode itu. Salah satunya adalah Highschool of the Dead. Anime itu mengisahkan tentang sekelompok siswa SMA yang melawan para zombie di situasi mengerikan.

Serial ini mungkin menghibur orang seperti ini adalah cerita zombie pertama mereka. Sebaliknya, serial ini dibuat secara serampangan dengan kekerasan kosong dan fanservice berlebihan yang segera kehilangan pengaruhnya. Serial ini lebih seperti saluran untuk memamerkan karakter ceweknya ketimbang menampilkan horornya.

3. Berserk versi 2016

10 Anime Kontroversial Ini Mulai Ditinggalkan Penggemar

Foto: Polygon

Ketika Berserk kembali lewat trilogi film Busur Era Keemasan, penggemar sangat senang bisa menonton cerita balas dendam Guts dianimasikan. Pada 2016, anime Berserk pun diumumkan. Tapi, setelah hanya satu episode, penggemar sadar kalau Berserk baru ini adaptasi yang mengerikan dan salah satu anime terjelek di sepanjang sejarah.

Animasi CGI Berserk adalah salah satu penggunaan teknik digital terjelek di anime. Serial ini juga merupakan adaptasi busur terpanjang di manga yang diringkas dengan sangat mengerikan. Anime Berserk versi 2016 itu sangat jelek sampai mengacaukan reputasi salah satu serial fantasi gelap terbaik yang pernah ada.

2. The Promised Neverland

10 Anime Kontroversial Ini Mulai Ditinggalkan Penggemar

Foto: CBR

Ketika season pertama The Promised Neverland berakhir, penggemar yang bersuka cita yakin kalau anime itu ditakdirkan untuk menjadi klasik modern. Anime itu adalah adaptasi manga mendebarkan yang dianimasikan dan ditulis dengan baik. Tapi, sebelum setengah season 2 selesai, serial itu telah mengukuhkan dirinya sebagai salah satu anime paling jelek sepanjang masa.

Season kedua serial itu bahkan berhenti berusaha mengadaptasi manga-nya sebelum bagian tengahnya. Plot dan karakterisasi yang sebelumnya menarik berubah menjadi cerita yang umum dan terburu-buru. Penggemar jadi bingung dan marah dengan turunnya kualitas itu. Sekarang, mereka bahkan tidak mau mengakui kalau anime itu pernah ada.



1. Boruto: Naruto Next Generations

10 Anime Kontroversial Ini Mulai Ditinggalkan Penggemar

Foto: SportsKeeda

Sekuel yang berfokus pada anak-anak karakter yang sebelumnya terkenal sudah menjadi pendekatan populer di dunia fiksi. Anak-anak itu diuji dengan cara yang sama yang membuat orang tuanya menjadi legenda. Tapi, Boruto: Naruto Next Generations bukan seperti itu. Follow up Naruto: Shippuden itu dianggap memalukan dan tidak punya titik awal bagi penggemar baru.

Boruto terlalu tersesat di masa lalu Naruto. Sekuel itu terus mengulang hal-hal terbaik pendahulunya tanpa memberikan arti yang lebih dalam. Makanya, serial itu terasa malas. Animasi dan penulisan serial itu pun jadi lebih buruk seiring berjalannya waktu. Boruto adalah versi sekuel terburuk yang pernah ada.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1540 seconds (0.1#10.140)