10 Anime Kontroversial Ini Mulai Ditinggalkan Penggemar

Kamis, 03 Agustus 2023 - 09:27 WIB
loading...
10 Anime Kontroversial Ini Mulai Ditinggalkan Penggemar
Sejumlah anime menjadi kontroversi karena faktor tertentu. Saking kontroversialnya, anime itu mulai kehilangan penggemar karena mereka tidak mau menontonnya. (Foto: We Got This Covered)
A A A
Anime sering kali menimbulkan kontroversi. Bahkan, pada anime populer sekali pun, kontroversi ini tidak pernah lepas. Entah dari cerita, visual, atau bahkan filler, apa pun bisa menjadi perdebatan di antara para penggemar.

Tapi, sejumlah anime mainstream bisa selamat dari kontroversi ini. Sebenci-bencinya penggemar terhadap serial itu, mereka masih enggan meninggalkan anime itu karena banyak faktor. Makanya, serial seperti ini pun tidak pernah takut ditinggalkan penggemar.

Meski begitu, ada sebagian anime kontroversial yang bikin penggemar alergi menontonnya. Dari ceritanya yang terlalu biasa, visualnya yang jelek, sampai hal-hal yang tidak diduga di dalamnya, anime ini sulit mendapatkan cinta penggemarnya. Alih-alih, penggemar meninggalkan anime itu dan lupa kalau mereka pernah ada. Apa saja anime kontroversial yang ditinggalkan penggemarnya? Mengutip CBR, simak ulasannya berikut!



10. Happy Sugar Life

10 Anime Kontroversial Ini Mulai Ditinggalkan Penggemar

Foto: Amazon.com

Banyak asumsi tentang anime membuat orang tidak mau menonton media ini. Happy Sugar Life adalah thriller psikologi gelap dan mendalam. Tapi, serial in membawa audiensnya ke wilayah tidak nyaman yang nyaris memvalidasi kesan negatif dan stereotip terhadap anime.

Serial ini berkisah tentang Satou, seorang siswi SMA yang akan melakukan apa pun demi melindungi seorang cewek polos bernama Shio. Satou bahkan tidak segan membunuh orang kalau memang diperlukan. Obsesi Satou terhadap Shio hanya terus mengerikan di sepanjang 12 episode anime ini. Penggemar masih mendebatkan apakah serial ini layak ditonton.

9. Aldnoah.Zero

10 Anime Kontroversial Ini Mulai Ditinggalkan Penggemar

Foto: Nefarious Reviews

Secara konsep, Aldnoah.Zero seharusnya bisa menjadi klasik modern. Serial ini dianimasikan A-1 Pictures dengan ditulis Gen Urobuchi dan musiknya dibuat Hiroyuki Sawano. Ke-12 episode pertama serial ini melampaui ekspektasi penonton, tapi season 2-nya mengubah penonton setia menjadi hater.

Season pertama serial ini berakhir dengan banyak kematian utama dan status quo baru. Tapi, ketika season 2 dimulai, terungkap kalau semua karakter yang sudah mati itu ternyata masih hidup. Dekonstruksi itu memberikan cara penceritaan robot super yang biasa saja. Penggemar menganggapnya sebagai pengkhianatan dan menyebut serial itu menjadi salah satu anime terburuk dalam sejarah.

8. Darling in the FranXX

10 Anime Kontroversial Ini Mulai Ditinggalkan Penggemar

Foto: Anime-Planet

Genre mecha adalah satu area paling banyak cerita di anime. Genre ini selalu disambut ketika sebuah serial muncul dan melakukan sesuatu yang benar-benar baru. Darling in the FranXX mulai dengan janji dan potensi itu. Sayangnya, serial ini terjun bebas sehingga sulit diterima.

Anime ini berlatar di dunia nihilistis di mana anak-anak dijadikan umpan meriam. Tapi, masih ada setitik harapan bagi pilot mecha ini. Serial ini punya final sinis yang memaksa penontonnya untuk mengira-ira apa poinnya. Finale suram seperti ini bisa mengecewakan penonton.

7. Ex-Arm

10 Anime Kontroversial Ini Mulai Ditinggalkan Penggemar

Foto: IMDb

Ex-Arm menarik banyak ide dan klisenya dari anime sci-fi dan dystopian terbaik. Di serial ini, Akira Natsume terbangun dari komanya selama 16 tahun dan menemukan dirinya dengan kemampuan yang ditingkatkan secara mekanik, tapi terpisah dari otaknya. Serial ini tidak kekurangan ide sci-fi yang menarik. Tapi, penulisannya yang sembrono dan animasinya yang jelek sudah lebih dari cukup mengalahkan kualitas baiknya.

Banyak anime yang secara visual mampu memecah fondasi baru dengan artistrinya yang bagus. Tapi, serial ini memperkuat ide kalau banyak anime di bawah standar bisa eksis meski mereka hanya punya cerita dan visual yang berguna. Serial ini segera menjadi salah satu anime terjelek di era modern berkat ceritanya yang umum dan animasi digitalnya yang jelek.

6. Sword Art Online

10 Anime Kontroversial Ini Mulai Ditinggalkan Penggemar

Foto: Anime Corner

Sword Art Online adalah salah satu serial isekai populer dari beberapa puluh tahun silam, terutama di antara cerita yang berlatar di MMORPG. Serial ini berawal di tempat yang sederhana. Tapi, secara pelan-pelan memperburuk penceritaannya dan penggambaran karakter utamanya, Kirito.

Serial ini juga menampilkan adegan kekerasan yang tidak diduga dan memicu emosi yang terasa tidak pas dalam cerita seorang gamer. Audiens seharusnya tidak perlu khawatir dengan adegan yang dipertanyakan dan problematik yang mengganggu petualangan fantasi itu. Tapi, itulah rasanya menonton serial ini.

5. Rent-A-Girlfriend

10 Anime Kontroversial Ini Mulai Ditinggalkan Penggemar

Foto: USA Today
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2090 seconds (0.1#10.140)