Fakta vs Fiksi: Seakurat Apakah Cerita Film Oppenheimer?

Selasa, 25 Juli 2023 - 08:02 WIB
loading...
A A A

5. Fakta: Oppenheimer Tidak Pernah Mengungkapkan Penyesalannya Atas Bom Itu di Hadapan Publik

Fakta vs Fiksi: Seakurat Apakah Cerita Film Oppenheimer?

Foto: Giant Freakin Robot

Di film, Strauss mengatakan, Oppenheimer akan melakukannya lagi dan tidak pernah mengatakan menyesal pernah menjatuhkan bom atom itu. Menurut Wellerstein, itu memang benar. Oppenheimer tidak pernah mengungkapkan penyesalan itu secara terbuka.

Tapi, Wellerstein mengatakan, Oppenheimer memang menyesal karena gagal menghentikan perlombaan senjata. Dia menyesali apa yang terjadi selanjutnya. Dia melakukan banyak hal untuk berusaha dan menghindari itu.

6. Fiksi: Oppenheimer Tetap Anti-Bom Atom

Fakta vs Fiksi: Seakurat Apakah Cerita Film Oppenheimer?

Foto: SyFy

Di film, Roger Robb, penasihat khusus di sidang keamanan Oppenheimer mempertanyakan posisi berseberangan Oppenheimer terhadap bom hidrogen. Oppenheimer memang mendukung riset Teller dan kemudian berubah pikiran. Ada sejumlah alasan mengapa Oppenheimer enggan terhadap bom itu, termasuk terbatasnya sumber daya untuk pengembangan senjata setelah perang.

“Dia tidak mengatakan, jangan membuat senjata,” kata Wellestein. Alih-alih, menurut Wellerstein, Oppenheimer mengajak membuat senjata yang sudah ada dan tidak membuang-buang materi pada senjata yang mungkin tidak bekerja.

7. Fakta: Badai Besar Menunda Uji Coba Trinity

Fakta vs Fiksi: Seakurat Apakah Cerita Film Oppenheimer?

Foto: consequence.net

Gambaran hujan badai lebat di film Oppenheimer ketika para ilmuwan dan militer mempersiapkan Uji Coba Trinity bukanlah rekaan. Uji coba itu dijadwalkan dilakukan pada pukul 04.00 dan diundur 1,5 jam karena cuaca. Dan, ini memang benar adanya.

Di film, Oppenheimer memprediksi kalau badai itu akan berlalu. Tapi, di tempat itu, ada tim meteorologi yang dipimpin Jack Hubbard. Di kehidupan nyata, Jack mengatakan hal yang sama. Letnan Jenderal Leslie Groves diduga mengancam menggantung Jack kalau ramalan cuacanya salah. Untungnya, langitnya memang cerah saat itu.

8. Fiksi: Oppenheimer Disingkirkan karena Memikirkan Dampak Jangka Panjang Bom Atom

Fakta vs Fiksi: Seakurat Apakah Cerita Film Oppenheimer?

Foto: The Hollywood Reporter

Oppenheimer membangun karakter utamanya agak seperti lone wolf atau petarung solo. Dia tampil sendirian dalam pertemuan yang mempertanyakan implikasi jangka panjang senjata nuklir. Padahal, kenyataannya tidak seperti itu.

Oppenheimer memang berperan dalam menyarankan senjata itu. Tapi, itu diterima dengan baik. Orang lain juga punya ide yang sama dan banyak orang menganggapnya secara serius di level tertinggi pemerintah. Menteri Perang Henry Stimson yang mengungkapkan kekhawatiran itu kepada Presiden Harry Truman.



9. Fakta: Suara Bom Muncul Agak Lama setelah Ledakan di Uji Coba Trinity

Fakta vs Fiksi: Seakurat Apakah Cerita Film Oppenheimer?

Foto: Vulture

Film ini menciptakan ulang Uji Coba Trinity dengan api dan bumbungan asap. Cillian Murphy kemudian menirukan ucapan Oppenheimer yang mengutip kata-kata Bhagavad Gita. “Sekarang, akulah kematian, penghancur dunia,” katanya.

Setelah itu, ada kesunyian mencekam. Lalu terjadilah gelombang ledakan yang menjatuhkan sejumlah orang dan ledakan besar. Kemudian, ada kesunyian lagi setelah bom itu meledak. “Akhirnya, setelah sekitar 1,5 menit, tiba-tiba ada suara keras—DOR—dan lalu gemuruh seperti petir,” kenang fisikawan Richard Feynman yang terlibat dalam uji coba tersebut.
(alv)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2192 seconds (0.1#10.140)