10 Film Action Termahal yang Paling Enggak Laku di Bioskop

Minggu, 23 Juli 2023 - 12:42 WIB
loading...
A A A
Jauh sebelum ada Pirates of the Caribbean, ada Cutthroat Island. Film action petulangan ini berkisah tentang para perompak yang berlomba-lomba menemukan sebuah pulau tersembunyi dan harta karun di sana. Film itu menghadapi masalah produksi yang termasuk penulisan ulang dan casting ulang.

Tapi, masalah aslinya datang setelah penayangan perdana film itu. Cutthroat Island dicaci maki atas narasinya yang lemah, akting buruk, dan aksi murahan. Film itu hanya mendapatkan USD10 juta di box office dari anggaran USD98 juta. Studio pembuatnya, Carolco Pictures, langsung bangkrut dan tutup setelah menderita kerugian hingga USD187 juta. Akibatnya, Hollywood takut membuat film tentang bajak laut lagi sampai Kapten Jack Sparrow hadir.

4. Mortal Engines — 2018

10 Film Action Termahal yang Paling Enggak Laku di Bioskop

Foto: Polygon

Mortal Engines adalah film action steampunk yang diangkat dari novel berjudul sama. Hak film itu dibeli Peter Jackson, yang sukses menukangi trilogi The Lord of the Rings. Tapi, Peter dan timnya tidak mampu menangkap kembali keajaiban film.

Mortal Engines dipuji atas efek visualnya yang mengesankan. Tapi, hanya itu. Cerita dan eksekusinya dikritik, dan kontennya tidak cukup menarik penonton film. Film itu akhirnya jeblok dengan hanya meraup USD83,7 juta dari anggaran USD100 juta. Universal Pictures rugi hingga USD189 juta di box office.

3. The 13th Warrior — 1999

10 Film Action Termahal yang Paling Enggak Laku di Bioskop

Foto: Collider

Pada 1999, novel Michael Crichton, Eaters of the Dead, diadaptasi menjadi film berjudul The 13th Warrior. Film itu disutradarai John McTiernan dengan Antonio Banderas sebagai bintang utamanya. Film ini menjanjikan menjadi film action wahid. Sayang, film ini mengecewakan sampai salah satu aktor pendukungnya, Omar Sharif, pensiun dari dunia akting.

Film ini dibuat dengan dana USD160 juta dan hanya mampu meraup USD61,7 juta di box office. Disney merugi hingga USD210 juta. Meski tidak laku, film ini sebenarnya punya sisi positif seperti setting-nya yang mengesankan, atmosfirnya, dan asyik meski penggambaran Viking-nya kurang akurat.

2. The Lone Ranger — 2013

10 Film Action Termahal yang Paling Enggak Laku di Bioskop

Foto: USA Today

The Lone Ranger telah menjadi salah satu ikon Amerika setelah menjadi serial radio pada 1930-an. Sejak saat itu, dia muncul di berbagai bentuk dari novel, komik, serial televisi, sampai film. Pada 2013, Disney berusaha menghidupkan koboi bertopeng ini ke layar lebar. Dan, gagal.

Film ini nyaris dibatalkan karena dananya membengkak dan masalah produksi lainnya. Andaikan Disney mau membatalkannya, mereka tentu tidak akan menderita kerugian besar. Dibuat dengan dana USD250 juta, film ini meraup USD260,5 juta di box office. Disney menderita kerugian hingga USD221 juta. Ironisnya, ini terjadi setahun setelah studio itu rugi besar akibat John Carter.



1. John Carter — 2012

10 Film Action Termahal yang Paling Enggak Laku di Bioskop

Foto: Vulture

Bersama The Lone Ranger, John Carter akan dikenang sebagai salah satu film yang selalu masuk daftar film paling jeblok sepanjang masa. Film yang diangkat dari novel Barsoom ini seharusnya menjadi film pertama dari serial film petulangan seorang Veteran Perang, yang dikirim ke Mars. Disney berharap bisa memulai franchise baru lewat film ini.

Studio itu bahkan menggelontorkan dana besar hingga USD306,6 juta untuk film yang dibintangi Taylor Kitsch itu. Angka itu sudah membuat John Carter menjadi salah satu film termahal yang pernah dibuat. Tapi, film ini menjadi salah satu film paling jeblok dengan hanya meraup USD284,1 juta di box office. Disney rugi hingga USD236 juta. Bos Walt Disney Studios saat itu, Rich Ross, mundur setelah kegagalan film ini.
(alv)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1741 seconds (0.1#10.140)