CERMIN: Oppenheimer dan Bagaimana Seharusnya Film Biopik Dibuat

Jum'at, 21 Juli 2023 - 13:25 WIB
loading...
A A A
Atau membuat film biopik tentang Kartini yang menyuarakan keras pemikirannya soal pengetahuan dan modernitas Barat yang dibawa oleh kolonialis Belanda, yang dianggapnya bisa menghapuskan tradisionalisme Jawa dan membebaskan perempuan Jawa.



“Orang menganggap penuh ‘omong-kosong’ terhadap buku-buku yang datang dari Barat .. Pendapat orang tadi tidak seluruhnya betul. Bukan hanya buku-buku yang membuat anak gadis itu .. benci akan keadaan yang sejak zaman dahulu kala telah ada dan merupakan azab bagi semua kaum yang bernama perempuan. Keinginan terhadap kebebasan, berdiri sendiri dan kemerdekaan, bukan baru-baru saja .. Keadaan dalam lingkungan yang langsung dan tidak langsunglah yang menumbuhkannya.”

Saya yang telah menyiapkan membuat film biopik tentang pahlawan sepak bola asal Sulawesi Selatan, Ramang, sejak tahun 2012 seperti mendapat pencerahan usai menyaksikan Oppenheimer. Saya membayangkan filmnya akan dimulai dari bagaimana Ramang dituduh terlibat dalam Skandal Senayan yang membuat harga diri dan hidupnya terpuruk bertahun-tahun setelahnya.


Oppenheimer
Produser: Christopher Nolan, Charles Roven, Emma Thomas
Sutradara: Christopher Nolan
Penulis Skenario: Christopher Nolan
Pemain: Cillian Murphy, Robert Downey Jr, Emily Blunt

Ichwan Persada
Sutradara/produser/penulis skenario, pernah menjadi dosen di Universitas Padjajaran dan SAE Institute, bisa dikontak via Instagram @ichwanpersada
(ita)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2150 seconds (0.1#10.140)