Begini Urutan Menonton Insidious yang Benar sebelum The Red Door

Selasa, 11 Juli 2023 - 09:02 WIB
loading...
Begini Urutan Menonton Insidious yang Benar sebelum The Red Door
Insidious: The Red Door disebut akan menutup rangkaian kisah yang sudah lebih dari 10 tahun disajikan franchise horor ini. Urutan menontonnya pun jadi penting. (Foto: Bloody Disgusting)
A A A
Insidious: The Red Door akan tayang di Indonesia besok, Rabu (12/7). Film ini disebut menutup rangkaian kisah horor yang sudah dimulai sejak 2011 ini. Bagi penggemarnya, akan sulit untuk melewatkan film kelima di franchise horor buah karya James Wan dan Leigh Whannell ini.

Sejak dimulai pada 2011, Insidious telah memberikan rangkaian cerita yang saling terkait satu sama lain. Film ini mengisahkan tentang tantangan mengerikan yang harus dihadapi sepasang suami istri yang harus membela anak mereka dari kekuatan gaib jahat yang memasuki rumah mereka. Franchise ini mengikuti kisah keluarga Lambert dan investigator paranormal Elise Rainer lewat dunia paranormal, terawangan “orang pintar”, dan lini masa franchise yang tidak tradisional.

Bagi mereka yang suka menonton film secara berurutan, menonton film sesuai tanggal rilisnya bisa bikin pusing. Sehingga, menonton Insidious secara kronologis atau urutan kisahnya akan lebih memudahkan penonton memahami plot ceritanya. Butuh usaha memang, tapi ini akan lebih memuaskan. Jadi, bagaimana urutan menonton Insidious yang benar sebelum The Red Door tayang? Simak urutannya berikut!



1. Insidious: Chapter 3

Begini Urutan Menonton Insidious yang Benar sebelum The Red Door

Foto: Variety

Insidious: Chapter 3 dirilis pada 2015. Tapi, film inilah yang sebenarnya memulai seluruh cerita di franchise ini. Film ini berfokus pada Quinn Brenner, seorang cewek yang berusaha mengontak mendiang ibunya. Alih-alih, dia malah berurusan dengan semua monster mengerikan, yaitu The Man Who Can’t Breathe. Ayah Quinn meminta bantuan Elise. Awalnya, dia menolak karena tidak mau masuk The Futher di mana dia yakin diburu The Bride in Black.

Dia kemudian bertemu Specs dan Tucker. Bertiga, bersama mendiang ibu Quinn, mereka mengalahkan monster itu. Elise memutuskan meneruskan kerja sama dengan Specs dan Tucker. Adegan akhir film itu menampilkan The Lipstick-Face Demon menemui Elise, yang menyinggung pertarunga akhirnya dengan entitas jahat itu di Insidious pertama. Insidious: Chapter 3 bisa ditonton di CatchPlay+.

2. Insidious: The Last Key

Begini Urutan Menonton Insidious yang Benar sebelum The Red Door

Foto: Thrillist

Insidious: The Last Key adalah film keempat franchise ini yang dirilis pada 2018. Film ini mengikuti kisah Elise saat masih kecil. Elise kali pertama bertemu iblis ketika dia ditipu sehingga merilis KeyFace ke dunia. Monster itu membunuh ibu dan merasuki ayahnya sehingga dia menjadi pembunuh berantai. Puluhan tahun kemudian, Elise kembali ke rumah masa kecilnya setelah KeyFace mulai meneror kakak dan dua anaknya, Imogen dan Melissa.

Elise kembali ke The Further dan diserang KeyFace. Untungnya, dia diselamatkan Imogen. Ketika berusaha mencari roh Melissa di The Further, Elisa tanpa sengaja membuka pintu rumah keluarga Lambert dan melihat Dalton. Pintu antara The Further dan dunia nyata itu kemudian tetap terbuka, yang membangun peristiwa di film pertama Insidious. Tapi, Elise berhasil menyelamatkan Melissa. Insidious: The Last Key bisa ditonton di CatchPlay+.

3. Insidious

Begini Urutan Menonton Insidious yang Benar sebelum The Red Door

Foto: IMDb

Insidious adalah film pertama di franchise ini dan dirilis pada 2011. Film ini sebenarnya lanjutan dari Insidious 4. Karena tindakan Elise di The Last Key, keluarga Lambert yang terdiri atas Josh, Renai, Dalton, Foster, dan Cali dihantui The Lipstick Face Demon. Dalton, yang tidak tahu bisa proyeksi astral, pergi ke The Further saat tidur dan rohnya dijebak di sana oleh The Lipstick-Face Demon.

Josh yang punya kemampuan yang sama pergi ke The Further untuk menyelamatkan Dalton. Tapi, Josh tidak tahu kalau ingatan masa kecilnya sudah ditekan untuk melindunginya dari The Bride in Black. Josh berhasil membawa pulang Dalton. Tapi, Elise melihat ada yang salah dengan Josh. Ketika berfoto bareng, dia sadar kalau Josh dirasuki The Bride in Black. Elise tewas dicekik Josh yang dirasuki itu.

4. Insidious: Chapter 2

Begini Urutan Menonton Insidious yang Benar sebelum The Red Door

Foto: The Hollywood Reporter

Insidious: Chapter 2 dirilis pada 2013 dan terjadi beberapa saat setelah film pertama dengan Josh diinvestigasi atas pembunuhan Else. Sepertinya, dia tidak ingat dirasuki dan keluarga Lambert pindah ke rumah ibunya. Tapi, mereka tetap dihantui. Sekuel ini menampilkan kaitan antara Elise dan keluarga Lambert di masa lalu. Pada 1986, Elise membantu keluarga Lambert dengan melindungi Josh dari The Further dan menekan kemampuannya.

Specs dan Tucker melihat kasus ini dan menonton video dengan Josh dewasa berdiri di belakang Josh di video itu. Dengan bantuan mantan kolega Elise, Specs dan Tucker mengontak roh Elise yang membawa mereka ke pembunuh berantai bernama Parker Crane. Di The Further, roh Josh berkomunikasi dengan dirinya yang masih kecil. Dia lantas bisa menemukan roh Parker dan tahu penyebab mengapa dia membunuh. Josh dan Dalton kemudian meminta agar ingatan mereka kembali ditekan. Insidious: Chapter 2 bisa ditonton di CatchPlay+.



5. Insidious: The Red Door

Begini Urutan Menonton Insidious yang Benar sebelum The Red Door

Foto: ComingSoon.net

Insidious: The Red Door adalah seri terbaru dan terakhir franchise ini yang akan tayang di Indonesia besok, Rabu (12/7). Film ini berlatar 9 tahun setelah Insidious: Chapter 2. Di The Red Door, Dalton dan Josh kembali menghadapi iblis yang terus menghantui mereka dari The Further.

Film ini akan membawa penonton ke masa lalu Josh dan Dalton. Selain itu, film ini juga menyoroti hubungan ayah dan anak itu. Apa pun yang terjadi selama 9 tahun setelah Insidious: Chapter 2 akan dieksplorasi di film ini.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1134 seconds (0.1#10.140)