Siapakah Satoru Gojo, Kekuatan, dan Kelemahannya di Jujutsu Kaisen?

Kamis, 06 Juli 2023 - 14:36 WIB
loading...
Siapakah Satoru Gojo, Kekuatan, dan Kelemahannya di Jujutsu Kaisen?
Satoru Gojo adalah salah satu karakter paling populer di Jujutsu Kaisen. Dia akan menjadi fokus utama cerita di dua busur yang diadaptasi di season 2 anime-nya. (Foto: Game Rant)
A A A
Satoru Gojo langsung menarik perhatian pencinta anime ketika tampil di menit awal Jujutsu Kaisen episode 1. Tampil dengan rambut putih dan penutup mata, penonton jatuh cinta dengan sikap santainya dan juga kekuatannya yang luar biasa. Tak pelak, dia pun melejit menjadi salah satu karakter paling populer, tak hanya di Jujutsu Kaisen, tapi juga seluruh penjuru anime.

Satoru adalah pria ramping dengan tinggi hingga 190 cm. Dia selalu memakai seragamnya sebagai guru di SMA Jujutsu Tokyo. Jarang sekali dia terlihat mengenakan baju lain meskipun dia punya selera baju yang mahal. Dia selalu terlihat penuh percaya diri dan santai.

Namun, masih banyak sisi dari dirinya yang belum terungkap, baik di anime dan manga. Secuil kisah hidupnya akan terungkap di busur Masa Lalu Satoru Gojo yang diadaptasi di Jujutsu Kaisen season 2. Meski begitu, masih banyak misteri yang menyelubunginya. Jadi, siapakah Satoru Gojo? Simak ulasannya berikut!



1. Siapakah Satoru Gojo?

Siapakah Satoru Gojo, Kekuatan, dan Kelemahannya di Jujutsu Kaisen?

Foto: IGN

Satoru adalah penyihir terkuat di Jujutsu Kaisen hingga saat ini. Dia terlahir di tengah klan Gojo, salah satu klan penyihir paling berpengaruh di serial itu, pada 7 Desember 1989. Kelahiran Satoru bahkan mampu mengubah keseimbangan kekuatan. Dia bahkan menjadi target pemburu hadiah setelah imbalan ditempatkan di kepalanya.

Satoru tidak punya kisah asal usul yang jelas. Manga-nya memulai salah satu arc karakternya di Masa Lalu Satoru Gojo yang berfokus pada masa ketika Satoru duduk di kelas 2 SMA Jujutsu Tokyo. Meski begitu, busur itu cukup menggambarkan kepribadian Satoru yang masih bertahan sampai sekarang.

Satoru adalah pribadi yang rumit. Dia biasanya terlihat cuek dan santai terhadap murid, teman dekat, dan koleganya. Tapi, dia jadi tidak simpatik dan kejam terhadap para petinggi di dunia Jujutsu. Ini karena dia tidak suka dengan status quo dan ingin mengubah dunia jujutsu dari bawah lewat pendidikan.

Selain itu, dia juga sangat percaya diri terhadap kemampuan dan reputasinya sebagai penyihir kuat. Dia juga sering menialai orang lain dari kekutan dan cukup apatis terhadap orang yang dia anggap lemah. Terpengaruh atas hasratnya terhadap kekuatan, Satoru jadi terlihat arogan.

Meski selalu ingin memenangkan setiap pertarungan dan tidak simpatik terhadap lawannya, Satoru selalu berusaha menghindari korban jiwa dari orang-orang yang tidak bersalah. Dia juga bisa merasakan kesedihan yang luar biasa ketika orang terdekatnya meninggal dunia.

Terlepas dari sikapnya yang tengil dan arogan, Satoru adalah orang yang sangat perhatian kepada orang-orang terdekatnya. Dia selalu mengkhawatirkan keselamatan mereka dan berusaha melindungi mereka. Dia tidak akan segan bertindak kalau ada yang ingin melukai anak didiknya.

2. Satoru Gojo dan Penutup Mata

Siapakah Satoru Gojo, Kekuatan, dan Kelemahannya di Jujutsu Kaisen?

Foto: Game Rant

Salah satu fitur paling menonjol pada diri Satoru, selain rambut putihnya adalah penutup mata. Di awal serial ini, Satoru diperkenalkan memakai penutup mata hitam. Tapi, dia juga kadang tampil dengan kacamata hitam, paling sering berbentuk bulat. Dia hanya membuka penutup mata itu kalau situasi memang membutuhkannya.

Tentu ada alasan mengapa Satoru selalu menutupi matanya. Dia adalah satu-satunya penyihir yang lahir dengan kemampuan bawaan berupa Rikugan atau Mata Enam dam Mukagen dalam 400 tahun terakhir. Dia menutup matanya untuk mengurangi pengaruh kekuatan itu.

Rikugan adalah mata yang bisa melihat energi kutukan dengan sangat detail. Karenanya, Satoru bisa mengelani benda tanpa energi kutukan melalui residu dan aliran energi kutukan. Akibatnya, dia akan menjadi mudah lelah kalau tidak memakai penutup mata karena penglihatan itu menguras energinya.

Dengan menggunakan penutup mata atau kacatama hitam, Satoru bisa menulikan banyak kekuatan dan intensitas kemampuan itu. Di sisi lain, Satoru bisa merasakan semuanya, bahkan di luar penutup matanya. Ini karena kekuatannya membuat indera dan persepsinya terasa seperti sesuatu yang mirip dengan thermografi. Penutup mata dan kacamata hitam Satoru juga dibuat khusus. Kalau benda itu dipakai orang biasa, mereka tidak akan bisa melihat apa-apa selain kegelapan.

3. Kekuatan dan Kemampuan Satoru Gojo

Siapakah Satoru Gojo, Kekuatan, dan Kelemahannya di Jujutsu Kaisen?

Foto: ComicBook.com

Bahkan di antara penyihir kelas khusus, Satoru dikenal sebagai penyihir terkuat di serialnya itu. Dia punya cadangan energi kutukan yang besar dan teknik yang sangat berbahaya. Sampai saat ini, kecuali Sukuna, tidak ada yang bisa menandingi kesaktian Satoru.

Satoru punya kendali luar biasa atas energi kutukannya. Selain punya Rikugan dan teknik kutukan Mukagen, Satoru juga punya Teknik Kutukan Terbalik, yang dipakai penyihir untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Dia juga bisa melepaskan teknik Kilat Hitam, metode serangan yang memperkuat serangan energi kutukan dalam sepersejuta detik dan melepaskan kekuatan menghancurkan pada lawan.

Sebagai keturunan klan Gojo, Satoru juga mewarisi segudang teknik kuat. Seperti, Mukagen, Mugen, Jutsushiki Junten – Ao, Jutsushiki Junten – Ao, Jutsushiki Hanten – Aka, dan Kiyoshiki – Murakami. Semua teknik ini punya pukulan yang sangat kuat dan memperkuat serangan Satoru hingga level menghancurkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0813 seconds (0.1#10.140)