4 Dunia Roh Paling Penting yang Eksis di Dunia Bleach

Selasa, 04 Juli 2023 - 20:55 WIB
loading...
4 Dunia Roh Paling Penting yang Eksis di Dunia Bleach
Kosmologi semesta Bleach bisa jadi cukup rumit. Di semesta tersebut, ada banyak dunia yang dihuni makhluk dengan kemampuan, penampakan, dan jenis berbeda. (Foto: Bleach Wiki - Fandom)
A A A
Bleach adalah sebuah serial dengan pembangunan dunia yang mengagumkan. Di serial ini, kematian hanyalah sebuah awal. Roh-roh makhluk yang telah terlepas dari raga itu bisa berakhir di dunia yang berbeda.

Dunia-dunia alternatif ini beroperasi dengan peraturan mereka sendiri. Mereka juga bisa saling berinteraksi satu sama lain dengan cara yang menarik. Ichigo dan teman-temannya menemukan dunia roh ini seiring berjalannya cerita.

Sampai saat ini, ada empat dunia roh utama yang diungkap di serial ini. Meski begitu, masih ada sejumlah dimensi kantong lebih kecil yang kadang muncul. Dunia roh ini adalah tempat yang mengagumkan dan dikembangkan dengan baik. Apa saja empat dunia roh penting di Bleach? Mengutip Screen Rant, berikut ulasannya!



1. Soul Society

4 Dunia Roh Paling Penting yang Eksis di Dunia Bleach

Foto: Bleach Wiki – Fandom

Soul Society adalah dunia roh yang sering terlihat di serial ini. Itu adalah tempat di mana para Plus—roh manusia yang baik—berada ketika mereka mati. Tempat itu juga merupakan tempat di mana Shinigami dan makhluk spiritual lain berada. Soul Society adalah tempat yang sangat besar, dengan sebagian besar aksi di Bleach berfokus di Seireitei dan kota di sekelilingnya.

Kehidupan di Soul Society mirip di bumi, kecuali tidak ada orang yang bisa mati karena hal-hal seperti kelaparan. Soul Society punya keluarga kaya dari garis keturunan terhormat dan permukiman kumuh yang diduduki yang termiskin, seperti terlihat di cerita latar Rukia. Semua di Soul Society dibuat dari Reishi, atau partikel roh, yang berseberangan dengan materi biasa.

Karena ini adalah rumah Shinigami, pentingnya Soul Society cukup jelas. Seseorang bisa mencapai Soul Society dengan berbagai cara. Bagi seorang Plus, seorang Shinigami bisa melakukan ritual Konso, yang mengirim mereka ke sana secara langsung. Bahkan kesalahan Hollow bisa dimaafkan lewat ritual ini. Tapi, itu hanya bagi mereka yang melakukannya setelah menjadi Hollow.

Shinigami punya sarana khusus untuk pindah di antara dunia. Mereka menggunakan Kupu-Kupu Neraka untuk membuka portal yang dirujuk sebagai Senkaimon. Mereka yang tidak punya izin juga berpotensi memasuki Soul Society lewat kawasan perbatasan yang dikenal sebagai Dangai.

2. Hueco Mundo

4 Dunia Roh Paling Penting yang Eksis di Dunia Bleach

Foto: Bleach Wiki – Fandom

Hueco Mundo adalah dunia Hollow, tanah malam abadi dan bergurun. Tempat ini terletak di antara Dunia Manusia dan Soul Society. Lokasinya yang paling dikebal adalah Los Noches, ibu kota Hueco Mundo dan satu-satunya tempat dengan struktur semacamnya.

Hidup di Hueco Mundo itu mengerikan. Hollow memangsa satu sama lain seperti yang mereka lakukan terhadap manusia. Hollow yang mendapatkan kekuatan dengan cara ini bisa menjadi Arrancar, roh mirip manusia dengan kemampuan Hollow dan Shinigami.

Sebagian besar roh yang terakhir di Hueco Mundo punya penyesalan besar dalam hidup yang membuat mereka tidak bisa pergi ke Soul Society. Pelan-pelan, mereka berubah dari Plus menjadi Hollow, seperti terlihat pada kakak Orihime. Hollow bisa berpindah antardunia dengan membuka portal yang dikenal sebagai Garganta.

Portal itu membuat Hollow bisa memindahkan kehampaan di antara dunia itu dengan relatif mudah. Portal ini bisa membawa mereka ke Soul Society, meski sebagian besar Hollow yang mampu cukup pintar untuk tidak melakukannya. Hueco Mundo adalah dunia yang kaya energi roh, yang membuat Hollow terlemah pun bisa bertahan hidup tanpa akses ke manusia.

3. Neraka

4 Dunia Roh Paling Penting yang Eksis di Dunia Bleach

Foto: Bleach Wiki – Fandom

Neraka adalah dunia khusus bagi jiwa-jiwa paling hina. Mereka jahat saat menjadi manusia dan dikirim ke Neraka sebagai hukuman. Arrancar dan Shinigami juga bisa berakhir di Neraka kalau kekuatan mereka terlalu besar atau dosa mereka terlalu banyak.

Tidak banyak yang diketahui tentang Neraka. Tempat itu menjadi fokus di film keempat Bleach, Hellverse, tapi film itu secara kanon diragukan. Di kanon, Neraka adalah tempat Hollow langka yang dikenal sebagai Monster Neraka, yang tidak menghilangkan tekanan roh dan sangat berbahaya.

Ketika satu makhluk dikirim ke Neraka, dua pintu besar muncul, masing-masing pintu ada tengkoraknya. Begitu pintu itu terbuka, roh yang melanggar ditarik ke dalamnya. Tak seperti dunia lain, mustahil bagi siapa pun, bahkan Shinigami sekalipun, pergi ke Neraka dan kembali seenaknya.

Begitu satu roh masuk Neraka, hampir mustahil bagi mereka untuk pergi, setidaknya untuk beberapa waktu. Lingkungan Neraka bisa menyebabkan perubahan radikal bagi roh yang memasukinya, dengan mengubah penampakan dan kemampuan mereka secara signifikan. Sementara roh di Soul Society pada akhirnya bereinkarnasi di bumi, roh di Neraka tidak punya peluang kedua, mereka keluar dari siklus reinkarnasi selamanya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2827 seconds (0.1#10.140)