16 Fakta Osamu Dazai, Karakter Paling Rumit di Bungou Stray Dogs

Minggu, 25 Juni 2023 - 06:40 WIB
loading...
A A A

11. Kemampuan Dazai Selalu Aktif

16 Fakta Osamu Dazai, Karakter Paling Rumit di Bungou Stray Dogs

Foto: Twitter

Dazai punya salah satu kemampuan terkuat di serial ini, No Longer Human. Nama kemampuan itu diambil dari judul buku karya penulis dengan nama sama, Osamu Dazai. Kemampuan yang sangat overpowered dan berguna ini membuat Dazai bisa membatalkan kemampuan apa pun hanya dengan menyentuh orang yang menggunakannya.

Meski begitu, Dazai masih bisa terluka kalau terkena racun atau senjata. Ini terlihat ketika dia sering kali mengalami luka patah tulang atau terkena tembakan dan diracuni. Selain itu, karena dia hanya butuh menyentuh pengguna kemampuan, kemampuannya selalu aktif.

10. Perban di Seluruh Tubuhnya

16 Fakta Osamu Dazai, Karakter Paling Rumit di Bungou Stray Dogs

Foto: Bstation

Perban Dazai adalah salah satu teka teki karakternya. Kalau dia terluka, wajar kalau dia harus memakai perban di tempat luka tersebut. Tapi, Dazai membungkus seluruh tubuhnya dengan perban. Pertanyaan mengapa pun muncul. Alasan Dazai memakai perban belum pernah secara gamblang dijelaskan.

Teori yang muncul adalah karena Dazai sering berusaha bunuh diri, maka dia diduga sering mengiris pergelangan tangannya atau melukai bagian lain tubuhnya. Tapi, Dazai sepertinya memasang perban tidak hanya pada tangan, tapi perut hingga leher, bahkan mungkin juga kaki. Penjelasan paling masuk akal adalah dia melakukannya agar teman-temannya tidak kehilangan kemampuan kalau secara tidak sengaja menyentuhnya ketika bertarung.

9. Karakternya Secara Akurat Mereferensi Novel dan Penulisnya

16 Fakta Osamu Dazai, Karakter Paling Rumit di Bungou Stray Dogs

Foto: Kombo/Asian Review of Books/Animevania

Osamu Dazai adalah penulis novel No Longer Human. Novel itulah yang menginspirasi karakter Dazai di Bungou Stray Dogs. No Longer Human berkisah tentang Yozo, pria depresi yang menyamarkan kekacauan batinnya dengan perilaku kocak. Dia merasa kurang manusiawi dan tidak akan pernah diterima masyarakat.

Di Bungou Stray Dogs, karakter Dazai secara akurat mereferensi novel dan penulisnya. Karakter Dazai didefinisikan dengan keinginan untuk mati, kehampaan karena kesepian, dan sikap santai menjengkelkan untuk menyamarkan semuanya. Faktanya, Dazai di kehidupan nyata tewas karena bunuh diri.

8. Sering Menjadi Comic Relief

16 Fakta Osamu Dazai, Karakter Paling Rumit di Bungou Stray Dogs

Foto: Tumblr

Ini adalah salah satu alasan mengapa penggemar tidak tahu bagaimana menghadapi Dazai. Di awal Bungou Stray Dogs, Dazai hanyut di sungai dan mengatakan kalau Atsushi telah mengganggu usahnya untuk mati karena dia berusaha agar tenggelam. Tapi, dia memang benar-benar punya tendensi untuk bunuh diri seperti terlihat di sepanjang serial ini.

Tapi, Dazai mengungkapkannya dengan senyum. Ini jauh lebih problematis ketimbang lucu. Tapi, seiring berjalannya waktu, comic relief ini jadi lebih masuk akal dengan terungkapnya masa lalunya.

7. Didesain untuk Berseberangan dengan Atsushi

16 Fakta Osamu Dazai, Karakter Paling Rumit di Bungou Stray Dogs

Foto: YouTube

Penulis Bungou Stray Dogs, Kafka Asagiri, melakukan banyak percobaan dengan membuat karakternya berdasarkan penulis Jepang dan luar Jepang. Karakternya benar-benar dibuat mendekati karakter asli penulis atau tokoh terkenal yang mereka buat. Ini juga berlaku bagi Osamu Dazai dan protagonis serial ini, Atsushi Nakajima.

Kafka ingin membuat dua karakter yang berseberangan dan merasa kalau kedua penulis itu adalah pilihan tepat. Atsushi ingin melanjutkan hidup entah apa pun risikonya, tapi dia terlalu baik hati. Sementara, Dazai awalnya dimaksudkan agar dibenci karena berusaha untuk bunuh diri dan kepribadiannya yang kocak.

6. Bergabung dengan ADA karena Wasiat Odasaku

16 Fakta Osamu Dazai, Karakter Paling Rumit di Bungou Stray Dogs

Foto: CBR

Sebelum mengembuskan napas terakhir, Sakunosuke Oda alias Odasaku mengakui kalau kesepian Dazai tidak akan pernah berakhir. Dia lantas mendorong Dazai agar melakukan sesuatu yang berarti dan membantu orang lain. Inilah yang memicu Dazai membelot dari Port Mafia dan bergabung dengan ADA.

Sebelumnya, Dazai mengakui kalau dia bergabung dengan Port Mafia karena mencari alasan untuk hidup. Menurut dia, berada dalam emosi mentah seperti ketakutan dan amarah sementara dikelilingi kekerasan akan membuatnya lebih dekat pada kondisi manusia. Ini memberinya alasan untuk hidup dalam prosesnya.

5. Ugal-ugalan kalau Menyetir

16 Fakta Osamu Dazai, Karakter Paling Rumit di Bungou Stray Dogs

Foto: Bungou Stray Dogs Wiki – Fandom

Sebagian besar kasus yang ditangani ADA adalah kasus berbahaya. Organisasi ini bekerja sama dengan polisi untuk menghentikan berbagai macam kejahatan, hanya ADA spesialis untuk kasus yang melibatkan pengguna kemampuan. Kadang, mereka terlibat masalah dan harus lari dari marabahaya atau pengguna kemampuan itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1582 seconds (0.1#10.140)