Siapa Perusak Multiverse MCU: Loki, Doctor Strange, atau Miles Morales?

Minggu, 11 Juni 2023 - 23:49 WIB
loading...
Siapa Perusak Multiverse MCU: Loki, Doctor Strange, atau Miles Morales?
Dengan lebih banyak proyek Marvel mengeksplorasi konsep multiverse, satu pertanyaan besar pun timbul: sebenarnya siapa yang merusak multiverse itu kali pertama? (Foto: Games Radar)
A A A
Film Marvel dari berbagai franchise mulai menyelami konsep multiverse. Dengan Marvel Cinematic Universe (MCU) memulai Multiverse Saga, fokus franchise ini adalah huru hara di multiverse. Pertanyaannya: siapa yang kali pertama merusak multiverse? Loki? Doctor Strange? Atau Miles Morales?

Karena multiverse, masuknya varian apa pun dari serial televisi atau franchise lain ke MCU, menjadi kanon di franchise itu. Tapi, Loki, Spider-Man: No Way Home, dan Spider-Man: Across the Spider-Verse telah memainkan ide karakter Marvel punya efek langsung terhadap multiverse tersebut. Ketiga proyek Marvel itu mengeksplorasi sejumlah bentuk keruntuhan multiverse.

Antara Loki, Doctor Strange dan Miles Morales punya masalah dengan multiverse. Campur tangan mereka menyebabkan kerusakan. Dan, meski bukan yang pertama, mereka malah memperlebar masalah yang belum bis terpecahkan tersebut, sehingga multiverse bisa semakin kacau. Jadi, siapa yang kali pertama merusak multiverse? Mengutip Screen Rant, simak ulasannya berikut!



1. Tewasnya He Who Remains Merusak Multiverse MCU

Siapa Perusak Multiverse MCU: Loki, Doctor Strange, atau Miles Morales?

Foto: CBR

Loki dan Sylvie punya peranan besar atas rusaknya multiverse. Di serial Loki, multiverse selalu ada, tapi Otoritas Variasi Waktu ada untuk melindungi realitas. He Who Remain, varian Kang the Conqueror, mendirikan TVA sebagai cara untuk menghentikan tabrakan multiverse. Ketika orang dari semua semesta melenceng dari jalur Lini Masa Keramat, berpotensi melintasi lini masa lain dan menabrakkan semesta, TVA akan bertindak. Mereka melenyapkan cabang lini masa itu dan memulihkan aturan.

Tapi, di finale Loki, Sylvie membunuh He Who Remains sebagai pembalasan atas penghilangan lini masanya. Akibatnya, operasi TVA kolaps dan membuat perlintasan lini masa dimulai. Setelah kematian He Who Remains, multiverse mulai meluas dari semua titik. Loki, lebih tepatnya Sylvie, bertanggung jawab atas peristiwa itu. Artinya, serial itu tidak menggambarkan retakan multiverse, tapi, lebih pada cerita asal usul konsep tersebut.

2. Doctor Strange dan Spider-Man Bikin Masalah buat Multiverse MCU

Siapa Perusak Multiverse MCU: Loki, Doctor Strange, atau Miles Morales?

Foto: Marvel

Di Spider-Man: No Way Home, Doctor Strange membantu Spider-Man dengan mantra yang membuat semua orang melupakan identitas Peter Parker sebagai Spider-Man. Sementra mantra itu sudah diucapkan sebelumnya, peristiwa di Loki berarti mantra itu sekarang melampaui banyak semesta. Gangguan Peter terhadap manta Strange membuat setiap orang dari seluruh multiverse yang tahu identitas rahasia Peter Parker ditarik ke MCU.

Ini secara alamiah menciptakan maslah bagi realitas. Tidak hanya menjadi masalah bagi Peter, tapi multiverse bisa pecah kalau bukan karena mantra terakhir Strange di mana semua orang melupakan Peter Parker versi ini. Tanpa TVA, multiverse mulai menginfeksi MCU. Ini sebenarnya diperbaiki, sehingga Strange dan Spider-Man tidak bertanggung jawab merusak multiverse. Tapi, mereka menyebabkan masalah besar yang bocor ke Doctor Strange in the Multiverse of Madness.



3. Miles Morales Adalah Anomali Asli Multiverse MCU

Siapa Perusak Multiverse MCU: Loki, Doctor Strange, atau Miles Morales?

Foto: Nerdist

Spider-Man: Across the Spider-Verse secara langsung mengaitkan asal usul Miles dengan multiverse. Spider-Society yang dipimpin Miguel O’Hara alias Spider-Man 2099 bertindak seperti TVA. Mereka bertanggung jawab melindungi semesta yang termasuk Spider-Man—atau variannya—dari anomali yang bisa mengancurkan semesta. Ketika Miles berusaha bergabung dengan Spider-Society, dia diberitahu kalau dia adalah anomali itu sendiri.

Laba-laba radioaktif yang menggigit Miles ternyata berasal dari semesta yang berbeda. Artinya, semesta asal laba-laba itu, Earth-42, tidak punya Spider-Man dan terjun ke jurang kekacauan. Asal usul Miles berarti Peter Parker di semestanya mati, dengan keberaan Miles adalah anomali di semua semesta. Ini menjadi masalah setelah Miles mencampuri peristiwa kanon dan tidak mau menerimanya sebagai sebuah kenyataan.

Meski belum jelas bagaimana aksi Miles akan merusak multiverse, statusnya sebagai anomali berarti dia turut bertanggung jawab atas kondisi rapuh multiverse yang sudah dimulai sejak Loki dan Spider-Man: No Way Home. Keberadaan Miles sebagai Spider-Man menciptakan Spot, yang ingin kekuasaan untuk mengancam semua multiverse. Karena Miles menjadi Spider-Man, Spot juga tercipta sehingga Miles malah melawan Spider-Society. Sementara Loki, Doctor Strange, atau Miles tidak bertanggung jawab secara spesifik merusak multiverse, mereka semua langsung berkontribusi pada kondisi rapuh di semesta Marvel yang lebih luas ini.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2370 seconds (0.1#10.140)