10 Franchise dengan Film Terbanyak, Ada yang Sampai Ratusan

Sabtu, 20 Mei 2023 - 19:32 WIB
loading...
10 Franchise dengan Film Terbanyak, Ada yang Sampai Ratusan
Film franchise Marvel Cinematic Universe menjadi salah satu waralaba yang terbanyak dibuat filmnya. Foto/The Walt Disney Studios Pictures
A A A
JAKARTA - Franchise film yang populer akan selalu menghadirkan film-film terbaru yang ditunggu para penggemar. Terkadang saking banyaknya film ini membuat franchise tersebut seperti sebuah serial yang harus ditonton secara berurutan.

Umumnya sebuah film dinikmati dengan cara ditonton sekali sampai mencapai ending dari cerita yang disuguhkan. Namun dengan banyaknya penggemar yang sudah mulai menyukai film tersebut membuat para produser membuat kisah-kisah baru yang berkaitan dengan film utamanya.

Kisah-kisah baru itu bentuknya bisa berupa sekuel atau prekuel untuk dinikmati oleh penggemar. Sebut saja film franchise seperti Star Warsyang memiliki 12 film dan Fast and Furious yang hingga kini telah memiliki 11 film.



Namun beberapa franchise film yang akan disebutkan ini memiliki jumlah film yang melebihi dua franchise populer tersebut. Berikut ini daftarnya mengutip Collider.

10. Star Trek (1979-2016)

10 Franchise dengan Film Terbanyak, Ada yang Sampai Ratusan

Foto: Paramount Pictures

Star Wars mungkin memang lebih dahulu mengenalkan aksi perang luar angkasa dan punya kisah yang lebih populer ketimbang Star Trek. Namun secara jumlah franchise Star Trek lebih unggul dengan 13 filmnya.

Sekitar satu dekade setelah serial original klasiknya ditayangkan di televisi, film Star Trek mulai digarap pada tahun 1979. Pada awalnya kisah film hanya berfokus pada pemeran utamanya saja, tapi seiring berjalannya waktu mulailah muncul The Next Generation dengan trilogi terbaru mereka pada 2009, 2013, dan 2016.

9. Spider-Man (1977-2021)

10 Franchise dengan Film Terbanyak, Ada yang Sampai Ratusan

Foto: Sony Pictures

Spider-Man memang selalu jadi tokoh komik populer, terlebih setelah kemunculan tiga filmnyapada era 2000-an yang dibuat oleh Sam Raimi, dan diperankan oleh Tobey Maguire. Dilanjut dengan The Amazing Spider-Man ciptaan Sony, hingga pada 2017 kembali ke Marvel dan memiliki tiga film.

Selain delapan film tersebut, franchise superhero ini rupanya telah dimulai sejak tahun 1977 silam dalam beberapa film live action. Selain itu terdapat pula beberapa film animasi berbasis di Spider-Verse. Sehingga total franchise ini adalah 16 film.

8. The Mummy (1932-2017)

10 Franchise dengan Film Terbanyak, Ada yang Sampai Ratusan

Foto:Universal Pictures

Salah satu waralaba yang terbilang paling tua ini telah menciptakan 19 film. Kemunculan pertamanya pada 1932 dan yang terakhir pada 2017 lalu. Versi terakhirnya memperlihatkan mitologi mayat hidup di dua era yang berbeda.

Dalam film The Mummypada 2017 yang dibintangi oleh Tom Cruise, disebut punya potensi besar untuk melanjutkan tren mayat hidup menjadi sekumpulan monster yang lebih modern dan memunculkan universe baru.

7. James Bond (1962-2021)

10 Franchise dengan Film Terbanyak, Ada yang Sampai Ratusan

Foto:Universal Pictures

Waralaba James Bond telah bertahan selama enam dekade sekarang dan tidak menunjukkan tanda-tanda akan berhenti dalam waktu dekat. Franchise yang telah punya 27 film ini memang telah dirancang dengan cerdik sehingga dapat menciptakan karakter baru dengan mudahnya.

Misalnya saja seperti kisah dalam film-film era Roger Moore yang sering kali konyol, sedangkan sifat yang tegas dan ketat dimunculkan pada era Daniel Craig. Ini membuat setiap seri memiliki rasa yang berbeda tapi tetap cocok disandingkan dalam film agen rahasia ini. Hal inilah yang menjadi kunci sukses mereka selama beberapa generasi.

6. Zatoichi (1962-2010)

10 Franchise dengan Film Terbanyak, Ada yang Sampai Ratusan

Foto: Office Kitano

Waralaba dari Jepang Zatoichi telah muncul sejak 1962 dan telah memiliki 26 film. Kisahnya tentang petualangan seorang tukang pijat yang pandai menggunakan pedang selama paruh pertama tahun 1800-an.

Hampir seluruh film ini dibintangi oleh Shintaro Katsu, kecuali dua film terbarunya yang rilis pada 2003 dan 2010. Kedua film tersebut masing-masing memiliki pemeran utama yang berbeda. Karakter utama dalam film ini memang terbilang sangat populer di Jepang hingga dibuatkan serial televisinya yang punya 100 episode.

5. The Marvel Cinematic Universe (2008-2023)

10 Franchise dengan Film Terbanyak, Ada yang Sampai Ratusan

Foto: The Walt Disney Studios Motion Pictures
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1865 seconds (0.1#10.140)