Wanda Maximoff vs. Captain Marvel: Siapa yang Lebih Kuat?

Senin, 01 Mei 2023 - 23:23 WIB
loading...
Wanda Maximoff vs. Captain Marvel: Siapa yang Lebih Kuat?
Captain Marvel dan Wanda Maximoff sama-sama punya potensi tak terbatas dan kekuatan yang luar biasa. Tapi, di antara kedua karakter itu, siapa yang lebih kuat? (Foto: Screen Rant)
A A A
Marvel Cinematic Universe (MCU) telah meledak dengan kekuatan sejak konklusi Infinity Saga. Alhasil, pahlawan baru seperti Eternals tiba untuk memamerkan kalau kekuatan itu sudah ada di semesta ini selama ribuan tahun. Tapi, pahlawan yang sudah ada pun punya peningkatan kekuatan yang gila-gilaan.

Pahlawan itu di antaranya adalah Wanda Maximoff alias Scarlet Witch. Dengan kemampuan Wanda kurang nyata dibandingkan yang lain, sulit utuk tahu ranking karakter ini dalam hal kekuatan belaka. Namun, bukanlah perkara sulit di MCU untuk mencari karakter lain dengan kekuatan besar.

Selain Wanda, MCU juga masih punya Captain Marvel. Meski belum diketahui seperti apa kekuatannya saat ini, tapi Carol Danvers bisa menjadi pesaing berat bagi Wanda untuk menjadi karakter terkuat di MCU. Perbandingan antara kedua karakter ini sebenarnya sudah berlangsung lama. Namun, sejatinya, siapakah yang lebih kuat di antara Captain Marvel dan Wanda Maximoff? Mengutip CBR, simak ulasannya berikut!



1. Kekuatan Wanda Maximoff Tidak Punya Batasan

Wanda Maximoff vs. Captain Marvel: Siapa yang Lebih Kuat?

Foto: Hynerd.it

MCU telah menjelaskan kalau Wanda Maximoff mendapatkan kekuatannya lewat eksperimen Hydra dengan Batu Pikiran. Paparan energinya menghasilkan kemampuan telekinesis dan manipulasi mental, sementara saudara kembarnya, Pietro, mendapatkan kecepatan super. Menyusul Infinity Saga, level kekuatan Wanda meledak akibat trauma seumur hidup.

Tapi, WandaVision mengungkapkan kalau Batu Pikiran tidak benar-benar memberikan kekuatan kepadanya. Alih-alih, batu itu hanya menyulut kemampuan bawaannya dan membuka takdir yang membawanya menjadi Scarlet Witch. Sebelum WandaVision, kemampuan telekinesis Wanda adalah kekuatan yang harus diperhitungkan.

Manipulasi materinya membuatnya bisa membersihkan gas dari ruangan, mengangkat struktur besar, dan bahkan menghancurkan pedang Thanos. Level kekuatannya adalah cerminan kemarahannya, seperti terlihat di Avengers: Endgame ketika dia nyaris mencabik-cabik Mad Titan. Begitu dia menjadi Scarlet Witch, Wanda bisa memaniplasi pikiran dengan skala lebih besar dan membelokkan realitas sesuai keinginannya.

Dia bisa melakukannya dengan baik sampai bisa menciptakan kehidupan. Insiden Westview mendemonstrasikan ini dengan sangat baik ketika dia mengubah seluruh kota itu menjadi komunitas bergaya sitcom. Kepemilikan Wanda atas Darkhold, seperti terlihat di Doctor Strange in the Multiverse of Madness, menambahkan kemampuan dreamwalking, penyerapan energi, dan kekuatan serta ketahanan ke gudang senjatanya yang sudah tangguh.

2. Kekuatan Captain Marvel Menyaingi Sebagian Besar Pahlawan

Wanda Maximoff vs. Captain Marvel: Siapa yang Lebih Kuat?

Foto: The Daily Beast

Carol Danvers adalah batere hidup yang bisa menggunakan energi dalam cara yang menghancurkan atau konstruktif. Kemampuannya berasal dari Batu Ruang ketika dia terpapar energi mesin yang didayai reliks kosmik. Akibatnya, Captain Marvel bisa menyerap dan mengarahkan langsung energi dalam jumlah besar. Kekuatan ini memberinya kekuatan super, terbang, dan proyeksi energi.

Ketika cukup disimpan, Captain Marvel bisa melepaskan kekuatannya sekaligus dan mengasumsikan bentuk binary yang membuatnya sekuat bintang jatuh. Di MCU, Carol mengadapi Thanos dan nyaris mengalahkannya sampai Mad Titan itu menggunakan Batu Kekuatan. Dia juga terbang melintasi banyak kapal antariksa dan menghancurkan mereka tanpa tergores sedikit pun.

Di episode 7 What If…?, terungkap kalau dia bisa menghadapi Thor, bahkan ketika dia dalam kekuatan penuh. Faktanya, dia mungkin dengan mudah mengalahkan Dewa Petir itu, dengan mempertimbangkan dia tidak hanya menahan diri tapi juga menyerap petir Thor tanpa kesulitan. Pada akhirnya, Captain Marvel adalah bola penghancur kosmik yang batasannya belum benar-benar dicatat.



3. Vonis

Wanda Maximoff vs. Captain Marvel: Siapa yang Lebih Kuat?

Foto: The Mary Sue

Tidak bisa dibantah kalau Wanda tidak bisa menyaingi Captain Marvel dalam hal kekuatan fisik mentah. Tapi, Wanda punya keunggulan berkat Chaos Magic dan kemampuannya membungkus realitas. Kemampuan telekinesinya nyaris membunuh Thanos lebih cepat ketimbang pukulan Carol. Sekarang, sebagai Scarlet Witch, dia tidak perlu memindahkan obyek dengan pikirannya untuk mendapatkan yang dia inginkan.

Yang lebih mengerikan adalah Wanda merupakan saluran energi. Sementara Carol punya batasan, meskipun itu belum tercapai. Pada akhirnya, potensi Wanda yang belum dibuka secara dramatis melampaui potensi Carol. Makanya, secara hipotesis, Wanda akan menang dalam pertarungan Captain Marvel vs. Scarlet Witch.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2512 seconds (0.1#10.140)