7 Fakta yang Harus Kamu Tahu sebelum Nonton John Wick: Chapter 4

Rabu, 22 Maret 2023 - 11:17 WIB
loading...
7 Fakta yang Harus Kamu Tahu sebelum Nonton John Wick: Chapter 4
John Wick adalah dunia sinematik yang berkesinambungan. Sebelum menonton John Wick: Chapter 4, ada sejumlah fakta yang harus diketahui supaya tidak kebingungan. (Foto: Total Film)
A A A
John Wick: Chapter 4 resmi dirilis ke bioskop hari ini, Rabu (22/3). Sebagai franchise yang kaya cerita dan pembangunan dunia yang tidak pernah berakhir, banyak yang harus diketahui sebelum menonton seri teranyar itu. Franchise John Wick juga punya fanbase solid dengan setiap film lebih sukses secara komersial dan dipuji kritikus. John Wick: Chapter 4 sepertinya akan mengikuti tren itu.

Film itu mendapatkan rating 93% di Rotten Tomatoes dan dipuji atas gaya yang bagus, sinematograf halus, dan adegan aksi yang epik. Ini membuat pendahulunya yang juga bagus pun merasa dipermalukan. Berdurasi 2 jam 40 menit, film itu tidak sepenuhnya memperlihatkan John Wick yang diperankan Keanu Reeves berkendara dan membunuh orang-orang yang ditemuinya.

Sekuel ini punya durasi lebih panjang karena skup ceritanya yang lebar. John Wick: Chapter 4 punya banyak dasar yang harus dijangkau karena Chapter 3 – Parabellum meninggalkan banyak loose end yang harus diselesaikan. Belum lagi, film itu punya ending cliffhanger. Ada banyak fakta yang harus diketahui sebelum menonton John Wick: Chapter 4 sehingga tidak bingung ketika menyaksikannya. Apa saja? Mengutip Screen Rant, berikut ulasannya!



7. Mengapa Semua Orang Ingin Membunuh John Wick?

7 Fakta yang Harus Kamu Tahu sebelum Nonton John Wick: Chapter 4

Foto: IndieWire

Sementara John adalah pemburu di John Wick, dia menjadi yang diburu di John Wick: Chapter 2. John membunuh Santino D’Antonio di Continental di akhir film itu. Padahal hotel itu sudah dijelaskan di film pertama sebagai tempat persembunyian yang aman bagi para pembunuh.

Tidak satu pun pembunuh itu diizinkan melakukan bisnis mereka di tanah Continental. Akibatnya, Winston mendeklarasikan John Wick sebagai “excommunicado” dan imbalan USD14 juta ditempatkan di atas kepalanya. John Wick: Chapter 3 – Parabellum terjadi beberapa menit setelahnya. Di akhir film itu, John belum membersihkan namanya.

6. High Table

7 Fakta yang Harus Kamu Tahu sebelum Nonton John Wick: Chapter 4

Foto: YouTube

High Table adalah lembaga pemerintahan dunia pembunuh di serial John Wick. Lembaga itu terdiri atas 12 gembong kejahatan terkuat di dunia, yang bahkan ditakuti John. Tidak ada yang tahu seberapa jauh jangkauan High Table karena anggotanya tetap dirahasiakan.

Tapi, John telah bertemu Elder, satu-satunya orang yang tidak menjawab kepada High Table di John Wick: Chapter 3 – Parabellum. John Wick: Chapter 4 bisa menjawab banyak pertanyaan terkait 12 anggota High Table. Ini karena terungkap kalau salah satu anggota keluarga John adalah anggota lembaga pemerintahan itu.

5. Hotel Continental dan Winston

7 Fakta yang Harus Kamu Tahu sebelum Nonton John Wick: Chapter 4

Foto: Ahsoka Jackson

Sampai John Wick: Chapter 3 – Parabellum, Winston sudah menjadi pemilik Hotel Continental New York City selama 40 tahun. Tapi, hotel itu dirampas darinya. Adjudicator menilai kalau Winston punya peluang membunuh John tapi tidak mengambilnya dan malah membiarkan John kabur. Sebagai hukuman, dia merampas Continental dari John.

Di akhir film itu, Adjudicator, yang tidak tampil di John Wick: Chapter 4, memberikan Winston satu kali kesempatan lagi untuk membunuh John ketika mereka berada di atap Continental. Winston segera menembak John, yang langsung jatuh dari atap hotel itu. Diduga Winston mendapatkan kembali kunci kerajaannya itu, tapi itu tidak pernah terkonfirmasi.

4. Bowery King

7 Fakta yang Harus Kamu Tahu sebelum Nonton John Wick: Chapter 4

Foto: ET Canada

Bowery King selalu menjadi sekutu yang membantu bagi John. Jaringan gelandangannya bahkan lebih baik dari jaringan yang sama versi Sherlock Holmes. Di John Wick: Chapter 3 – Parabellum, Bowery King membayar harga mahal karena membantu John dan menolak menanggalkan posisinya. Adjudicator memerintahkan agar dia disayat dengan pedang wakizashi.

Meski Bowery King selamat dari sayatan itu, dia terluka parah dan tidak punya siapa-siapa lagi. Adjudicator telah memerintahkan agar pengikut Bowery King juga dibunuh. Tapi, dia bertanggung jawab karena menyelamatkan John. Karena kedua orang itu kini hanya saling memiliki satu sama lain, Bowery King dan John sepertinya akan bekerja sama.

3. Yang Terjadi di Akhir John Wick: Chapter 3 – Parabellum

7 Fakta yang Harus Kamu Tahu sebelum Nonton John Wick: Chapter 4

Foto: Nerdist

Winston dan John akhirnya gagal menghentikan The Adjudicator. Winston kemudian menembak John sampai dia jatuh dari atap Hotel Continental. John selamat dan didorong dengan kereta belanjaan ke hadapan Bowery King.

Bowery King menyebutkan ketidaksukaannya pada High Table. Ini mengindikasikan kalau kedua orang itu akan bekerja sama. Trailer mengungkapkan kalau John dan Winston tetap saling bicara dan tidak satu pun dari mereka yang berusaha membunuh satu sama lain. Jadi teori populer kalau Winston menembak John di bagian tidak fatal adalah rencana B mereka mungkin benar.

2. John Wick 5 Mungkin Tidak Dibuat

7 Fakta yang Harus Kamu Tahu sebelum Nonton John Wick: Chapter 4

Foto: Looper

Meskipun serial John Wick itu besar dan John Wick: Chapter 4 sepertinya akan menjadi kesuksesan terbesar franchise itu, itu belum menjamin kalau John Wick 5 akan dibuat. Keanu telah mengungkapkan hal tersebut sebelum Chapter 4 dirilis. Padahal, rencana awal, John Wick 4 dan 5 akan syuting bersamaan. Tapi, rencana itu sepertinya sudah ditinggalkan.

“Satu-satunya alasan mengapa kami punya peluang membuat film ini adalah orang-orang suka dengan apa yang kami lakukan. Jadi, saya rasa kita harus menunggu dan melihat bagaimana audiens meresponsnya. Semoga, mereka akan suka,” kata Keanu.

Keengganan ini mungkin mengindikasikan kalau John Wick: Chapter 4 punya ending yang pasti, tidak seperti film sebelumnya yang punya cliffhanger. Padahal, John Wick pasti masih bisa mengatasi banyak pukulan lagi. Sementara, sutradara Chad Stahelski mengatakan, dia butuh rehat dari franchise itu setelah Chapter 4.

Menurut Chad, studio punya niatan untuk meneruskan franchise itu, tapi itu tida berarti kalau akan ada film baru John Wick. “Dalam kesetiaan kepada franchise ini, saya butuh banyak yang lebih baik sebelum saya mencoba menemukan (cerita lain),” kata Chad.

Jelas kalau John Wick 5 akan kehilangan bahan utama yang membuat serial itu jadi bagus kalau Chad tidak kembali. Profesi sebelumnya sutradara itu sebagai koordinator stunt menjadi salah satu alasan utama mengapa rangkaian adegan aksi di film John Wick begitu bagus. Harus dilihat apa yang akan dilakukan Lionsgate terkait hal ini.



1. Spinoff John Wick

7 Fakta yang Harus Kamu Tahu sebelum Nonton John Wick: Chapter 4

Foto: IMDb

Kalau John Wick: Chapter 4 adalah film terakhir John Wick, franchise itu masih akan berlanjut tidak hanya dengan satu tapi dua spinoff. The Continental akan menjadi serial berbasis era 70-an di Peacock dan mengisahkan tentang Winston muda. Serial itu telah meng-casting Mel Gibson, Colin Woodell, dan Ray McKinnon.

Spinoff keduanya adalah film berjudul Ballerina. Film ini dibintangi Ana de Armas, di mana dia akan berperan sebagai pembunuh maut di dunia John Wick. Film ini disutradarai Len Wiseman. Spinoff ini baru terasa otentik kalau Keanu akan tampil di kedua proyek itu sebagai John Wick.

(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1390 seconds (0.1#10.140)