12 Film DCEU dari yang Paling Boncos sampai Tercuan Sejauh Ini

Selasa, 21 Maret 2023 - 09:17 WIB
loading...
A A A
Meski jauh dari kata berpendapatan paling rendah di DCEU, Black Adam dianggap sebagai film rugi. Dengan anggaran USD200 juta, film itu hanya meraup USD391,3 juta. Dwayne Johnson yang memerankan Black Adam dan kembalinya Henry Cavill sebagai Superman tidak membantu menarik perhatian terhadap film itu. Orang malah lebih tertarik nonton Black Panther: Wakanda Forever yang dirilis sekitar sebulan setelahnya. Film MCU itu meraup USD858,8 juta.

Film itu juga menjadi salah satu film DCEU dengan rating terendah di Rotten Tomatoes. Black Adam tidak masuk di jajaran karakter yang di-reboot di DCU besutan James Gunn. Film itu berkisah tentang Black Adam, sosok pendendam dengan kekuatan besar yang dipenjara. Sekitar 5.000 tahun kemudian, dia dibebaskan dan mengamuk. Black Adam bisa ditonton di HBO Go.

6. Justice League — USD657,9 Juta

12 Film DCEU dari yang Paling Boncos sampai Tercuan Sejauh Ini

Foto: Batman News

Sebagian besar orang akan melihat USD657 juta adalah angka besar dan menganggap Justice League sukses. Tapi, dengan anggaran produksi USD300 juta, itu artinya film yang dirilis pada 2017 itu adalah salah satu film paling rugi dalam beberapa tahun belakangan. Bagi film yang menyatukan superhero kondang DC dari Batman, Superman, Wonder Woman, dan Aquaman, studio tentunya berharap bisa melihat angkanya dua kali lipat dari torehan di box office tersebut.

Setelah peristiwa di Batman v Superman: Dawn of Justice, Batman melihat adanya ancaman baru datang. Setelah merekrut Wonder Woman, dia menggaet Flash, Cyborg, dan Aquaman untuk membantu menyelamatkan dunia. Tapi, meski sudah menjadi tim kuat, mereka mungkin tidak punya cukup waktu untuk mencegah akhir dunia dan butuh bantuan lebih. Justice League bisa ditonton di HBO Go.

5. Man of Steel — USD668 Juta

12 Film DCEU dari yang Paling Boncos sampai Tercuan Sejauh Ini

Foto: Foote and Friends on Film

Film yang dirilis pada 2013 ini adalah entri pertama DCEU. Meski banyak yang telah berubah sejak Man of Steel, film itu masih menjadi favorit bagi banyak penggemar. Meskipun film ini tidak sejeblok Justice League, pendapatan Man of Steel di box office agak mengecewakan. Ini karena Superman adalah karakter yang ikonis dan dikenal. Setahun setelah itu, Marvel Studios merilis film superhero tentang pohon dan rakun yang bisa bicara dan meraup USD770 juta.

Man of Steel berkisah tentang Clark Kent yang dikirim ke bumi setelah planet asalnya, Krypton, hancur. Dia lantas dibesarkan di sebuah peternakan. Clark sadar kalau dia punya kemampuan yang tidak dipunyai orang di bumi ini dan harus berhati-hati menggunakannya. Ketika para penyintas terakhir Krypton datang ke bumi, Superman pun harus beraksi. Man of Steel bisa ditonton di HBO Go.

4. Suicide Squad — USD746,8 Juta

12 Film DCEU dari yang Paling Boncos sampai Tercuan Sejauh Ini

Foto: YouTube

Suicide Squad punya penampilan box office yang sukses dan menarik. Film ini adalah salah satu yang paling dicaci maki kritikus ketika dirilis pada 2016. Tapi, itu tidak berpengaruh pada penampilannya di box office. Meski kacau dan melibatkan banyak perubahan, penonton terpesona dengan penampilan Will Smith sebagai Deadshot dan Margot Robbie sebagai Harley Quinn.

Suicide Squad berkisah tentag sekelompok penjahat di dunia DC yang ditugasi untuk melawan ancaman yang akan menghancurkan dunia. Mereka adalah Deadshot, Harley Quinn, Killer Croc, Captain Boomerang, dan lainnnya. Film ini juga menampilkan Joker versi Jared Leto. Pertemuan Harley Quinn dan Joker di film juga membangun sebagian cerita Birds of Prey. Suicide Squad bisa ditonton di HBO Go.

3. Wonder Woman — USD822,8 Juta

12 Film DCEU dari yang Paling Boncos sampai Tercuan Sejauh Ini

Foto: The New York Times

Ketika dirilis pada 2017, Wonder Woman disambut dengan puja puji dari kritikus. Berkat pujian ini dan promosi dari mulut ke mulut, film ini meraup torehan besar di box office. Karena karakter itu sudah diperkenalkan di film sebelumnya, Batman v Superman: Dawn of Justice pada 2016, hype pun dibangun untuk film solonya. Menjadi drama perang dan epik superhero, film ini adalah salah satu yang memuaskan penonton sampai sekarang.

Wonder Woman berkisah tentang asal usul Wonder Woman, Putri Diana. Sebelum menjadi superhero, dia dilatih menjadi prajurit tangguh di Themyscira. Setelah ancaman terhadap dunia menyebar ke mana-mana dan berpotensi menghancurkan dunianya, Diana meninggalkan rumah untuk kali pertama sebagai usaha melindungi dunia. Wonder Woman bisa ditonton di HBO Go.

2. Batman v Superman: Dawn of Justice — USD863,6 Juta

12 Film DCEU dari yang Paling Boncos sampai Tercuan Sejauh Ini

Foto: Chris Clow

Hype untuk Batman v Superman: Dawn of Justice yang dirilis pada 2016 segera berubah menjadi debat terpolarisasi. Sementara pendapatan box office-nya lumayan tinggi, film ini tidak pernah bisa mengubah citra sebagai kegagalan finansial dibandingan dengan apa yang secara potensial bisa diraihnya. Film ini langsung gagal menemukan jejak box office-nya yang sepertinya dengan mudah diraih pesaingnya, Captain America: Civil War, yang dirilis 2 bulan setelahnya.

Batman v Superman: Dawn of Justice berkisah tentang warga dan dunia yang merasa tidak berdaya dan bingung setelah Metropolis hancur akibat pertarungan Superman dan Zod. Karenanya, Batman kini melihat Superman sebagai ancaman bagi umat manusia. Di saat Dark Knight bersiap berperan melawan Man of Steel, Lex Luthor mulai merencanakan sesuatu yang jahat dan membuat kedua superhero itu saling berhadapan. Batman v Superman: Dawn of Justice bisa ditonton di HBO Go.



1. Aquaman — USD1,148 Miliar

12 Film DCEU dari yang Paling Boncos sampai Tercuan Sejauh Ini

Foto: IMDb

Hingga saat ini, Aquaman adalah film terlaris di DCEU. Film yang dirilis pada 2018 ini mampu mengungguli torehan pendapatan superhero yang lebih kondang seperti Batman dan Superman di franchise ini. Film besutan James Wan ini adalah satu-satunya film DCEU yang mampu meraup USD1 miliar di box office.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2875 seconds (0.1#10.140)