5 Tips Cari Kerja pada Masa Pandemi

Sabtu, 18 Juli 2020 - 13:00 WIB
loading...
5 Tips Cari Kerja pada Masa Pandemi
Mencari pekerjaan pada masa pandemi memang gak mudah, tapi tetap bisa diusahakan. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Masa pandemi bikin aktivitas ekonomi banyak terhambat demi mencegah penyebaran COVID-19 yang makin meluas.

Ini tentunya bikin kesempatan mendapat pekerjaan baru juga ikut kena imbasnya, karena kesempatan menjadi lebih kecil dari sebelumnya.

Tapi tentunya, selama kita konsisten berusaha secara maksimal, pasti selalu ada jalan. Nah, berikut ini beberapa langkahnya.


1. RISET PROSPEK KERJA

5 Tips Cari Kerja pada Masa Pandemi

Foto: Robin Utrecht/SOPA Images/Getty Images

Lakukan riset untuk mengetahui peluang kerja di sektor-sektor yang relevan dengan kemampuan yang kamu miliki. Bisa dengan browsing atau bertanya langsung pada orang-orang yang bekerja di sektor yang kita incar.

2. PERBARUI CV

5 Tips Cari Kerja pada Masa Pandemi

Foto: cvplaza.com

Dalam hal ini, prestasi dan pencapaian yang sejalan dengan posisi yang kita lamar sangat berpengaruh terhadap proses seleksi. Semakin relevan keterampilan dan pendidikan kita dengan posisi yang kita lamar, maka semakin besar peluang diterima. Jadi, pastikan CV yang kamu kirim dikemas secara menarik dan seefektif mungkin dalam 'menjual' diri kamu.

3. DAFTARKAN DIRI KE PORTAL KERJA

5 Tips Cari Kerja pada Masa Pandemi

Foto: Freepik

Daftarkan diri ke portal pencarian kerja seperti LinkedIn, Coursera, dan lainnya. Kamu bakal menerima banyak informasi atau notifikasi lowongan kerja dari sana tanpa mesti mencari secara manual. Hal ini bisa membantu kamu dalam menemukan pekerjaan, terlebih pada masa pandemi.

4. TINGKATKAN KETERAMPILAN WAWANCARA VIRTUAL

5 Tips Cari Kerja pada Masa Pandemi

Foto: Freepik

Dalam situasi seperti ini, wawancara virtual akan menjadi kebutuhan bagi banyak pelamar kerja. Persiapkan diri dengan mengasah keterampilan komunikasi, misalnya dengan melatih bahasa tubuh dan gerak tangan. Jangan lupa juga jaringan internet yang memadai.

5. JAGA KESEHATAN

5 Tips Cari Kerja pada Masa Pandemi

Foto: Freepik

Kesehatan fisik dan mental jadi hal terpenting yang harus dijaga. Berolahraga secara teratur, istirahat yang cukup, serta pola makan yang baik bisa menjaga daya tahan tubuh kita.

GenSINDO
Indah Lutfiyati
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1537 seconds (0.1#10.140)