7 Pahlawan Film Action Ini Lebih Menakutkan Ketimbang Penjahatnya

Senin, 20 Maret 2023 - 20:20 WIB
loading...
7 Pahlawan Film Action Ini Lebih Menakutkan Ketimbang Penjahatnya
Para pahlawan film action menakutkan ini selalu overpowered dibandingkan dengan penjahatnya. Mereka punya reputasi dan sering dijabarkan dengan istilah mistis. (Foto: Digital Spy)
A A A
Film action disukai banyak orang karena sepak terjang protagonis atau pahlawannya. Mereka menanti aksi para jagoan itu melakukan keadilan terhadap orang-orang jahat. Meski begitu, ada beberapa macam jagoan film action yang selalu ditampilkan di layar.

Ada jagoan klasik yang benar-benar memegang teguh moralitas. Lalu, ada antihero yang penampakannya sering mengkhianati jiwanya yang baik hati. Kemudian, ada pula pahlawan yang benar-benar bersedia membelokkan setiap aturan yang ada demi menegakkan kebaikan.

Setiap sifat pahlawan itu punya nilai pada cerita mereka. Pahlawan yang menakutkan adalah salah satu tipe karakter yang menambah bobot kesukaan pada tontonan action. Pahlawan jenis ini biasanya digambarkan sebagai karakter overpowered dengan reputasi yang termahsyur. Sering dideskripsikan dengan istilah mistis, nama pahlawan seperti itu menimbulkan ketakutan pada diri musuh mereka. Siapa saja pahlawan film action yang lebih menakutkan ketimbang penjahatnya? Mengutip MovieWeb, berikut ulasannya!



7. Batman — Franchise Batman

7 Pahlawan Film Action Ini Lebih Menakutkan Ketimbang Penjahatnya

Foto: TechRadar

Sulit menemukan superhero komik dengan karakterisasi yang lebih epik ketimbang Batman. Master intimidasi dan pemikiran taktis, tidak terkalahkan adalah salah satu sifat karakternya. Jadi, penjahatnya pun diperkirakan harus berusaha habis-habisan ketika harus berhadapan dengan Batman.

Setelah lolos hidup-hidup dari pertarungannya melawan sejumlah karakter paling overpowered di kanon DC, efek psikologis yang dia tinggalkan terhadap para penjahat jalanan bahkan lebih buruk. Batman secara sadar mempertahankan reputasi sebagai makhluk dengan sifat ambigu. Para berandalan percaya kalau dia adalah hantu sakti yang tidak bisa dikalahkan.

6. Jason Bourne — Franchise Bourne

7 Pahlawan Film Action Ini Lebih Menakutkan Ketimbang Penjahatnya

Foto: Pocket-lint

Pahlawan ikonik dari franchise film action menggemparkan, Jason Bourne mendapatkan reputasi di CIA di sepanjang film-film Bourne. Jason adalah produk eksperimen gila di organisasi tersebut. Dia adalah senjata manusia yang dilatih menjadi pakar di seni pertarungan maut dan pakar dalam meloloskan diri dari penangkapan.

Aspek menarik dari Jason Bourne adalah film itu tidak pernah berusaha memamerkan kecakapan tarungnya dengan cara yang megah. Alih-alih, franchise itu memamerkannya dalam bentuk kepingan dan cuilan, dengan sebagian besar reputasinya terlihat berkembang lewat cara yang cerdik di mana dia mengitari pengejarnya, mempecundangi mereka di setiap langkah. Franchise ini juga melahirkan meme tak lekang waktu dalam bentuk eksklamasi tunggal, yang menjelaskan semua yang harus diketahui dari pahlawan ini.

5. Rorschach — Watchmen

7 Pahlawan Film Action Ini Lebih Menakutkan Ketimbang Penjahatnya

Foto: Study Break Magazine

Di dunia yang dipenuhi pahlawan rusak, Rorschach jelas yang paling rusak di antara mereka. Walter Kovacs dari Watchmen tumbuh di rumah yang abusive dan menghabiskan waktu di rumah sakit jiwa sebelum memakai nama Rorschach. Sebagai seorang vigilante, dia sangat kasar dan sosok yang tidak bisa diajak kompromi yang benar-benar sudah kehilangan kepercayaan di dunia.

Kurang rasa penyesalan, dia tenggelam dalam insting terburuknya untuk melakukan penilaian brutal terhadap para penjahat. Reputasi menakutkannya dipamerkan dengan dialog yang dia gumamkan yang bikin merinding setelah melemparkan seember minyak panas ke teman sesama napinya. “Aku tidak terpenjara di sini bersama kamu, kamu yang terpenjara di sini bersamaku!” katanya.

4. John Rambo — Franchise Rambo

7 Pahlawan Film Action Ini Lebih Menakutkan Ketimbang Penjahatnya

Foto: Digital Spy

Pahlawan action legendaris dari era 80-an ini juga mendapatkan perkenalan maut di film pertamanya, First Blood. Demi mendramatisasi pengucilan yang dihadapi para veteran setelah kembali ke kehidupan normal, karakter yang diperankan Sylvester Stallone itu ditempatkan di konflik aneh dengan departemen polisi egois di kota kecil. Tapi, sebelum semuanya memburuk, mantan komandannya muncul di kota itu. Dia menyarankan agar departemen Sheriff muncur dengan menjelaskan masa lalu dan keterampilan Rambo yang jelas membangunnya sebagai jagoan besar di pertarungan.

3. Punisher — MCU

7 Pahlawan Film Action Ini Lebih Menakutkan Ketimbang Penjahatnya

Foto: We Got This Covered

Sementara Batman dikenal atas sikapnya yang mengintimidasi dan kecerdasannya, Punisher dari Marvel dikenal atas kesukaannya pada kekerasan. Dia adalah manusia normal yang tidak punya kekuatan super. Tapi, dia mendapatkan keahliannya pada senjata api saat menjadi tentara. Lalu, dia menggunakan pengetahuannya itu untuk menjalankan keadilan versinya sendiri terhadap para penjahat.

Penggambaran live-action terakhir atas karakter ini, diperankan Jon Bernthal di serial Marvel Cinematic Universe (MCU), jauh lebih akurat terhadap materi sumbernya ketimbang adaptasi layar lebar sebelumnya. Di jalan ini, sifat kasar dan reputasinya yang menakutkan benar-benar dielaborasi dalam adegan seperti pertarungan di koridor dari Daredevil. Selain itu, ini juga terlihat di lini cerita di mana Punisher diadili atas aksi main hakim sendirinya.

2. John Wick — Franchise John Wick

7 Pahlawan Film Action Ini Lebih Menakutkan Ketimbang Penjahatnya

Foto: VOI

Elemen umum yang diasosiasikan dengan pahlawan action menakutkan adala reputasi mereka yang diucapkan orang yang tahu betul tentang prestasi kekerasan mereka. John Wick memegang trofi atas gambaran paling bisa diingat atas reputasinya di beberapa waktu terakhir. Dia dianggap sebagai Babayega, orang yang membunuh tiga orang di bar hanya dengan sebatang pensil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2715 seconds (0.1#10.140)