Tidak akan Pernah Tamat, Hunter x Hunter Di-Cancel Selamanya

Senin, 20 Februari 2023 - 20:38 WIB
loading...
Tidak akan Pernah Tamat, Hunter x Hunter Di-Cancel Selamanya
Hunter x Hunter telah dipindahkan dari bagian Karya Serialisasi ke Karya Diarsipkan di Weekly Shonen Jump. Ini berarti kalau manga itu tidak akan pernah tamat. (Foto: Anime Evo)
A A A
Kabar buruk bagi penggemar Hunter x Hunter . Cuitan akun tidak resmi Shonen Jump News mengindikasikan kalau Hunter x Hunter tidak akan pernah dilanjutkan lagi ceritanya. Cuitan itu diunggah pada Minggu (19/2). Tentu saja, ini sangat mengecewakan karena manga itu masih punya cerita panjang.

Akun itu menyatakan kalau manga itu sekarang dimasukkan ke bagian arsip majalah Weekly Shonen Jump. Di bagian itu, ada serial manga lain yang juga telah selesai, dibatalkan, atau dipindahkan. Hunter x Hunter adalah manga karya Yoshihiro Togashi.

Tak pelak, cuitan itu langsung membuat fandom mengamuk di internet. Sebelumnya, Hunter x Hunter dikenal sudah sering hiatus lama. Tapi, setelah chapter 400, banyak penggemar yang berpendapat sudah tidak ada lagi harapan bagi serial itu untuk kembali lagi menyapa mereka.



Hunter x Hunter tidak lagi didaftar sebagai ‘Karya Serialisasi’ dari Weekly Shonen Jump di situs resmi majalah itu. Serial itu ini masuk bagian ‘Serial Diarsipkan’ bersama dengan karya yang sudah tamat, dibatalkan, dan dipindahkan,” demikian cuitan akun @WSJ_manga.



Keputusan ini cukup mengejutkan. Meskipun, bukan rahasia lagi kalau Hunter x Hunter memang punya banyak masalah. Serial ini sudah terlalu sering hiatus. Bahkan, manga ini pernah hiatus selama 4 tahun sejak November 2018 sebelum kembali mengudara pada tahun lalu.

Namun, setelah merilis chapter 400 pada Desember 2022, manga itu hiatus lagi. Saat itu, manga itu masih ada di bagian Karya Serialisasi di Weekly Shonen Jump. Karenanya, penggemar mengira kalau Togashi akan kembali menyelesaikan manga itu tahun ini. Tapi, setelah manga itu diarsipkan, sulit untuk disebutkan apakah serial itu akan kembali.
Tidak akan Pernah Tamat, Hunter x Hunter Di-Cancel Selamanya

Foto: CBR

Hunter x Hunter telah diserialkan di Weekly Shonen Jump sejak Maret 1998. Tapi, karena masalah kesehatan Togashi, aliran manga itu pun jadi terganggu. Serial itu hiatus selama 84 pekan dari 2006—2007 dan hiatus lagi di sepanjang 2008 yang menyebabkan hiatus sepanjang 53 pekan dari 2009—2010. Setelah itu, Hunter x Hunter kembali hiatus selama 59 pekan dari 2010—2011. Pada 2012, manga ini hiatus selama 35 pekan dan hiatus selama 75 pekan dari 2013—2014. Serial ini kemudian hiatus on and off dari 2014—2018.

Sejak November 2018, setelah chapter 390 dirilis, serial itu hiatus panjang. Pada Oktober 2022, Togashi kembali merilis serial itu. Dengan kembalinya chapter baru Hunter x Hunter, penggemar pun bahagia.

Tapi, beberapa bulan kemudian, serial itu kembali hiatus akibat kesehatan Togashi yang terus menurun. Meskipun belum konfirmasi resmi atau pembaruan tentang manga itu dari penulis atau situs resmi serial ini, masuknya Hunter x Hunter ke bagian diarsipkan di Shonen Jump membuktikan kalau itu menjadi kekhawatiran besar bagi fandom. Mereka tampaknya harus siap-siap kecewa.
Tidak akan Pernah Tamat, Hunter x Hunter Di-Cancel Selamanya

Foto: Animated Times

Akun Twitter @WSJ_manga mengatakan, belum ada konfirmasi atau pernyataan tentang jadwal perilisan Hunter x Hunter di masa depan. Sementara, manga tu masih muncul di bagian ‘karya serialisasi’ di situs Weekly Shonen Jump hingga 29 Desember 2022. Tapi, setelah itu, serial tersebut dikeluarkan dari Daftar Isi majalah cetaknya.



Pembaca manga dan penggemar serial itu sudah memperlihatkan reaksi berbeda sejak tahu tentang kabar kalau serial itu telah dipindahkan ke bagian diarsipkan. Beberapa dari mereka mengatakan itu lebih baik karena Togashi berada di bawah banyak tekanan untuk mengerjaka serial ini secara reguler, yang mengakibatkan kesehatannya menurun. Sementara, sejumlah penggemar kecewa dengan pembaruan terbaru tentang status manga itu di Shonen Jump.

Hunter x Hunter mungkin tidak akan bisa menyelesaikan petualangan Gon. Tapi, meskipun tanpa cerita yang selesai, Togashi telah membuat sebuah masterpiece yang akan dibaca untuk waktu lama. Di saat penggemar mendoakan kesehatan Togashi, mereka berharap kalau dia akan kembali menyelesaikan petualangan Gon.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1792 seconds (0.1#10.140)