Apakah Dunia Kuantum di Film Ant-Man? Begini Penjelasannya!

Rabu, 15 Februari 2023 - 23:40 WIB
loading...
Apakah Dunia Kuantum...
Ant-Man memperkenalkan Dunia Kuantum, sebuah dunia mikroskopik penting di Marvel Cinematic Universe (MCU) dan akan jadi lebih penting lagi di franchise ini. (Foto: Bell of Lost Souls)
A A A
Dunia Kuantum sudah menjadi lokasi penting di Fase 2 Marvel Cinematic Universe (MCU) . Tapi, sampai sekarang, dunia itu belum benar-benar dijelaskan dengan layak. Dunia Kuantum diperkenalkan ke MCU di film Ant-Man, di mana Scott Lang (Paul Rudd) pergi ke dunia mikroskopik itu meski sudah diperingatkan mentornya, Hank Pym (Michael Douglas).

Di proyek lain MCU, Ant-Man dan krunya sepertinya mendapatkan kendali melakukan perjalanan masuk dan melintasi Dunia Kuantum. Tapi, sementara Dunia Kuantum penting di MCU, dunia baru aneh ini tetap menjadi misteri besar. Dunia ini telah tampil di 3 film Ant-Man dan 1 film Avengers.

Dunia Kuantum membuat Avengers bisa melakukan perjalanan menembus waktu di Avengers: Endgame untuk menyelamatkan dunia. Di Ant-Man and the Wasp: Quantumania, Ant-Man, Wasp, Hank Pym, Janet van Dyne, dan Cassie Lang terjebak di Duia Kuantum. Mereka kemudian berhadapan dengan karakter baru dan aneh yang tinggal di sana. Kang the Conqueror, penjahat utama Multiverse Saga, juga berada di sana dan diperkenalkan lewat film itu. Tapi, apa sesungguhnya Dunia Kuantum itu? Mengutip Screen Rant, berikut penjelasannya!



1. Apakah sebenarnya Dunia Kuantum Itu?

Apakah Dunia Kuantum di Film Ant-Man? Begini Penjelasannya!

Foto: Marvel

Di MCU, Dunia Kuantum adalah dimensi mikroskopik yang digambarkan Hank Pym sebagai sebuah realitas di mana semua konsep waktu dan ruang menjadi tidak relevan. Hank juga mengindikasikan kalau Dunia Kuantum adalah dunia yang belum tereksplorasi sepenuhnya. Itu dikatakan seperti itu sebelum mata Hank benar-benar terbuka untuk melihat seperti apa kehidupan di Dunia Kuantum sesungguhnya di Ant-Man and the Wasp: Quantumania.

Produser Marvel Studios Stephen Broussard mengatakan, Dunia Kuantum adalah dunia yang tidak seperti Asgard atau Wakanda. Ini mengindikasikan kalau Dunia Kuantum adalah dunia besar yang harus dieksplorasi di MCU. Meskipun, terasa terlalu kecil.

Hank adalah manusia pertama yang menemukan keberadaan Dunia Kuantum lewat penggunaan Partikel Pym-nya. Zat itu membuatnya, dan teman-temannya, bisa mengerut hingga ukuran yang sangat kecil. Dunia Kuantum adalah dimensi yang punya ruangan di antara atom. Jadi, sementara itu kecil dibandingkan dunia permukaan, di dalam Dunia Kuantum ada banyak kawasan berbeda. Di sana, ada berbagai macam makhluk aneh dan bahkan menjadi rumah seluruh peradaban. Sepertinya, Dunia Kuantum menjadi penjara yang sempurna karena Kang the Conqueror menemukan dirinya terjebak di dalam tanpa sarana untuk keluar.

2. Setiap Film MCU yang Melibatkan Dunia Kuantum

Apakah Dunia Kuantum di Film Ant-Man? Begini Penjelasannya!

Foto: Digital Spy

Konsep Dunia Kuantum awalnya diperkenalkan di MCU lewat Ant-Man (2015). Sejak saat itu, sejumlah proyek Ant-Man telah memasukkan dimensi itu ke cerita mereka. Tapi, Dunia Kuantum selalu diasosiasikan dengan franchise Ant-Man. Dunia itu tampil di Ant-Man and the Wasp dengan konsep yang lebih diperluas sebelum muncul di Avengers: Endgame. Ant-Man and the Wasp: Quantumania mengungkap lebih banyak misteri dari dunia tersebut.

Aspek Dunia Kuantum juga tampil di Doctor Strange (2016). Saat itu, Ancient One mengirim Stephen Strange ke banyak dimensi multiverse, dengan salah satunya adalah Dunia Kuantum. Tapi, Strange tidak benar-benar memahami apa yang dia lihat. Dunia Kuantum juga tampil di What If…? dan disebut di Ms. Marvel.

3. Perbedaan Dunia Kuantum di Komik dan Apa Sebutannya

Apakah Dunia Kuantum di Film Ant-Man? Begini Penjelasannya!

Foto: Marvel Database – Fandom

Dunia Kuantum MCU adalah penggabungan dari dua lokasi berbeda di komik, yaitu Zona Kuantum dan Microverse. Zona Kuantum adalah dunia di mana semua energi semesta berasal. Sementara, Microverse adalah tempat banyak dimensi subatomik.

Dunia-dunia ini telah dieksplorasi berkali-kali di Komik. Microverse adalah rumah tim superhero Micronauts. Hak film Micronauts adalah di tangan Paramount Pictures, makanya Marvel Studios tidak bisa menggunakan istilah Microverse ketika memperkenalkan Dunia Kuantum ke MCU. Tapi, Dunia Kuantum punya banyak persamaan dengan versi komiknya.

Zona Kuantum di komik adalah lokasi yang lebih misterius. Tapi, mungkin lebih penting karena merupakan sumber semua energi alam semesta dan juga yang memberikan kekuatan Gelang Quantum. Salah satu karakter komik yang terkenal dengan gelang ini adalah Qasar. Kalau dia debut di MCU, maka dia bisa bergabung dengan Micronauts versi MCU dan juga tim ala Avengers di Dunia Kuantum. Di komik, Microverse sebenarnya adalah sistem dunia yang hidup, yang bisa menjadi perkembangan menarik untuk diperkenalkan di MCU.

4. Bagaimana Waktu Berlalu secara Berbeda di Dunia Kuantum?

Apakah Dunia Kuantum di Film Ant-Man? Begini Penjelasannya!

Foto: Game Rant

Ant-Man and the Wasp mengungkapkan kalau Janet van Dyne terjebak di Dunia Kuantum selama 30 tahun. Dia juga terlihat menua. Tapi, ketika Scott Lang terjebak di Dunia Kuantum dan bebas lima tahun kemudian, dia hanya merasa terjebak selama 5 jam. Fakta kalau tidak banyak yang dipahami atas konsep waktu di Dunia Kuantum sangat pas dengan komentar Hank Pym di Ant-Man. Waktu itu, dia mengatakan kalau di dunia itu waktu jadi tidak relevan. Scott mengatakan kalau Dunia Kuantum benar-benar tidak bisa diprediksi.

Peringatan dari Janet van Dyne tentang Dunia Kuantum di Ant-Man and the Wasp termasuk memastikan kalau Scott tidak akan tersedot ke pusaran waktu. Ini mengindikasikan kalau waktu bekerja dengan sangat berbeda di area berbeda di Dunia Kuantum. Jadi, sementara Scott terjebak di sana selama 5 tahun, itu terasa seperti 5 jam. Ant-Man and the Wasp: Quantumania mengungkapkan kalau Kang sudah dipenjara di Dunia Kuantum selama bertahun-tahun. Tapi, ini bisa jadi lebih lama dari perspektifnya. Ini memberinya waktu untuk membangun pasukan dan merencanakan serangannya.

5. Bagaimana Dunia Kuantum Dipakai untuk Perjalanan Waktu?

Apakah Dunia Kuantum di Film Ant-Man? Begini Penjelasannya!

Foto: Screen Greek

Sementara konsep waktu di Dunia Kuantum mungkin terlihat benar-benar menakutkan, pusaran waktu itulah yang memberikan peluang Avengers untuk melakukan perjalanan waktu. Mereka bisa memasuki Dunia Kuantum di satu poin dan kemudian bepergian melalui pusaran untuk keluar di titik lainnya. Yang menarik, Dunia Kuantum juga membuat orang bisa bepergian melintasi lini masa. Ini karena Steve Rogers kembali dari pensiunnya untuk memberikan tameng Captain America kepada Sam Wilson meski hidup di lini masa lain. Mungkin ada cara lain yang belum ditemukan untuk menggunakan Dunia Kuantum untuk melakukan perjalanan waktu. Ini bisa diungkapkan lebih lanjut di proyek masa depan MCU.

6. Apakah Dunia Kuantum Terkoneksi dengan Multiverse?

Apakah Dunia Kuantum di Film Ant-Man? Begini Penjelasannya!

Foto: Marvel

Penulis Ant-Man and the Wasp: Quantuamania Jeff Loveness mengonfirmasi kalau Dunia Kuantum adalah realitas yang terpisah di multiverse MCU. Faktanya, Dunia Kuantum dipakai sebagai rubanah multiverse. Itu artinya, perjalanan melintasi multiverse adalah titik poin kunci jauh sebelum Multiverse Saga dan diperkenalkannya America Chavez (Xochitl Gomez) di Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Ini juga membuat Ant-Man and the Wasp: Quantumania menjadi film yang sempurna untuk memulai Fase 5 MCU. Itu bahkan bisa berarti kalau Dunia Kuantum terdampak aksi Loki dan Sylvie di final Loki season 1.

7. Apa Peraturan Dunia Kuantum?

Apakah Dunia Kuantum di Film Ant-Man? Begini Penjelasannya!

Foto: Marvel

Konsep apa pun yang disadari manusia di atas permukaan menjadi tidak bisa ditebak dan mungkin tidak bisa dipahami ketika memasuki Dunia Kuantum. Diketahui kalau tubuh manusia masih harus melalui cara hidup yang sama karena Janet menua ketika berada di Dunia Kuantum. Tapi, dunia itu juga membuatnya bisa berevolusi dan mendapatkan kemampuan dengan energi Kuantum.

Sepertinya mustahil untuk menentukan tempta yang tepat untuk bepergian ke Dunia Kuantum tanpa bantuan dari dalam. Janet merasuki Scott selama Ant-Man and the Wasp untuk membantu keluarganya menemukannnya. Ketidakpastian ini membuat Dunia Kuantum menjadi setting yang benar-benar berbahaya di MCU.

8. Mengapa Dunia Kuantum Sangat Berbahaya?

Apakah Dunia Kuantum di Film Ant-Man? Begini Penjelasannya!

Foto: Marvel

Selain diseret ke pusaran waktu atau dimakan monster kecil, Dunia Kuantum punya fitur berbahaya lain yang berarti terjebak di dalamnya berpotensi berisiko fatal. Serial What If…? memperlihatkan sebuah realitas alternatif di mana sebuah virus menginfeksi Janet van Dyne selama berada di Dunia Kuantum. Ini menyebabkan wabah zombie ke dunia permukaan ketika dia dan Hank kembali. Di atas semua itu, fakta kalau penjahat super seperti Kang the Conqueror tinggal di Dunia Kuantum berarti ada bahaya yang tidak hanya datang dari lingkungan liar. Tapi, juga berasal dari Dunia Kuantum.



9. Mengapa Dunia Kuantum Penting bagi MCU?

Apakah Dunia Kuantum di Film Ant-Man? Begini Penjelasannya!

Foto: Marvel

Seberbahaya apa pun ancamannya, pengenalan Kang the Conqueror di Ant-Man and the Wasp: Quantumania menandai lompatan besar ke Multiverse Saga karena membangun ke Avengers: The Kang Dynasty. Fakta kalau Dunia Kuantum berhasil menjebak Kang mengindikasikan kalau dimensi kecil ini lebih kuat dari yang pernah dipercaya penonton. Tempat ini juga bisa penting dalam mengalahkan Kang. Sepertinya, aspek lebih berbahaya Dunia Kuantum akan dieksplorasi lebih lanjut. MCU sepertinya akan menuju ke arah yang lebih gelap di Fase 5.
(alv)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1434 seconds (0.1#10.140)