10 Bintang Film Terkenal Ini Belum Pernah Dapat Oscar

Kamis, 26 Januari 2023 - 09:48 WIB
loading...
10 Bintang Film Terkenal Ini Belum Pernah Dapat Oscar
Ada sejumlah bintang film terkenal di dunia yang belum pernah mendapatkan Oscar. Mereka telah dinominasikan di penghargaan bergengsi itu, tapi belum beruntung. (Foto: Medium)
A A A
Nominasi Oscar 2023 telah diumumkan dengan kejutan dan lainnya. Selain Film dan Sutradara Terbaik, kategori yang juga sering dijadikan buah bibir adalah Aktor dan Aktris Terbaik. Selama puluhan tahun, ada kepercayaan kalau siapa pun yang memenangkan kategori itu di Golden Globe, juga akan menang di Oscar. Tapi, itu tidak selalu benar.

Faktanya, Oscar punya penilaian sendiri dan tak jarang hasilnya mengejutkan banyak orang. Di kategori Aktor Terbaik dan Aktris Terbaik, ada banyak aktor dan aktris yang telah berulang kali dinominasikan tapi tidak pernah menang. Meskipun, mereka berhasil menggondol Golden Globe.

Yang mengejutkan, ada banyak aktor dan aktris terkenal dengan film-film penembus box office dan memenangkan pujian kritikus belum pernah memenangkan Oscar. Meskipun, ada di antara mereka yang telah berkali-kali dinominasikan. Oscar adalah penghargaan paling bergengsi di dunia akting dan tak heran kalau banyak bintang film ternama mengincarnya.

Mendapatkan Oscar butuh perjuangan keras. Leonardo DiCaprio harus 7 kali dinominasikan sebelum “pecah telur” pada 2015 ketika dia pada akhirnya meraih Oscar pertamanya lewat The Revenant. Aktor atau aktris lain juga butuh waktu untuk meraihnya. Siapa saja bintang film terkenal yang belum pernah mendapatkan Oscar? Simak ulasannya berikut ini!



10. Glenn Close

10 Bintang Film Terkenal Ini Belum Pernah Dapat Oscar

Foto: Showbiz Cheat Sheet

Karier Glenn Close membentang hingga puluhan tahun sejak dia mengawalinya pada 1970an. Dalam setiap penampilannya, dia selalu menunjukkan kepiawaian aktingnya dengan menjelma menjadi karakter yang dia perankan seolah nyata adanya. Total, dia telah mendapatkan 8 nominasi Oscar, 4 untuk Aktris Terbaik dan 4 untuk Aktris Pendukung Terbaik.

Tapi, sampai sekarang, Glenn belum pernah membawa pulang satu pun Piala Oscar ke rumahnya. Padahal, Glenn adalah aktris serba bisa yang telah terbukti kemampuannya selama 40 tahun lebih berkarier di Hollywood. Dia bisa menjadi seorang penguntit seksi di Fatal Attraction hingga menjadi penjahat Disney yang tetap melegenda sampai saat ini, Cruella di 101 Dalmatians.

9. Amy Adams

10 Bintang Film Terkenal Ini Belum Pernah Dapat Oscar

Foto: Showbiz Cheat Sheet

Sepanjang kariernya, Amy Adams telah mendapakan 6 nominasi Oscar. Tapi, dia tidak pernah menang sekali pun untuk memamerkan betapa mengagumkannya aktingnya. Situs The Thing mengatakan, sejumlah orang di industri film mengatakan kalau Amy diperlaukan dengan tidak adil di Academy.

Menurut situs itu, Amy seharusnya layak mendapatkann Oscar dengan nominasi pertamanya. Amy mengubah dirinya ke setiap karakter yang dia pernakan. Mau itu putri di Enchanted atau protege Julia Child di Julie and Julia. Dia layak dan telah membuktikan kalau dia seharusnya mendapatkan pengakuan seperti yang didapatkan aktor/aktris lain di Oscar.

8. Bradley Cooper

10 Bintang Film Terkenal Ini Belum Pernah Dapat Oscar

Foto: The Hollywood Reporter

Bradley Cooper telah membintangi banyak film yang menghasilkan nominasi Oscar. Begitu juga dengan dirinya. Sepanjang kariernya, dia telah dinominasikan sebanyak 3 kali untuk Aktor Terbaik dan 1 kali untuk Aktor Pendukung Terbaik. Tapi, sampai saat ini, dia belum pernah memenangkan satu kali pun Oscar.

Bradley adalah salah satu aktor dengan penampilan yang selalu maksimal di setiap perannya. Meski lebih sering mendapatkan peran di film serius, Bradley juga bisa tampil rileks dan santai. Dia adalah pengisi suara karakter Rocket Raccoon di MCU yang dikenal kasar dan kocak.

7. Robert Downey Jr.

10 Bintang Film Terkenal Ini Belum Pernah Dapat Oscar

Foto: Marca

Memerankan tokoh asli di sebuah film atau biopic adalah jaminan nominasi Oscar. Begitu juga yang terjadi pada Robert Downey Jr. Sekitar 30 tahun lalu, dia mendapatkan nominasi Oscar pertamanya lewat perannya sebagai Charlie Chaplin di film Chaplin. Tapi, dia tidak menang.

Setelah mengatasi kontroversi dan meluncurkan kembali karier filmnya, di era 2000-an, aktor itu hampir mencapai kesuksesan yang belum pernah dia capai sebelumnya. Pada 2008, Robert kembali dinominasikan untuk Oscar lewat Tropic Thunder. Dia kemudian menjadi pemeran utama di film superhero Iron Man dan kemudian sisanya adalah sejarah. Ada harapan bagi Robert untuk mendapatkan Oscar karena dia masih terus aktif meski mundur dari MCU.

6. Toni Collette

10 Bintang Film Terkenal Ini Belum Pernah Dapat Oscar

Foto: CNN

Toni Collette adalah salah satu aktris dengan penampilan yang tidak pernah mengecewakan di setiap film atau serial yang dia bintangi. Dia adalah aktris serba bisa yang selalu mampu mewujudkan peran apa pun yang diberikan kepadanya. MovieWeb bahkan menyebut kalau Toni seharusnya memenangkan Oscar untuk perannya di Hereditary.

Faktanya, Toni baru sekali mendapatkan nominasi Oscar. Padahal, penampilannya di Little Miss Sunshine dan Sixth Sense berhasil memukau banyak orang. Karakternya di Velvet Buzzsaw, Knives Out, dan I’m Thinking of Ending Things membuktikan kalau dia sangat mumpuni dalam peran apa pun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1964 seconds (0.1#10.140)