7 Dessert Terpopuler Asal Indonesia, Ada Dadar Gulung hingga Kolak!

Sabtu, 26 November 2022 - 22:13 WIB
Wajik atau wajid adalah kue ketan tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa. Biasanya dibuat dengan kombinasi beras ketan, gula aren, santan, daun pandan, dan garam. Wajik biasanya berwarna cokelat yang disajikan dengan cara dipotong-potong berbentuk kotak.

5. Getuk



Foto:Instagram @yukmakan.channel

Makanan penutup Indonesia ini dibuat dengan singkong rebus. Versi tradisional, menggabungkan singkong tumbuk dan gula melaka, yang membuat getuk mempunyai warna cokelat. Sedangkan versi lebih modern, menggunakan warna-warna yang lebih cerah dan dibentuk semenarik mungkin. Selain singkong, getuk juga bisa dibuat dari talas, pisang, atau ubi jalar.

6. Kolak



Foto: Instagram @parboaboa

Pada dasarnya, kolak terdiri dari bahan-bahan manis yang dikombinasikan santan dan gula, serta daun pandan. Bahan utama dalam pembuatan kolak pun beragam. Namun, yang paling umum dan sering digunakan adalah pisang, ubi, singkong, labu, dan nangka.

Baca Juga: 8 Drama Sageuk yang Happy Ending, dari yang Romantis sampai Komedi

7. Kue Lapis



Foto:Instagram/@kulinerio

Kue lapis adalah makanan penutup tradisional Indonesia yang juga populer di Malaysia, Suriname, Brunei, dan Singapura. Biasanya dibuat dari tepung beras, sagu, gula, garam, santan, dan pewarna makanan merah, hijau, atau merah muda. Semua bahan digunakan untuk membuat kukus yang bentuk akhirnya berlapis-lapis dengan tekstur yang kenyal.

GenSINDO

Riad Nur Hikmah

Politeknik Negeri Jakarta
(ita)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More