6 Film Korea Berdasarkan Kisah Nyata yang Mengerikan

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 09:53 WIB
Film Silenced diadaptasi dari kisah nyata pelecehan seksual yang terjadi di sekolah khusus penyandang tuli. Foto/CJ Entertainment
JAKARTA - Film kerap mengadaptasi atau terinspirasi dari kisah nyata, baik yang kisahnya inspiratif maupun yang membuat bergidik, termasuk beberapa film dari Korea Selatan.

Sejumlah peristiwa kriminal mengerikan yang mengguncang negara hingga gerakan perjuangan yang menewaskan ratusan orang pernah direkam sineas Korea dalam film layar lebar. Film-film ini berhasil menggambarkan begitu mengerikannya tragedi tersebut, meninggalkan luka yang sulit hilang.

Berikut ini enam film Korea berdasarkan kisah nyata yang mengerikan dari negara tersebut, mengutip Kpopmap.

1. Silenced (2011)





Foto: CJ Entertainment

Film ini sudah sangat populer di luar Korea Selatan. Sutradaranya adalah Hwang Dong-hyuk, pembuat serial thriller hit Squid Game. Adapun kisahnya tentang seorang guru (diperankan Gong Yoo), yang berusaha membongkar kasus pelecehan seksual yang dialami para murid di sekolah khusus untuk anak-anak tuli.

Film ini diadaptasi dari novel The Crucible, yang menggambarkan kisah nyata yang terjadi di Gwang-ju School for Deaf pada awal 2000-an. Kasus pelecehan seksual tersebut sangat mengguncang negara hingga membuat pemerintah mengeluarkan aturan hukum terkait kasus pelecehan seksual yang melibatkan korban anak-anak dan penyandang disabilitas.

Kamu bisa menonton Silenced di Viu.

2. Midnight (2021)



Foto: CJ ENM

Midnight menceritakan tentang seorang perempuan tuli yang bekerja sebagai penerjemah bahasa isyarat. Sepulang kerja, ia menyaksikan seorang gadis dibunuh dengan kejam. Ia pun akhirnya ikut menjadi sasaran sang pembunuh, yang belakangan diketahui adalah seorang pembunuh berantai.

Midnight diangkat dari kisah nyata tentang pembunuh berantai di Korea bernama Yoo Young-chul, yang berjuluk "Pembunuh Berjas Hujan". Dia disebutkan telah membunuh 20 orang antara tahun 2003-2004. Yang mengerikan, sebagian korban juga ia makan hatinya.

Film ini dibintangi Jin Ki-joo, Wi Ha-jun, Park Hoon, Gil Hae-yeon, dan Kim Hye-yoon. Kamu bisa menonton film ini di Viu dan iQIYI.

3. Han Gong-Ju (2013)



Foto: CGV Movie Collage
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More