4 Drama Korea Kena Kritik tapi Tetap Raih Rating Tinggi dan Cetak Sejarah

Sabtu, 03 September 2022 - 10:03 WIB
Selain rating tinggi, Mr. Sunshine juga berhasil meraih sejumlah penghargaan, antara lain Drama of The Year dari APAN Star Awards 2018, Best Creative Award dari Asia Contents Awards 2019. Drama ini juga membuat Lee Byung-hun meraih gelar aktor terbaik dari 55th Baeksang Awards.

Baca Juga: 8 Drama Korea yang Bikin Menguras Air Mata, Tayang di Netflix


Tapi, di tengah kesuksesannya, Mr. Sunshinejuga tidak luput dari kritik karena ada hal-hal yang dianggap tidak sesuai dengan sejarah di mata penonton. Cerita yang disuguhkan dianggap tidak menggambarkan fakta yang terjadi saat era Dinasti Joseon secara akurat. Bahkan, petisi pun sempat dilakukan karena kreator drama ini dinilai seolah-olah ingin menggambarkan bahwa orang-orang di era Joseon bukanlah korban penjajahan.

Dari sisi karakter juga tak lepas dari kritik para penonton. Mereka keberatan dan memprotes latar belakang Goo Dong-mae,kepala Black Dragon Society di Hanseong yang merupakan organisasi pro-Jepang.

Karakter Dong-mae yang digambarkan sebagai sosok yang mempesona dianggap sebagai bentuk romantisasi pro-Jepang. Seperti diketahui, Jepang pernah menjajah Korea pada tahun 1910 hingga 1945.

Fazjri Abdillah

Kontributor GenSINDO

Politeknik Negeri Jakarta

Instagram: @rana.warta
(ita)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More