10 Lagu BTS yang Terinspirasi Buku dan Karya Sastra Dunia

Selasa, 30 Agustus 2022 - 17:58 WIB
7. Serendipity - Le Petit Prince (Antoine de Saint-Exupery)



Foto:Reynal & Hitchcock

Buku klasik ini mengisahkan pertemuan tokoh utama, seorang pilot yang jatuh di Gurun Sahara lalu bertemu laki-laki aneh, yang menyebut dirinya pangeran cilik. Laki-laki (pangeran cilik) itu berasal dari luar angkasa.

Dalam percakapan yang dilakukan keduanya, Antoine mengungkapkan pandangannya soal kesalahpahaman yang seringkali terjadi di tengah masyarakat. Ia juga membahas mengenai kebenaran sederhana yang suka dilupakan seiring bertambahnya usia seseorang.

Adapun Serendipity adalah lagu solo Jimin dalam album Love Yourself: Her. Dalam video musiknya, Jimin memerankan pangeran kecil, menyanyikan cintanya untuk sebuah mawar yang mewakili rasa cinta. Lagu ini juga terinspirasi dari puisi Korea The Flowerciptaan penyair Kim Chun Soo yang bercerita tentang pengakuan dari seseorang yang dicintai.

Baca Juga: Playlist Vlog Jung-Kook BTS saat Kemping, Ada Lagu Indonesia

8. Spring Day - The Ones who Walk Away from Omela (Ursula K. Le Guin)



Foto:Harper Perennial

Lagu klasik BTS ini terinspirasi cerpenThe Ones Who Walk Away From Omelas, yangbercerita tentang suatu tempat bernama Omelas. Di sana, digambarkan seluruh rakyatnya hidup bahagia, sejahtera, dan rukun sekalipun tidak ada aturan ataupun hukum yang berlaku di sana.

Namun seluruh kebahagiaan tersebut bergantung pada penderitaan abadi seorang anak kecil yang 'dikunci' bertahun-tahun di suatu ruangan gelap dan sempit. Dalam video musik Spring Day juga digambarkan BTSberdiri dengan nuansa musim salju berlatar belakang tulisan Omelas.

Selain cerpen tersebut, lagu ini juga sering dikaitkan dengan tragediKapal MV Sewol pada 16 April 2014 yang menewaskan banyak anak-anak sekolah. Tragedi ini menjadi skandal di Korea karena ketidakbecusan pemerintah dalam menangani kasus tersebut. Siapa pun yang membicarakan kasus ini juga diancam di-blacklist oleh pemerintah saat itu.

BTS membuat lagu ini sebagai bentuk dukungan kepada keluarga yang ditinggalkan ataupun korban. Lagu ini juga dianggap sebagai bentuk kritik terhadap pemerintah karena operasi penyelamatan yang memakan waktu terlalu lama sehingga banyak dari penumpang tidak tertolong.

9. Anpanman - Anpanman (Takashi Yanase)



Foto: Amazon

Lagu Anpanman terinspirasi dari buku serial bergambar untuk anak-anak ciptaan kartunis asal Jepang Takashi Yanase. Tak hanya itu, serial ini juga dibuat kartun animasinya dan telah ditayangkan di NTV Jepang sejak 1988. Kartun ini juga populer di Korea pada era 1990-an.

Buku bergambar ini menceritakan tentang manusia roti kacang merah yang merupakan sosok pahlawan terlemah di dunia. Dia tidak punya kekuatan super layaknya superhero lainnya. Tapi, dia suka membantu orang di sekitarnya dengan memberikan roti kacang merah yang diambil dari bagian kepalanya. Roti itu lalu dibagikan kepada orang-orang yang sedang membutuhkan.

Dalam lirik lagunya, BTS menempatkan diri mereka layaknya Anpanman yang merelakan diri mereka untuk membantu para pendengar melewati hari-hari sulit mereka. Bisa dibilang, dengan menjadi seorang idola, mereka merelakan kehidupan pribadinya 'hilang' karena harus 'membantu' penggemarnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More