7 Makhluk Mitologi Jepang yang Sering Muncul di Anime

Kamis, 30 Juni 2022 - 20:27 WIB
Tanuki tidak sesering kitsune soal penampilannya di anime. Namun, Inuyasha punya penampakan makhluk ini pada Hachi. Selain itu, ada juga Yasaburou Shimogamo dari The Eccentric Family, and Poco dari Poco's Udon World. Anime Pom Poko punya karakter yang seluruhnya adalah tanuki.

3. Tengu



Foto: GeGeGe no Kitaro

Tengu muncul dalam banyak bentuk berbeda. Tapi, biasanya, mereka tampil dengan bentuk raga manusia. Hanya, mereka punya sayap, dengan hidung panjang atau paruh. Wajahnya merah dan terlihat mengerikan. Mereka juga sering dianggap makhluk jahat. Namun, legenda mengatakan, mereka sebenarnya adalah penunggu gunung yang akan memberikan petunjuk arah kepada orang yang tersesat.

Di anime, tengu bisa muncul dengan sangat berbeda. Di sejumlah serial, tengu tidak punya hidung panjang atau paruh. Mereka bahkan tampil menarik. Contohnya adalah Hatori dari Kakuriyo no Yadomeshi. Karakter anime lain yang juga berbasis tengu adalah karakter dari GeGeGe no Kitaro.

2. Nekomata



Foto: Lost in Anime

Konon, nekomata adalah kucing yang hidup cukup lama hingga bisa punya kekuatan sihir. Hanya kucing tertua dan paling cerdas yang bisa berubah menjadi nekomata. Ketika berubah menjadi makhluk mitos ini, kucing itu akan punya ekor dua. Kucing ini tidak pernah mengganggu manusia dan tinggal di hutan untuk berburu mangsa.

Makhluk ini juga cukup sering muncul di anime. Blue Exorcist menampilkan nekomata dalam bentuk Kuro, kucing hitam penjaga kuil yang selalu mengikuti Rin Okumura. Dia bisa berubah menjadi kucing raksasa dengan kekuatan luar biasa. Selain itu, di Naruto juga ada dalam bentuk Nibi no Nekotama. Anime lain yang juga punya makhluk kucing ini antara lain Inuyasha, High School DxD, dan Fire Force.



1. Kitsune



Foto: Narutopedia

Kitsune adalah rubah mistis di Jepang. Makhluk ini digambarkan sebagai makhluk suci, bijak dan pintar. Masyarakat sana juga percaya kalau kitsune telah berusia 1.000 tahun, maka dia akan diberi sembilan ekor dan kekuatan sihir yang kemudian bisa disebut Kyuubi. Dia pun bisa berubah menjadi manusia. Dia bisa mengendalikan api dan petir.

Kitsune banyak ditemukan di anime dan sering muncul. Yang paling terkenal adalah Kurama di Naruto. Makhluk itu punya kekuatan yang membantu Naruto dalam pertarungan. Selain Kurama, ada juga Tomoe di Kamisama Kiss. Di serial ini, kitsune muncul dalam bentuk manusia, yaitu Tomoe, yang menjadi penjaga sebuah kuil.
(alv)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More