5 Artis Korea Kontroversial yang Diminta Tak Balik Lagi ke Industri Hiburan menurut Survei

Rabu, 29 Juni 2022 - 11:47 WIB
Tak cuma itu, selama tiga tahun, ia juga harus memakai alat khusus agar pemerintah bisa mengawasi aktivitasnya. Pria 46 tahun ini juga terus diawasi selama lima tahun saat berada di area publik.

Baca Juga: 9 Skandal K-Pop Terbesar dalam Sejarah, Terbaru Kim Garam

Pada 2015, ia dibebaskan dari penjara. Pada 2020, Young-wook berusaha comeback dengan membuat akun Instagram. Namun akun tersebut langsung diblokir karena aturan Instagram (juga Twitter) menetapkan bahwa pelaku kekerasan seksual dilarang memiliki akun di aplikasi itu. Ia juga diblokir untuk tampil di stasiun televisi.

3. Steve Yoo - 55,8%





Foto: Yonhap



Steve Yoo alias Yoo Seung-jun juga adalah penyanyi, yang pernah sangat populer pada akhir era 1990-an dan awal 2000-an. Ia dibenci warga Korea karena menolak secara tidak langsung melakukan wajib militer, dengan cara mengajukan menjadi warga negara Amerika Serikat. Sesuai aturan, mereka yang memiliki dua kewarganegaraan bisa terbebas dari wajib militer.

Peristiwa yang terjadi pada 2002 itu akhirnya membuat Steve Yoo dilarang kembali ke Korea Selatan. Ia juga menjadi satu-satunya warga Korea Selatan yang mendapat larangan itu karena mengajukan proposal menjadi warga negara lain. Pria berusia 45 tahun itu kini disebut lebih banyak bekerja sebagai aktor di China.

4. G.NA - 40,8%



Foto: Cube Entertainment

Lagi-lagi seorang penyanyi, kali ini adalah G.NA yang terlibat dalam kasus prostitusi pada 2016. Ia terbukti melakukan hubungan intim dengan seorang pengusaha di Amerika Serikat, dan membuatnya didenda 35 juta won atau Rp401 juta. Hingga kini, G.NA masih tak terlihat aktif dalam dunia hiburan Korea.

Sebagian netizen kecewa saat mengetahui bahwa perempuan bernama asli Gina Jane Choi ini masuk dalam lima besar survei, di antara para pelaku kejahatan seksual. Mereka berargumen bahwa G-NA tak merugikan orang lain, berbeda dengan dua nama teratas dalam survei ini.

Netizen juga menyinggung soal budaya patriarki yang masih kuat di Korea Selatan sebagai penyebab G.NA masuk dalam daftar. Mereka membandingkannya dengan Jun Joon-young, member band rock JJY Band, yang merekam dan menyebarkan video seksual para perempuan tanda seizin korban, tapi tak masuk dalam daftar survei ini. Kasus yang melibatkan Joon-young tersebut juga yang mengawali terkuaknya kasus Burning Sun Scandal.

5. MC Mong - 37,6%





Foto: DreamT Entertainment
Halaman :
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.