5 Artis Korea Kontroversial yang Diminta Tak Balik Lagi ke Industri Hiburan menurut Survei

Rabu, 29 Juni 2022 - 11:47 WIB
loading...
5 Artis Korea Kontroversial yang Diminta Tak Balik Lagi ke Industri Hiburan menurut Survei
Seungri mantan member BIGBANG menjadi yang paling tidak diinginkan kembali ke industri hiburan Korea. Foto/Chung Sung-Jun, Getty Images
A A A
JAKARTA - Real Research Korea belum lama ini menggelar survei kepada warga Korea terkait para artis yang diharapkan tidak lagi aktif dalam industri hiburan.

Real Research Korea adalah bagian dari perusahaan global yang berfokus pada survei terkait bidang pemasaran dan bisnis. Dalam situs web resminya, dicantumkan bahwa mereka sudah berpengalaman selama 20 tahun.

Mengutip Allkpop, lewat aplikasi The Real Research Mobile Survey App, Real Research Korea mengadakan survei dengan pertanyaan "Siapa selebritas Korea yang diharapkan tidak lagi kembali ke industri hiburan?". Hasilnya, ada 3.507 warga Korea usia dewasa yang berpartisipasi sejak 9-16 Mei 2022.

5 Artis Korea Kontroversial yang Diminta Tak Balik Lagi ke Industri Hiburan menurut Survei

Foto: via Allkpop

Ada lima nama yang masuk dalam urutan lima besar hasil survei tersebut. Mereka adalah para seleb yang namanya pernah tersangkut kasus kriminal hingga kontroversi yang menggemparkan masyarakat negara tersebut. Berikut nama-namanya, diurut dari yang paling tidak diinginkan untuk kembali oleh warga Korea.

1. Seung-Ri - 66,4%


5 Artis Korea Kontroversial yang Diminta Tak Balik Lagi ke Industri Hiburan menurut Survei

Foto: Yonhap

Pada 2019, Seungri terlibat dalam kasus yang disebut sebagai Burning Sun Scandal, skandal terbesar yang pernah terjadi dalam sejarah K-pop. Akibat kasus ini, Seungri terpaksa harus keluar dari grup BIGBANG.

Dalam kasus tersebut, penyanyi ini didakwa atas sembilan kejahatan sekaligus, yaitu pelanggaran Undang-Undang tentang Hukuman Berat, dll. untuk Kejahatan Ekonomi Khusus; pelanggaran Undang-Undang Sanitasi Pangan; penggelapan; pelanggaran Undang-Undang tentang Kasus Khusus Mengenai Hukuman, dll. untuk Kejahatan Seksual; kebiasaan berjudi; pelanggaran UU Transaksi Bursa di Luar Negeri; mediasi prostitusi; pembelian jasa prostitusi; dan hasutan kekerasan khusus.

Awalnya, Seungri membantah seluruh tuduhan tersebut. Ia juga sempat divonis tiga tahun penjara dan membayar denda 1,1 miliar won (Rp14,2 miliar). Pria 31 tahun ini lalu melakukan banding hingga ke Mahkamah Agung, tapi lantas mengakui seluruh tuduhan sebelumnya. Hasilnya, pada Mei lalu, ia mendapat keringanan hukuman hingga hanya dihukum 1 tahun 6 bulan.

Seungri akan bebas pada Februari 2023.

2. Go Young-Wook - 66,4%

5 Artis Korea Kontroversial yang Diminta Tak Balik Lagi ke Industri Hiburan menurut Survei

Foto: Yonhap

Sama seperti Seungri, penyanyi Go Young-wook dipilih sebanyak 66,4% dari total responden. Ia terbukti melakukan pelecehan seksual kepada tiga perempuan di bawah umur. Pada 2013, ia dihukum penjara selama 2 tahun 6 bulan.

Tak cuma itu, selama tiga tahun, ia juga harus memakai alat khusus agar pemerintah bisa mengawasi aktivitasnya. Pria 46 tahun ini juga terus diawasi selama lima tahun saat berada di area publik.

Baca Juga: 9 Skandal K-Pop Terbesar dalam Sejarah, Terbaru Kim Garam

Pada 2015, ia dibebaskan dari penjara. Pada 2020, Young-wook berusaha comeback dengan membuat akun Instagram. Namun akun tersebut langsung diblokir karena aturan Instagram (juga Twitter) menetapkan bahwa pelaku kekerasan seksual dilarang memiliki akun di aplikasi itu. Ia juga diblokir untuk tampil di stasiun televisi.

3. Steve Yoo - 55,8%


5 Artis Korea Kontroversial yang Diminta Tak Balik Lagi ke Industri Hiburan menurut Survei

Foto: Yonhap

Steve Yoo alias Yoo Seung-jun juga adalah penyanyi, yang pernah sangat populer pada akhir era 1990-an dan awal 2000-an. Ia dibenci warga Korea karena menolak secara tidak langsung melakukan wajib militer, dengan cara mengajukan menjadi warga negara Amerika Serikat. Sesuai aturan, mereka yang memiliki dua kewarganegaraan bisa terbebas dari wajib militer.

Peristiwa yang terjadi pada 2002 itu akhirnya membuat Steve Yoo dilarang kembali ke Korea Selatan. Ia juga menjadi satu-satunya warga Korea Selatan yang mendapat larangan itu karena mengajukan proposal menjadi warga negara lain. Pria berusia 45 tahun itu kini disebut lebih banyak bekerja sebagai aktor di China.

4. G.NA - 40,8%

5 Artis Korea Kontroversial yang Diminta Tak Balik Lagi ke Industri Hiburan menurut Survei

Foto: Cube Entertainment

Lagi-lagi seorang penyanyi, kali ini adalah G.NA yang terlibat dalam kasus prostitusi pada 2016. Ia terbukti melakukan hubungan intim dengan seorang pengusaha di Amerika Serikat, dan membuatnya didenda 35 juta won atau Rp401 juta. Hingga kini, G.NA masih tak terlihat aktif dalam dunia hiburan Korea.

Sebagian netizen kecewa saat mengetahui bahwa perempuan bernama asli Gina Jane Choi ini masuk dalam lima besar survei, di antara para pelaku kejahatan seksual. Mereka berargumen bahwa G-NA tak merugikan orang lain, berbeda dengan dua nama teratas dalam survei ini.

Netizen juga menyinggung soal budaya patriarki yang masih kuat di Korea Selatan sebagai penyebab G.NA masuk dalam daftar. Mereka membandingkannya dengan Jun Joon-young, member band rock JJY Band, yang merekam dan menyebarkan video seksual para perempuan tanda seizin korban, tapi tak masuk dalam daftar survei ini. Kasus yang melibatkan Joon-young tersebut juga yang mengawali terkuaknya kasus Burning Sun Scandal.

5. MC Mong - 37,6%


5 Artis Korea Kontroversial yang Diminta Tak Balik Lagi ke Industri Hiburan menurut Survei

Foto: DreamT Entertainment

MC Mong alias Shin Dong-hyun adalah rapper, produser musik, penyiar radio, dan bintang televisi kelahiran tahun 1979. Ia dipenjara selama enam bulan pada 2010 karena terbukti menghindari wajib militer. Ia dikatakan sampai mencabut giginya demi menghindari kewajiban tersebut dengan alasan kesehatan.

Sempat beredar kabar bahwa ia sampai mencabut giginya demi menghindari wajib militer, tapi tuduhan itu tidak terbukti di pengadilan. MC Mong pada akhirnya terbebas dari wajib militer karena dianggap tidak memenuhi standar kesehatan yang ditetapkan.

Baca Juga: 5 Drama Korea Remake Serial dan Film Barat dengan Rating Tertinggi

Meski banyak responden yang tak mau ia kembali ke dunia hiburan di Korea, nyatanya pada 2014 MC Mong comeback dengan album Miss Me Or Diss Me. Album ini bahkan terbilang sukses karena lagunya memenangkan penghargaan bulanan dalam Gaon Chart K-Pop Awards.

Hingga kini, ia juga tetap aktif merilis album dan sukses. Ia terakhir merilis karyanya pada 2021 lalu, dan terakhir mendapatkan penghargaan yang sama dari Gaon Chart K-Pop Awards pada 2019.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1450 seconds (0.1#10.140)