10 Film Superhero Berdurasi Terpanjang hingga saat Ini

Minggu, 06 Maret 2022 - 11:51 WIB
Film superhero punya standar durasi maksimal hingga 2 jam. Tapi, setelah 2006, banyak film superhero yang berdurasi lebih dari 2 jam dan bahkan mencapai 4 jam. (Foto: rchiips.org)
Sejumlah genre film tertentu diperkirakan punya durasi yang lebih panjang dari rata-rata. Film gangster dan drama sering kali berdurasi hingga 3 jam dan dianggap epik. Tapi, genre superhero biasanya “hanya” berdurasi 2 jam dan itu sudah menjadi standarnya.

Tapi, makin ke sini, durasi film superhero pun kian panjang. Beberapa film malah berdurasi lebih dari 2, 5 jam. Perubahan drastis ini tidak lepas membuat genre ini juga lebih dihormati di industri film berkat penampilan yang bagus dan narasi yang runtut.

Dari barisan film superhero peraup box office, yaitu Marvel Studios dengan Marvel Cinematic Universe (MCU) dan DC dengan DC Extended Universe (DCEU), banyak film mereka dengan durasi lebih dari 2,5 jam. DC menguasai top ten daftar film berdurasi terpanjang dengan mengukuhkan 8 filmnya. Marvel hanya punya 2 film dengan durasi lebih dari 2,5 jam. Apa saja film superhero dengan durasi terpanjang? Simak ulasan berikut ini!



10. Wonder Woman 1984 — 151 Menit





Sebelum film ini benar-benar dimulai, ada prolog sepanjang hampir 30 menit yang ber-setting di Themyscira. Prolog ini mengisahkan tentang Diana kecil yang ikut ambil bagian dalam acara atletik. Ketika film ini benar-benar maju ke 1984, ada banyak yang terjadi. Di situ terjadi kemunculan penjahat bernama Cheetah dan Max Lord, lanjutan hubungan Diana dan Steve, atau adegan yang memamerkan desain luar biasa dari masa itu. Sayangnya, durasi menjadi titik kritik terbesar pada penontonnya karena banyak yang merasa terlalu panjang.

8. Batman v Superman: Dawn of Justice — 152 Menit (tie)



Bagi film yang menjual diri seperti pertandingan tinju, banyak yang berdesak-desakan di film ini lebih dari yang diperkirakan banyak orang. Film ini memperkenalkan Wonder Woman, membangun Justice League sampai menghadapi kematian Superman. Tak heran jika kadang sulit untuk mengikuti apa yang terjadi di film ini. Meskipun titik jual terbesarnya adalah Batman, sejumlahn orang merasa seharusnya ada film solo Batman sebelum film ini agar film ini berjalan dengan sedikit lebih halus.

8. The Dark Knight — 152 Menit (tie)



Film ini adalah bagian kedua dari trilogi The Dark Knight arahan Christopher Nolan. Film ini lanjutan dari Batman Begins, film Batman yang tidak menunjukkan Batman sampai 40 menit kemudian. The Dark Knight berisiko untuk mengecewakan penonton, tapi ternyata tidak. Film ini punya plot yang sangat menarik, dan adegan laga epik yang sangat panjang. Meski berdurasi lebih dari 2,5 jam, film ini tidak terasa panjang sama sekali. Nyaris setiap adegannya menarik dan ikonik, dari perampokan bank hingga peledakan rumah sakit.

7. Superman Returns — 154 Menit



Film ini mudah dilupakan keberadaannya karena berada di antara film ikonik yang dibintangi Christopher Reeves dan Superman yang saaat ini ada di DCEU. Meski film ini dikritik karena tidak mengembangkan Superman di era modern—sebagaimana dilakukan Batman Begins setahun sebelumnya—film ini sebenarnya mempengaruhi film superhero lain. Dirilis pada 2006, film ini adalah film suiperhero pertama yang berdurasi lebih dari 2,5 jam. Sejak saat itu, film superhero cenderung punya durasi yang panjang.

6. Eternals — 156 Menit



Marvel Studios masih kalah dari DC terkait durasi film. Eternals adalah salah satu film superhero terpanjang mereka, tapi bukan yang paling panjang di genre ini. Nyatanya, film ini hanyalah satu di antara dua film Marvel yang masuk daftar ini. Berdurasi sekitar 2 jam 36 menit, film ini juga menjadi film asal usul Eternals, ras alien yang menghuni bumi selama ribuan tahun. Mereka berada di planet ini atas perintah pembuat mereka, Celestials. Disutradarai Chloe Zhao, Eternals menampilkan visual yang menarik dan cerita yang sebelumnya belum tereksplorasi di MCU.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More