8 Kota Terkenal di Dunia yang Sering Dikira Ibu Kota Negara

Rabu, 26 Januari 2022 - 19:57 WIB
Ada sejumlah kota terkenal di dunia yang sering dikira sebagai ibu kota negara mereka berada. Padahal bukan. Ibu kota negara mereka justru tak terlalu dikenal. (Foto: Hotels.com)
Ibu kota negara menjadi bahasan panas di Indonesia akhir-akhir ini dengan rencana pemindahan pusat pemerintahan dari Jakarta ke Nusantara di Kalimantan Timur. Pemindahan pusat pemerintahan sebuah negara dari kota satu ke kota lainnya di dunia ini bukanlah hal baru. Sejumlah negara pernah melakukannya dan tidak ada masalah sampai sekarang.

Namun, ada fenomena lain selain pemindahan ibu kota ini. Sejumlah kota di dunia justru lebih terkenal dari ibu kota negaranya. Tak heran jika banyak orang yang salah menyangka kalau kota tersebut merupakan ibu kota negara. Padahal, sebenarnya tidak.

Kota-kota yang lebih terkenal dari ibu kota negara mereka ini biasanya adalah kota yang menjadi tujuan wisata orang-orang. Selain itu, mereka juga sering berperan sebagai pusat komersial atau bisnis di negara tersebut. Jadi, apakah kalian juga sempat salah mengira kota-kota ini sebagai ibu kota negara? Simak ulasan berikut ini!



1. Sydney — Australia





Berbicara tentang kota di Australia, kota pertama yang biasanya melintas di benak orang adalah Sydney—meski ada juga yang akan menjawab Melbourne. Saking terkenalnya kota ini, banyak yang menyangka kalau Sydney adalah ibu kota Australia. Padahal, bukan.

Ibu kota Australia adalah Canberra, yang sudah menjadi ibu kota sejak 1901. Sebagai pusat pemerintahan Australia, Canberra dihuni banyak institusi penting pemerintah federal. Di kota ini juga ada monument nasional dan museum. Jadi, Canberra pun bisa dinikmati untuk traveling bagi pecinta bangunan bersejarah.

Yang menarik, Canberra berada di New South Wales, negara bagian Australia dengan Sydney sebagai ibu kotanya. Canberra merupakan wilayah khusus di negara bagian ini. Jaraknya ke Sydney mencapai 248 km.

2. Toronto — Kanada



Toronto adalah kota yang sangat terkenal di Kanada. Kota ini dikenal sebagai salah satu kota besar di Kanada dan sering menjadi tujuan para pelancong. Toronto punya banyak tempat untuk dikunjungi dan pemandangan kotanya pun cukup indah, terlebih di malam hari.

Namun, Toronto bukanlah ibu kota Kanada, tapi Ottawa. Banyak bangunan pemerintahan berada di kota ini. Namun, bukan berarti kota ini membosankan. Ottawa River menjadi salah satu daya tarik wisatanya.

3. Istanbul — Turki



Sebagian besar orang akan lebih akrab dengan Istanbul ketimbang Ankara jika menyebut Turki. Nama Istanbul lebih kondang karena kota ini sering menjadi tujuan wisata utama orang ketika melancong. Ada Hagia Sophia, Masjid Biru, Menara Galata, Museum Istana Topkapi dan lain-lain.

Kota ini juga kaya sejarah dan budaya. Pemandangannya yang indah membuat siapa saja bisa jatuh cinta pada kota ini. Saking kondangnya, banyak yang menyangka kalau Istanbul adalah ibu kota Turki. Bukan.

Ibu kota Turki adalah Ankara. Berlokasi di pusat kawasan Anatolia, Ankara adalah kota terbesar kedua di Turki setelah Istanbul. Pusat pemerintahan negara tersebut ada di kota ini. Meski kalah terkenal dari Istanbul, Ankara juga punya banyak atraksi turis seperti Masjid Kocatepe, Kastil Ankara, Anitkabir dan lain-lain.

4. Jenewa — Swiss
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More