Kisah Goo Hara, Pahlawan Kasus Burning Sun yang Banyak Dihujat Semasa Hidupnya

Senin, 20 Mei 2024 - 15:43 WIB
loading...
Kisah Goo Hara, Pahlawan...
Goo Hara menjadi tokoh kunci yang ikut membongkar rangkaian kasus Burning Sun. Foto/Wikimedia
A A A
JAKARTA - Nama mendiang Goo Hara kembali mencuat setelah dirilisnya film dokumenter kasus Burning Sun yang dirilis oleh BBC pada 19 Mei.

Film dokumenter Burning Sun: Exposing the secret K-pop chat groupsini diceritakan dari sudut pandang dua reporter perempuan yang mengungkap kasus Molka Chatrooms dan Burning Sun, yaitu Park Hyo-sil dan Kang Kyung-yoon.

Filmnya berisi rincian kejahatan yang melibatkan tiga idol K-pop ternama, yaitu solois Jung Joon-young, Choi Jong-hoon FT Island, dan Seungri BIGBANG. Dua nama pertama terlibat dalam kasus Molka Chatrooms, sedangkan yang terakhir terkait kasus Burning Sun.



Film buatan BBC Eye ini memuat beberapa chat dan video yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Dalam cerita yang disampaikan oleh Kang Kyung-yoon, idol K-pop dari grup Kara, yaitu Go Hara berperan penting dalam pengungkapan kasus Molka Chatrooms.

Goo Hara yang mengungkapkan identitas polisi korup yang ada dalam grup chat yang berisi ketiga idol tersebut. Saat itu, Kang Kyung-yoon menulis rangkaian kasus yang disebutnya Burning Sun, dengan memasukkan kasus Molka Chatrooms.

Cerita Goo Hara yang diungkapkan oleh Kang dan kakaknya kembali mengingatkan netizen tentang betapa malangnya nasib Goo Hara, yang juga merupakan korban revenge porn dari orang terdekatnya.

Berikut profil dan fakta-fakta tentang Goo Hara yang berperan penting dalam kasusMolka Chatrooms dan Burning Sun.

1. Profil Goo Hara

Kisah Goo Hara, Pahlawan Kasus Burning Sun yang Banyak Dihujat Semasa Hidupnya

Foto: KeyEast

Goo Hara lahir di Gwangju, 3 Januari 1991, merupakan seorang penyanyi dan aktris asal Korea Selatan yang tergabung dalam girl group Kara pada 2008. Debut aktingnya baru dimulai pada 2010 lewat perannya sebagai Choi Da-hye dalam drakor SBS City Hunter.

Pada 2015, Goo Hara memutuskan untuk memulai debut solonya dengan merilis mini-album Alohara (Can You Feel It?). Dalam karier solonya, ia telah menghasilkan beberapa lagu ternama seperti How About Me?, Secret Love, Magi Of Love, WILD, I love U, I Want U, I Need, U, Sign, Good Day, Choco Chip Cookies, dan Midnight Queen.

Dalam dunia akting, Goo Hara juga telah banyak membintangi judul terkenal seperti City Hunter, It’s Okay That's Love, Secret Love, Galileo 2, The Person is Coming, Hero, dan Ukara.

Goo Hara juga telah meraih beberapa penghargaan sepanjang kariernya, seperti KBS Entertainment Awards 2010 sebagai Best Female MC Award, SBS Drama Award 2011 sebagai New Star Award, dan SBS Entertainment Awards 2015 sebagai Best Challenge Award.

2. Goo Hara Memiliki Kepedulian Sosial yang Tinggi

Kisah Goo Hara, Pahlawan Kasus Burning Sun yang Banyak Dihujat Semasa Hidupnya

Foto: WireImage

Di tengah kesibukannya sebagai seorang idol dan aktris, Goo Hara tetap memiliki rasa kepedulian yang tinggi. Hal tersebut dapat dilihat ketika ia menghadiri upacara resmi dari Asosiasi Kesehatan Korea di kafe donor darah Myeongdong untuk mempromosikan pentingnya kegiatan donor darah pada 2013 silam.

Kepedulian sosial Goo Hara juga baru-baru ini terungkap ketika seorang wartawan mengatakan bahwa Goo Hara adalah tokoh utama yang membantunya dalam membongkar kasus Burning Sun kepada media. Goo Hara diketahui menghubungi wartawan Kang untuk memberi informasi tentang polisi yang bersekongkol denganJung Joon-young, Choi Jong-hoon, dan Seungri.

Saat wartawan Kang menjelaskan kepada Hara mengenai informasi yang dia butuhkan, Hara langsung mengambil tindakan dengan menelepon Choi Jong-hoon untuk meyakinkannya agar berbicara dengan reporter.

Wartawan Kang mengatakan bahwa Goo Hara merupakan sosok yang sangat berani. Hara melakukan ini karena dia juga pernah berada di posisi sebagai korban revenge porn.

3. Menerima Banyak Komentar Negatif

Kisah Goo Hara, Pahlawan Kasus Burning Sun yang Banyak Dihujat Semasa Hidupnya

Foto: AP/Chung Sung-Jun

Sebagai seorang yang terkenal tentu Goo Hara tidak terlepas dari komentar negatif para hater. Bahkan pada Juni 2019 Goo Hara sempat membahas mengenai rasa depresinya akibat komentar buruk tersebut dan akan mengambil tindakan tegas kepada para mereka.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2050 seconds (0.1#10.140)