10 Bukti Perbedaan Moon Knight Marvel dengan Batman DC

Rabu, 19 Januari 2022 - 20:05 WIB
Moon Knight, pahlawan baru di jagat sinematik Marvel, sering dibanding-bandingkan dengan Batman karena sejumlah persamaan. Padahal, mereka sebenarnya berbeda. (Foto: Screen Rant)
Pahlawan Marvel yang akan diperkenalkan di layar televisi, Moon Knight, sering kali dibanding-bandingkan dengan Batman. Sepak terjang mereka yang hampir mirip membuat dua superhero dari dua dunia berbeda ini sulit untuk dilewatkan. Banyak orang menyebut kalau Moon Knight adalaha jawaban Marvel terhadap Batman.

Secara penampakan, keduanya memang mirip. Mereka bertopeng, beraksi di malam hari dan mengenakan jubah. Selain itu, mereka juga kaya. Kekayaan itu mereka pakai untuk mendanai kegiatan mereka sebagai vigilante. Cukup mirip, kan?

Namun, meski punya kemiripan yang terlihat dekat, Moon Knight dan Batman adalah karakter yang berbeda sama sekali. Motif mereka pun juga sangat berbeda. Selain itu, Moon Knight baru akan debut di layar lewat serialnya di Disney+ dengan diperankan Oscar Isaac. Batman telah malang melintang di layar lebar dan layar kaca dengan berbagai aktor telah memerankannya. Lantas apa yang membedakan Moon Knight dengan Batman? Dikutip dari CBR, berikut ulasannya!



10. White Knight dan Dark Knight





Moon Knight mengenakan kostum putih, sementara Batman kostumnya berwarna hitam/abu-abu. Batman mengenakan kostum gelap untuk memicu ketakutan, misteri dan menyembunyikan citra sebenarnya. Keberadaannya sering lebih seperti legenda—sosok kelelawar berukuran manusia yang memberantas kejahatan.

Sebaliknya, Moon Knight mengenakan kostum putih agar mudah melihat dalam kegelapan. Keberadaannya sebagai orang yang melindungi lingkungan sekitarnya sudah jelas. Moon Knight tidak punya masalah kalau publik tahu keberadaannya, sementara Batman lebih suka tetap samar.

9. Asal usul Moon Knight dan Batman



Asal usul dan motif Batman sudah diketahui di mana-mana. Setelah menyaksikan kematian orangtuanya, Bruce Wayne menjadi Batman untuk memberantas kejahatan di Gotham City. Dia bisa melindungi orang dari trauma yang pernah dia rasakan. Moon Knight alias Marc Spector punya asal usul yang sangat berbeda.

Marc adalah mantan tentara bayaran. Setelah tewas, Marc dihidupkan lagi oleh dewa bulan Mesir, Khonshu. Setelah bangkit dari kematian, Marc menjadi abdi Khonshu. Dia menggunakan kekuatan yang baru saja diterimanya untuk membunuh penjahat dan menebus dirinya dari kehidupan yang keras.

8. Bersedia membunuh



Salah satu perbedaan paling nyata antara Batman dan Moon Knight adalah moral mereka. Moon Knight tidak berkonflik dengan ambiguitas moral untuk membunuh orang yang dia anggap jahat. Meskipun Batman juga pernah membunuh, salah satu debat yang terus megemuka adalah apakah Batman (secara moral) bisa membunuh orang.

Sebelum menjadi Moon Knight, Marc Spector adalah pembunuh. Menjadi Moon Knight mengubah moralnya terkait membunuh. Dia bisa membunuh selama itu adalah orang jahat. Menjadi Moon Knight mengurangi tolenransi Marc terhadap kekerasan ekstrem, sementara, menjadi Batman malah meningkatkan tolenransi Bruce Wayne terhadap kekerasan ekstrem.

7. Gaya bertarung



Banyak hal mengemuka saat melihat gaya bertarung Moon Knight dan Batman. Ketika melawan musuhnya, Moon Knight tidak menahan apa-apa. Moon Knight menggunakan lingkungan sekitarnya sebagai senjata, dengan terus menerus memperlihatkan kalau dia tidak segan menghajar musuhnya itu dengan brutal.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More