Menilik 5 Festival Besar Sastra, Anak Sastra Wajib Tahu

Senin, 01 Juni 2020 - 20:19 WIB


Foto: Instagram@borobudurwriters

Di samping menampilkan pementasan seni budaya, penyelenggaran BWCF juga selalu menghadirkan berbagai program acara yang sangat cocok untuk berbagai peserta lintas disiplin mulai dari novelis, penyair, filolog, arkeolog, sejarawan, mahasiswa, sampai masyarakat umum.

Dikutip dari situs web resminya, borobudurwriters.com, salah satu ciri khas penyelenggaraan BWCF ini adalah “Sang Hyang Kamahayanikan Award”, yaitu pemberian penghargaan kepada para penulis, sejarawan, dan budayawan yang dianggap berdedikasi melakukan penelitian, kajian atau aktivitas menarik dalam menghidupkan tema penting tertentu dalam sejarah Nusantara.

Lokasi pelaksanaannya pun beragam tiap tahun, beberapa di antaranya adalah Desa Gejayan Gunung Merbabu, Desa Tutup Ngisor Gunung Merapi, dan Desa Krandegan Gunung Sumbing. Udah kebayang dong, serunya.

6. FESTIVAL SASTRA INTERNASIONAL GUNUNG BINTAN (FSIGB)



Foto: kemdikbud.go.id

Mengutip dari situs web resmi kemdikbud.go.id, acara besar ini merupakan agenda rutin yang diadakan setiap tahun oleh Yayasan Jembia Emas. Setelah berhasil menyelenggarakan program besar ini pada 2018 dan 2019, forum sastra ini kabarnya kembali akan diadakan pada September 2020 dengan mengusung tema “Tamaddun Melayu dan Tradisi Kasusastraan”.

Beberapa jadwal kegiatan yang akan berlangsung, mulai dari penerbitan antologi puisi, seminar sastra, sampai ziarah budaya. Bagi kalian penggemar sastra di Riau, jangan sampai ketinggalan!

Indah Lutfiyati

Kontributor GenSINDO

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Instagram: @indah_lutf
(it)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More