Cara Menghilangkan Milia di Wajah dan Pencegahannya

Jum'at, 27 Agustus 2021 - 19:39 WIB
Milia di wajah selain tak baik untuk kesehatan juga bisa merusak penampilan. Foto/Shutterstock
JAKARTA - Milia adalah benjolan putih kecil yang muncul di kulit. Biasanya berada di hidung, pipi, dan dagu. Berkembangnya milia ketika serpihan kulit terperangkap di bawah permukaan kulit atau ketika keratin menumpuk dan terperangkap.

Milia di wajah salah satu hal yang mengganggu penampilan, keberadaannya membuat sebagian orang tidak percaya diri dengan penampilannya . Nah, buat kamu yang punya masalah dengan milia, verikut cara menghilangkannya.

1. BERSIHKAN WAJAH SECARA RUTIN



Foto: Shutterstock



Mengutip Healthline , pastikan kamu mencuci wajah dengan lembut dan menggunakan sabun yang bebas paraben. Setelah selesai cuci muka, tepuk-tepuk kulit hingga kering alih-alih membiarkannya mengering. Hal ini akan membantu mencegah kulit kamu dari gesekan.

2. MENGUAPI WAJAH



Foto: Shutterstock

Setelah membersihkan wajah, perlu juga menguapi wajah dengan air hangat. Tujuannya untuk menghilangkan iritasi lebih lanjut. Caranya duduk dalam uap di kamar mandi atau ruangan menggunakan mangkok atau baskom selama 5-8 menit. Uap akan dengan lembut membuka pori-pori kamu, melepaskan serpihan kulit atau iritasi lainnya yang terperangkap di bawahnya. Setelah selesai menguapi wajah, keringkan wajah dan bilas dengan air hangat.

Baca Juga: Saran dari V BTS Kalau Kamu Punya Jerawat di Wajah

3. EKSFOLIASI WAJAH DENGAN LEMBUT



Foto: Shutterstock

Eksfoliasi (pengangkatan kulit mati) di wajah akan membantu menjaga kulit kamu bebas dari iritasi yang menyebabkan timbul milia di wajah. Carilah produk ekspolitasi yang mengandung asam salisilat, asam sitrat, atau asam glikolat. Eksfoliasi jangan dilakukan setiap hari, karena bisa menyebabkan iritasi. Lakukan cukup seminggu sekali.

4. GUNAKAN KRIM RETINOID



Foto: Shutterstock

Gunakan krim retinoid yang mengandung vitamin A. Gunakan produk retinoid yang kandungannya lebih rendah dari retinol, cukup sekali sehari. Penggunaan produk retinoid pun harus memakai tabir surya setiap harinya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More