4 Cara Produk Lokal Ciptakan Branding Unik, dari Model Bapak-Bapak hingga Desain Unik

Rabu, 23 Juni 2021 - 20:04 WIB
Sepatu Compass termasuk yang lihai dalam membuat branding hingga produknya dianggap sangat bergengsi. Foto/Instagram @sepatucompass
JAKARTA - Branding adalah cara untuk mempromosikan sebuah produk. Tujuan utamanya agar produk tersebut dikenal dan punya daya beli tinggi. Di sisi lain branding juga berfungsi untuk membangun citra produk kepada konsumen.

Unsur-unsur untuk melakukan branding mencakup di antaranya visi dan misi, logo, serta jargon. Lalu hal ini akan diolah dengan metode product branding, personal branding, corporate branding, atau cultural branding.

Nah di Indonesia ada beberapa produk lokal yang punya cara unik untuk melakukan branding tersebut, berikut di antaranya.



1. ELSHE SKIN



Foto: Instagram @elsheskin



Elshe Skin menggandeng seorang penyandang down syndrome bernama Namira sebagai modelnya. Langkah ini memberikan energi positif kepada setiap perempuan untuk berani tampil percaya diri dengan kecantikannya masing-masing. Satu pesan sosial yang terselip pada branding ini adalah bahwa dalam setiap keterbatasan, akan selalu ada tempat untuk tiap individu menunjukkan kemampuan atau kelebihannya.

Elshe Skin adalah sebuah produk kecantikan dari Yogyakarta yang didirikan pada2018 oleh Cyntha Harida Octavia. Varian acne pron menjadi yang paling bayak dicari dan menerima banyak ulasan positif. Selain itu, Elshe Skin juga punya produk lipstik yang berhasil menarik minat kaum hawa. Merek ini juga menggandeng beauty influencerTasya Farasya sebagai kolaboratornya.

2. COMPASS



Foto: Instagram @sepatucompass



Pemasaran sepatu merek lokal ini tergolong unik, karena tidak dijual secara massal melainkan dengan agenda tertentu dan jumlahnya terbatas. Ini membuat pemiliknya merasa sangat eksklusif, dan tak heran pengumuman perilisan produk baru yang dibagikan di akun Instagram @sepatucompass selalu ditunggu-tunggu. Sepatunya pun bisa dijual lagi dengan harga 2-3x lipat dari harga asli.

Selain metode penjualan yang tak biasa, model produknya pun konsisten dengan menghadirkan permainan warna dan motif menarik. Compass juga aktif melakukan kolaborasi dengan pihak lain, antara lain dengan BBQ Mountain Boys, termasuk juga mengeluarkan kartu ATM Xpresi Compass. Mereka juga aktif mengajak penggemarnya untuk ikut serta dalam mendesain sepatu dari perusahaan yang berdiri sejak 1998 itu.

Baca Juga: 4 Parfum Lokal yang Wanginya Tahan Lama, Kemasannya juga Kece!

3. DEAR ME BEAUTY



Foto: Instagram @dearmebeauty
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More