Istilah-Istilah yang Sering Dijumpai saat Lebaran di Indonesia

Rabu, 12 Mei 2021 - 21:00 WIB
Hari Idulfitri penuh dengan kegembiraan sekaligus istilah-istilah yang selalu muncul saat Lebaran tiba. Foto/Ahmed Aqtai, Pexels
JAKARTA - Di Indonesia, kita sering kali menemukan istilah-istilah yang hanya muncul dalam situasi-situasi tertentu, salah satunya saat hari Lebaran .

Ada beberapa istilah yang menjadi familier di telinga kita saat Lebaran. Maka dari itu, berikut beberapa istilah yang bisa kita temui saat Idulfitri di Indonesia.

1. ANGPAO



Foto:Alexander Mils/Pexels



Dalam konteks Lebaran, angpao adalah uang yang biasanya diberikan oleh orang-orang yang dituakan kepada anak-anak atau orang-orang yang lebih muda. Angpao terkadang dimasukkan ke dalam amplop berwarna-warni yang disukai anak-anak. Saat Lebaran dilakukan secara daring, angpao mungkin tidak akan diberikan atau dikirimkan dalam bentuk parsel atau hampers.

2. PARSEL ATAU HAMPERS



Foto:Liza Summer/Pexels

Saat akan menuju Lebaran, kita akan melihat orang-orang saling mengirimkan bingkisan yang biasanya berisi makanan atau pakaian. Parsel atau hampers tersebut biasanya juga akan disertai kartu ucapan dari orang yang mengirimkannya.

Baca Juga: 15 Pertanyaan Seru 'Truth or Dare' untuk Kamu Mainkan Secara Daring Bareng Teman

3. HALAL BI HALAL



Foto:RODNAE Productions/Pexels

Saat Lebaran luring, halal bi halal merujuk pada kebiasaan saling meminta maaf dan bersalam-salaman yang biasanya dilakukan setelah salat Idulfitri. Tapi saat Lebaran daring, halal bi halal juga bisa dilakukan melalui video conference bersama keluarga besar maupun teman-teman.

4. MUDIK



Foto:Ketut Subiyanto/Pexels

Mudik erat kaitannya dengan kegiatan untuk mengunjungi keluarga di kampung halaman. Dengan melakukan mudik, seseorang bisa berkumpul bersama keluarganya untuk merayakan Lebaran bersama. Sama seperti halal bi halal, mudik juga bisa diakali dengan melakukan video conference bersama kerabat terdekat yang dimiliki.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More