Mau Berkarier di Luar Negeri? Ini 7 Hal yang Harus Kamu Persiapkan

Senin, 18 Januari 2021 - 18:25 WIB
Baca Juga: 10 Skills Ini Paling Dibutuhkan Di Tahun 2025, Kamu Punya Enggak?

Kredensial yang dimaksud di sini adalah kemampuan kamu, sertifikat yang kamu miliki, rekomendasi dari teman sehingga menumbuhkan sebuah kepercayaan dari pihak lain terkait kemampuan kamu. Dengan kata lain, kamu mesti belajar dan membangun personal branding-mu mulai dari sekarang.

4. PENGALAMAN



Foto: Instagram @Dino_dinarga

Pengalaman penting untuk menambah 'nilai jual' kamu. Temukan pengalaman yang mudah dialihkan ke luar negeri. Temukan pengalaman yang akan memungkinkan kamu bekerja secara global atau lintas budaya.

Selain itu, konsisten dalam meningkatkan keterampilan kamu dan menambah nilai melalui pekerjaan kamu. Misalnya kamu pernah bergabung di UNICEF sebagai sukarelawan, atau pernah mengikuti program dan mendapatkan sertifikat dari Google, maka hal itu akan membantu diri kamu ke depannya. Jangan meremehkan pengalaman kamu sekecil apa pun itu.

5. KEBERANIAN



Foto:Bennett Tobias/Unsplash

Ibarat kunci yang membuka pintu, keberanian adalah kunci untuk kamu bisa melangkah lebih jauh melampaui batas. Kamu memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang bagus, pengalaman yang banyak, tapi jika keberanian tidak ada, kamu tidak mampu mencoba hal baru, tidak akan bisa melangkah lebih jauh bekerja ke luar negeri.

6. PERBEDAAN BUDAYA



Foto:psd.gov.sg

Berada di luar negeri artinya berada di lingkungan baru, dengan bahasa dan budaya yang baru juga. Budaya negara lain perlu kamu pelajari sebelum benar-benar pergi ke sana.

Baca Juga: Tren 23 Gaya Rambut Pria a la K-Pop untuk Tahun 2021

Pelajari cara atau etika berkomunikasi di sana, cara mereka hidup, bekerja, dan hal-hal apa saja yang boleh atau tidak boleh dilakukan di negara tersebut. Punya pemahaman dan kemampuan beradaptasi sangat penting, agar terhindar dari culture shock.

7. DUKUNGAN



Foto: Tim Marshall/Unsplash
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More