Cara Mengoptimalkan Samsung Galaxy S20 Ultra untuk Kerja di Rumah

Rabu, 06 Mei 2020 - 14:40 WIB
Galaxy S20 Ultra memiliki banyak fitur yang dapat dioptimalkan untuk menunjang pekerjaan di rumah.
JAKARTA - Kondisi #DiRumahAja membuat para pekerja mau tidak mau harus melakukan pekerjaan di rumah (Work From Home/WFH). Di situasi seperti ini, peran smartphone sebagai alat penunjang produktivitas dan performa kerja pun menjadi penting.

Nah, bagaimana pengguna Samsung Galaxy S20 series sebagai flagship bisa mendukung pekerjaan sehari-hari? Adakah fitur-fiturnya yang bisa membantu melakukan koordinasi dengan rekan kerja, menyusun to-do-list, ataupun kegiatan produktif lainnya?

Untuk mengetahuinya, saya mengintegrasikan Galaxy S20 series dalam kegiatan WFH. Dan berikut hasilnya:

COPY APPS & DATA





Yang paling malas saat berganti ponsel baru adalah kembali mengunduh aplikasi, sinkronisasi kontak, memindah foto dan video, serta file-file pekerjaan yang tersimpan rapi di ponsel lama. Untungnya, ada fitur Copy Apps & Data.

Lewat kabel charger USB-C to USB-C MacBook Pro, aplikasi Copy Apps & Data secara otomatis melakukan sinkronisasi baik aplikasi, foto, kontak, akun Google serta lainnya. Saya mendapati isi S20 Ultra baru sama persis dengan ponsel lama S10+.

Ini jelas praktis, menyingkat waktu, dan saya bisa langsung bekerja saat itu juga.

SAMSUNG SMARTSWITCH



Benarkah pengguna Samsung sulit menghubungkan perangkat mereka dengan laptop keluaran Apple/Mac? Jawabannya tidak. Mulanya, saya memang bergantung pada aplikasi pihak ketiga Android File Transfer. Tapi, tidak selalu bekerja dengan baik. Fungsinya pun terbatas.

Saya baru sadar ternyata Samsung punya aplikasi Smartswitch yang jauh lebih canggih.

Smartswitch tersedia untuk Mac/Windows, bisa diunduh gratis di https://www.samsung.com/us/smart-switch . Fungsi utamanya dua.

Pertama, menyalin atau sinkronisasi kontak, foto, musik, video, SMS, notes, dan calendar dari ponsel Galaxy ke laptop. Kedua, sangat cepat dan mudah untuk memindah file dan foto berukuran besar ke laptop. Aplikasi ini wajib dimiliki pengguna Galaxy karena memudahkan bekerja.

FOCUS MODE



Ketika sedang melakukan WFH, ponsel bisa jadi sumber distraksi karena notifikasi yang kurang penting. Misalnya komentar di medsos atau pesan WhatsApp yang tidak relevan. Hal itu bisa dimitigasi lewat fitur Focus Mode.

Caranya, tap menu Focus Mode dengan menarik layar ke bawah. Lalu pilih antara Work Time atau Me Time. Saya biasa memanfaatkan fitur ini saat bekerja. Setelah aktif, Focus Mode akan mengunci semua aplikasi kecuali Clock, Google Play Store, Messages, Phone dan Settings. Sehingga bisa fokus bekerja atau fokus beristirahat tanpa distraksi dari Instagram, Facebook, Twitter, hingga WhatsApp.

Setelah nonaktif, semua notifikasi akan muncul kembali.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More